Planetary mixer adalah mixer yang banyak digunakan pada pembuatan roti oleh bakery atau usaha roti lainnya. Planetary mixer menjadi salah satu jenis mixer yang banyak dikenal oleh para pembuat kue dan roti sebab dapat mengaduk adonan secara sempurna. Proses pengadukan juga optimal dan memudahkan pekerjaan pembuatan kue. Untuk mengenal planetary mixer lebih lanjut, simak ulasan berikut ini. 

Apa Itu Planetary Mixer?

Planetary mixer adalah mesin yang dapat mengaduk seluruh adonan kue dalam satu wadah baik dalam skala besar maupun kecil secara optimal. Hasil adonan dengan menggunakan planetary mixer memiliki tekstur yang lebih kalis dan lembut dibandingkan dengan menggunakan tangan ataupun alat mixer lainnya. Maka dari itu planetary mixer menjadi primadona di antara jenis mixer lainnya. 

Apabila Anda memiliki sebuah usaha pembuatan roti yang cukup besar, mengaduk adonan dengan mixer biasa akan memakan lebih banyak waktu. Sehingga sangat disarankan untuk menggunakan planetary mixer agar proses mengaduk adonan dapat terselesaikan dalam waktu yang cepat dan singkat. 

Apa Saja Kelebihan Planetary Mixer?

Selain membuat adonan halus dan kalis dalam waktu cepat, planetary mixer memiliki beberapa kelebihan lainnya. Berikut merupakan kelebihan yang dimiliki planetary mixer dan harus Anda ketahui:

1. Sedikit Suara dan Getaran

Planetary mixer menghasilkan lebih sedikit suara dan getaran jika dibandingkan dengan jenis mixer untuk membuat adonan kue lainnya. 

2. Konsumsi Energi yang Sedikit

Jika Anda memilih menggunakan planetary mixer untuk mengaduk adonan kue, maka Anda tidak perlu lagi khawatir pada listrik yang digunakan. Sebab, planetary mixer merupakan jenis mixer yang membutuhkan konsumsi listrik yang efisien namun tetap memiliki energi yang kuat untuk mengaduk adonan.

3. Lebih Higienis

Kebersihan dalam membuat makanan yang akan diperjualbelikan merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan. Penggunaan planetary mixer dapat terjamin kebersihan adonan makanan yang dibuat sebab seluruh komponen dapat dilepas pasang dengan mudah sehingga dapat dibersihkan dengan air mengalir.

4. Tahan Lama

Planetary mixer adalah jenis mixer yang tahan lama dan kuat untuk mengaduk jumlah bahan baku yang cukup banyak. Maka dari itu, sebagian besar planetary mixer dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. 

Baca Juga: 4 Cara Menguleni Adonan Roti dengan Mixer

Apa Fungsi dari Planetary Mixer?

Seperti yang telah diketahui bersama sebelumnya, planetary mixer berfungsi sebagai mesin pengaduk adonan dalam jumlah yang relatif banyak secara merata. Sehingga nantinya, adonan besar yang dibuat tetap memiliki kualitas yang sama dengan penggunaan spiral mixer untuk adonan jumlah kecil. 

Selain itu, planetary mixer juga kerap kali digunakan untuk mengaduk campuran adonan seperti telur, cream, dan lain sebagainya. Pada bagian keamanan, penggunaan planetary mixer berfungsi untuk memastikan segala proses pengadukan dan komponen yang digunakan aman melalui sensor. Hal tersebut dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan kerja. 

Bagaimana Cara Memakai Planetary Mixer?

Sekarang, Anda telah mengenal apa itu planetary mixer beserta berbagai kelebihan dan fungsinya. Namun apabila Anda berencana untuk menggunakan planetary mixer ini, sebaiknya ketahui terlebih dahulu cara kerja planetary mixer. Adapun cara pemakaian planetary mixer yang harus Anda coba terapkan adalah:

1. Tahap Persiapan

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan planetary mixer adalah melakukan persiapan alat dan bahan baku adonan. Pastikan Anda telah menyambungkan kabel planetary mixer dengan stop kontak sehingga alat tersebut dapat berfungsi dengan baik. 

2. Tahap Pemasangan Alat

Selanjutnya, Anda dapat memasang beberapa komponen pengaduk. Cara untuk memasang komponen pada planetary mixer yang pertama adalah mengangkat kepala mixer dengan menarik tuas kuncinya. Kemudian, pasang mangkuk besar yang telah berisi bahan baku adonan. 

Baru setelahnya, pasang salah satu pengaduk yang sesuai agar proses mengaduk berjalan lancar. Setelah bagian pengaduk terpasang, Anda dapat menurunkan kepala mixer ke posisi semula.

3. Tahap Pengaturan Kecepatan

Sebelum melakukan pengadukan, Anda dapat memilih aturan kecepatan sesuai dengan yang diinginkan. Namun, disarankan untuk menggunakan kekuatan dan kecepatan terendah terlebih dahulu ketika baru mulai mengaduk adonan. 

4. Nyalakan Planetary Mixer

Setelah seluruh komponen terpasang dan kecepatan aduk telah diatur, Anda dapat mulai menyalakan planetary mixer untuk membuat alat bekerja dan mengaduk bahan baku agar menjadi adonan yang dibutuhkan.

5. Matikan Planetary Mixer

Apabila adonan telah tercampur dan menjadi kalis, maka Anda dapat memberhentikan proses pengadukan dan mematikan mesin dengan klik pada tombol off. Selain itu, mematikan planetary mixer juga harus dilakukan ketika akan mengubah kecepatan mengaduk. 

Baca Juga: Apa Saja Kue yang Bisa Dijadikan Bisnis

Jadi kesimpulannya, planetary mixer adalah alat pengaduk bahan baku roti atau kue untuk menjadi sebuah adonan yang kalis dan dapat dibentuk, digoreng, dipanggang, dan lain sebagainya. Untuk menghasilkan adonan yang berkualitas, Anda juga membutuhkan planetary mixer dengan kualitas unggulan. 

Sinar Himalaya merupakan distributor planetary mixer dengan berbagai ukuran yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan serta kualitas unggulan yang dapat menciptakan adonan sempurna. Kunjungi website Sinar Himalaya sekarang juga dan dapatkan berbagai promo menarik pada mesin roti pilihan Anda.

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp