7 Rekomendasi Mixer Roti untuk Usaha Rumahan 2024

Apakah Anda gemar membuat roti dan kue berkualitas sendiri di rumah atau punya usaha bakery? Jika iya, maka Anda harus mengetahui beberapa rekomendasi mixer roti di tahun 2024 dari Sinar Himalaya. Dengan begitu dapat membantu Anda untuk menghasilkan produk roti berkualitas untuk keluarga kecil Anda.

Pada artikel kali ini, kami akan membantu Anda untuk mengetahui beberapa fungsi dari penggunaan mixer roti, rekomendasi mixer roti, hingga tips dalam memilih mixer roti terbaik untuk Anda. Untuk mengetahuinya, simak penjelasan artikel berikut ini sampai tuntas ya!

 

Fungsi Mixer Roti

 

Dalam penggunaannya, mixer roti tentu akan memiliki beberapa fungsi yang akan memberikan kemudahan kepada para penggunannya. Adapun beberapa fungsi dari penggunaan mixer roti, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Membuat Adonan Menjadi Lebih Sempurna

Ketika Anda membuat roti, maka Anda harus memiliki campuran adonan agar dapat menghasilkan roti yang enak dan matang dengan sempurna. Dengan bantuan mixer roti, maka Anda akan menghasilkan adonan yang dapat tercampur sempurna dengan pengaturan kecepatan dan tenaga yang dimiliki oleh mixer roti.

2. Membuat Adonan Menjadi Lebih Higienis

Selain itu, mixer roti juga dapat membantu Anda untuk memiliki adonan yang lebih higienis. Hal ini dapat terjadi, karena dalam penggunaannya, mixer dapat membantu Anda untuk meminimalisir masuknya kotoran atau benda lain yang menempel di tangan Anda saat mencampur adonan.

3. Hemat Waktu dan Tenaga

Salah satu fungsi terbesar yang dirasakan oleh pengguna ketika menggunakan mixer roti adalah dapat menghemat waktu dan tenaga yang dimilikinya. Dengan menggunakan mixer roti, maka Anda dapat membuat adonan roti dan kue dengan cepat dan dengan tenaga yang konstan.

 

Baca juga: Apa Itu Proofing dan Fungsinya dalam Pembuatan Roti

 

7 Rekomendasi Mixer Roti Terbaik

 

Setelah mengetahui fungsi dari penggunaan mixer roti, maka hal selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah rekomendasi mixer roti yang dapat membantu Anda untuk menghasilkan produk roti yang enak dan berkualitas. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi mixer roti yang dapat menjadi pilihan Anda.

1. KB-7LT Mixer

KB 7LT Mixer 1

KB-7LT Mixer merupakan alat mixer yang sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat kue atau roti sendiri di rumah atau yang akan dijual kembali. Mixer satu ini sendiri memiliki beberapa keunggulan, di antaranya seperti kapasitas volume mangkuk yang besar, yaitu 7 liter. Di mana kapasitas yang dimiliki oleh mixer ini lebih besar jika dibandingkan dengan jenis mixer lainnya.

Selain itu, mixer ini juga sudah disertai dengan peralatan lengkap lainnya yang dapat membantu Anda untuk berkreasi dalam membuat kue dan roti yang enak dan berkualitas.

2. JD-070/KB-070 7 Liter Mixer

JD 070 7 Liter Mixer

Rekomendasi mixer roti selanjutnya adalah JD-070/KB-070. Mixer ini memiliki kapasitas volume mangkuk sampai 7 liter. Jenis mixer satu ini dinilai sangat cocok bagi Anda yang ingin memulai usaha kue rumahan atau bisnis bakery. Adapun kelebihan dari mixer ini yakni mampu menampung banyak adonan roti dan kue, sehingga dapat meningkatkan jumlah produksi setiap hari nya. Dengan menggunakan mixer tipe ini, maka Anda dapat membuat banyak jenis adonan kue dan roti, seperti adonan biskuit, adonan kue, whip cream, dan lain sebagainya.

3. SM-5L Planetary Mixer Sinmag

SM 5L Planetary Mixer Sinmag

Selanjutnya adalah SM-5L Planetary Mixer Sinmag dengan kapasitas volume mangkuk hingga 5 liter. Berbeda dengan kedua jenis mixer di atas, jenis mixer satu ini memiliki kapasitas volume mangkuk yang lebih kecil. Walaupun hanya memiliki volume mangkuk dengan kapasitas 5 liter, jenis mixer ini juga dapat membantu Anda untuk mengolah adonan roti dan kue dalam jumlah yang banyak sekaligus.

4. SM-101 Planetary Mixer With New Spiral Hook Sinmag 

SM 101 Planetary Mixer With New Spiral Hook Sinmag

Produk mixer yang direkomendasikan berikutnya adalah SM-101 Planetary Mixer With New Spiral Hook Sinmag. Mixer ini memiliki mangkuk yang berkapasitas 10 liter dan memiliki hook berbentuk spiral. Mixer ini cocok digunakan sebagai pengaduk adonan yang sempurna. Jika Anda memiliki bisnis roti atau kue rumahan, maka Anda dapat memanfaatkan mixer ini untuk membuat roti atau kue dalam jumlah yang besar setiap harinya.

5. SM-7L Stand Mixer Sinmag, 7 Liters

SM 7L Stand Mixer Sinmag 7 Liters

SM-7L Stand Mixer Sinmag adalah sebuah stand mixer dengan kapasitas 7 liter. Mixer satu ini dapat digunakan untuk mengaduk berbagai jenis bahan yang digunakan dalam pembuatan roti atau kue, seperti adonan biskuit, whipped cream, serta berbagai jenis adonan lainnya. Bagi Anda yang memiliki usaha roti rumahan, mixer ini tentunya cocok untuk Anda karena mampu menghasilkan banyak roti dalam sehari.

 

Baca juga: Cara Menguleni Adonan Roti dengan Mixer

 

6. KB-7B/MY7B Knight Cap Cake Mixer, 7 Liters

KB 7B Knight Cap Cake Mixer 7 Liters

KB-7B/MY7B Knight Cap Cake Mixer adalah mixer yang tergolong sebagai stand mixer, dan memiliki mangkuk yang terbuat dari bahan stainless steel dengan kapasitas 7 liter. Alat ini cocok digunakan untuk mengaduk berbagai jenis adonan kue seperti adonan biskuit, whip cream, dan lainnya. Mixer ini sangat cocok bagi Anda yang gemar membuat kue, atau memiliki usaha kue rumahan. Hal ini dikarenakan mixer ini mampu menampung banyak adonan kue atau roti sekaligus.

7. SM-401 Planetary Mixer With New Spiral Hook Sinmag

SM 401 Planetary Mixer With New Spiral Hook Sinmag

SM-401 Planetary Mixer With New Spiral Hook adalah mixer Sinmag dengan kapasitas bowl yang mencapai 40 liter, serta memiliki jenis pengaduk yang berbentuk spiral. Alat ini dirancang untuk mengaduk adonan kental hingga mencapai kelembutan yang optimal. Tentunya, alat ini cocok bagi Anda yang memiliki usaha kue rumahan, mengingat kapasitasnya yang cukup tinggi dibandingkan mixer rumahan lainnya.

 

Tips Memilih Mixer Roti

 

Ketika ingin membeli mesin mixer roti, tentu Anda ingin mendapatkan mesin yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Untuk membantu Anda dalam mendapatkan mesin yang berkualitas namun dengan harga yang tetap terjangkau, maka berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti dalam memilih mixer roti.

1. Memilih Kapasitas Mixer Roti Sesuai dengan Kebutuhan

Tips pertama yang harus Anda perhatikan dalam memilih rekomendasi mixer roti adalah dengan mencari kapasitas mixer roti yang sesuai dengan kebutuhan yang Anda miliki.

Untuk keperluan bisnis toko kue, maka Anda bisa memilih jenis mixer roti dengan kapasitas volume mangkuk yang lebih besar. Namun, jika Anda hanya ingin membuat roti untuk memenuhi kegemaran Anda, maka Anda bisa memilih jenis mixer roti dengan kapasitas yang lebih kecil. Selain itu, pastikan juga mixer tersebut mudah dibersihkan, ya!

2. Mencari Desain dan Model yang Sesuai dengan Selera

Tips selanjutnya adalah dengan mencari desain dan model yang sesuai dengan selera yang Anda miliki. Seperti yang Anda ketahui, mixer roti terdiri dari beberapa jenis, di antaranya adalah hand mixer dengan standing mixer.

Jika Anda lebih suka untuk mengaduk adonan roti dengan lebih telaten, maka Anda bisa memilih jenis hand mixer. Namun, jika Anda lebih menyukai hal yang praktis dan dapat mempermudah pekerjaan, maka Anda dapat memilih jenis standing mixer.

3. Memiliki Tegangan Listrik yang Rendah

Hal terpenting lainnya yang harus Anda perhatikan sebelum memilih mixer roti adalah tegangan listrik atau watt yang dimilikinya. Jika Anda ingin lebih hemat listrik dan ingin menekan biaya listrik di rumah Anda, maka Anda bisa memilih jenis mixer roti dengan konsumsi daya yang rendah.

 

Baca juga: Metode Pembuatan Roti Tawar yang Efektif

 

4. Memeriksa Kelengkapan Fitur dan Fungsi Mixer

Sebelum membeli mesin mixer, maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan terhadap fitur dan fungsi yang dimilikinya, di antaranya seperti level kecepatan, hook kocokan, fitur timer, hingga fitur-fitur lain yang dimilikinya. Dalam hal ini, Anda bisa melakukan penyesuaian terhadap fitur yang ditawarkan oleh mixer dengan kebutuhan yang Anda miliki.

5. Menyesuaikan Harga Mixer dengan Anggaran yang Dimiliki

Semenarik dan secanggih apapun mixer yang akan Anda pilih, pada akhirnya Anda akan memilih jenis mixer yang sesuai dengan anggaran yang Anda miliki. Jika Anda hanya memiliki anggaran yang terbatas dan hanya akan menggunakan mixer untuk hobi semata, maka sebaiknya Anda memilih jenis mixer dengan harga yang masih terjangkau.

Namun, jika Anda ingin membeli mixer untuk kebutuhan bisnis, maka, tidak ada salahnya bagi Anda untuk membeli jenis mixer dengan alat dan fitur yang dapat memudahkan pekerjaan Anda.

 

Tips Perawatan Mixer Roti

 

Berikut adalah beberapa tips dalam merawat mixer roti agar awet dan dapat berfungsi dengan optimal:

1. Jangan Gunakan Mixer Secara Berlebihan

Meskipun mixer roti mempunyai motor penggerak yang cukup kuat, namun jangan gunakan mixer roti terlalu lama. Hal ini dikarenakan motor penggerak akan mengalami overheat karena terlalu panas. Disarankan untuk memberi jeda selama 15 menit apabila Anda mengaduk adonan dengan jumlah banyak dan membutuhkan waktu yang lama.

2. Bersihkan Mixer dengan Teratur

Jika Anda telah selesai menggunakan mixer, maka segera matikan dan cabut steker dari stop kontak agar daya listrik tidak boros. Selanjutnya, segera bersihkan mixer dari sisa adonan hingga menyeluruh agar tidak menjadi karat maupun kerak. Lakukan pembersihan semua komponen mixer dengan kain yang lembut dan lembab, atau beri sabun cuci piring agar terasa harum.

3. Jauhkan dari Guncangan, Benda Kasar, dan Benda Berat

Karena mixer roti memiliki bagian-bagian yang cukup kompleks, maka pastikan agar mixer tidak jatuh maupun terbanting. Selain itu, jangan sampai mixer Anda terkena benda-benda yang berat karena akan merusak komponen mixer.

Ketika membersihkan mixer, jangan gunakan benda kasar atau kertas untuk membersihkannya, karena akan merusak permukaan mixer. Disarankan untuk menggunakan kain microfiber serta campuran air dan sabun untuk membersihkannya.

Itulah beberapa rekomendasi mixer roti terbaik di tahun 2024 dari Sinar Himalaya yang dapat Anda ketahui. Jika Anda tertarik untuk membeli jenis mixer sesuai dengan rekomendasi yang sudah dijelaskan di atas, maka Anda bisa langsung mengunjungi website Sinar Himalaya untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai rekomendasi mixer roti hingga jenis-jenis mixer roti lainnya dengan kapasitas volume mangkuk yang beragam. Dapatkan mixer roti sesuai dengan kebutuhan Anda hanya di Sinar Himalaya sekarang juga!

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp