5 Cara Kerja Mixer yang Perlu Anda Ketahui

Cara Kerja Mixer

Apakah Anda sudah mengetahui bagaimana cara kerja mixer? Roti adalah salah satu makanan yang banyak digemari masyarakat di berbagai negara. Membuat roti dengan bentuk yang sempurna dan rasa yang enak dapat dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu resep, penggunaan bahan serta alat, dan cara pembuatannya. 

Dalam mengaduk dan menguleni adonan roti, Anda dapat menerapkan dua cara yaitu otomatis dengan alat atau secara manual. Alat yang umum digunakan untuk menguleni dan mengaduk adonan roti adalah mixer

Mungkin Anda sudah sangat familier dengan hal tersebut, namun apakah Anda telah mengetahui pengertian serta cara kerja mixer? Pada artikel kali ini, Sinar Himalaya akan berbagi informasi seputar mixer serta tips memilih produk yang tepat.

Apa Itu Mixer?

Mixer adalah alat yang bekerja untuk mencampurkan seluruh bahan adonan yang diletakkan pada sebuah mangkuk adonan saat membuat sebuah kue atau roti. Keberadaan alat ini memudahkan Anda untuk mengaduk tepung terigu, susu, telur, soda kue, dan berbagai bahan adonan lainnya dengan cepat dan hasil yang baik.

Jika biasanya Anda menggunakan seluruh tenaga untuk mencampurkan bahan agar halus dan menjadi sebuah adonan roti yang kalis, mixer akan menggantikan peran tersebut. Tidak berhenti sampai di situ, mixer juga membuat adonan lebih higienis sebab meminimalisir kotoran yang mungkin menempel pada tangan.

Kecepatannya dalam mengaduk adonan menjadikan proses pembuatan roti menjadi lebih cepat. Mixer sendiri memiliki beberapa jenis, diantaranya planetary mixer, hand mixer, dough mixer, stand mixer, spiral mixer, dan masih banyak lagi. Dalam dunia bakery, planetary mixer menjadi jenis mixer yang paling banyak digunakan untuk menguleni adonan roti. 

Baca Juga: Oven Gas VS Oven Listrik? Mana yang Lebih Baik?

Bagaimana Cara Kerja Mixer?

Pada dasarnya, mixer bekerja dengan gerakan memutar untuk mencampur seluruh bahan yang berada di mangkuk mixer. Namun, tidak hanya begitu saja karena ada beberapa cara kerja mixer yang harus diketahui. Terutama bagi Anda yang tertarik pada bidang bakery:

1. Menyambungkan dengan Aliran Listrik

Sebagai alat yang bekerja dengan tenaga listrik, tentu Anda harus menyambungkan mixer dengan aliran listrik sebelum digunakan. Untuk cara pertama yang dapat dilakukan adalah mencolokkan kabel mixer ke stop kontak.

2. Persiapan Bahan

Setelah itu, pastikan seluruh bahan adonan yang dibutuhkan telah tersedia. Saat kabel selesai disambungkan, Anda dapat langsung memasukkan seluruh bahan ke dalam mangkuk mixer.

Baca Juga: Oven Toaster: Fungsi, Kelebihan dan Cara Kerjanya

3. Menyesuaikan Mangkuk

Apabila Anda menggunakan planetary mixer atau jenis mixer duduk lainnya, Anda dapat menarik tuas kunci dan mengangkat kepala mixer. Setelah itu, letakkan mangkuk pada bagian bawah kepala dan sesuaikan letaknya agar berada di tengah. 

Jika menggunakan hand mixer, letakkan sebuah kain di bawah mangkuk sebagai alas agar mangkuk tidak licin. Meskipun nantinya Anda tetap memegang salah satu sisinya, namun meletakkan kain cukup membantu untuk menahan mangkuk agar tidak terlalu licin saat mixer menyala. 

4. Pasang Pengaduk

Dalam sebuah mixer, terdapat beberapa pilihan alat pengaduk. Beberapa diantaranya adalah spiral, flat beater, dan whisk. Anda dapat memilih pengaduk yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis adonan, lalu pasang pada bagian pengaduk yang berada pada kepala mixer

Setelah pengaduk terpasang, turunkan kepala mixer. Perlu diingat bahwa memilih alat pengaduk yang salah dapat merusak motor mixer apabila dilakukan dalam waktu panjang.

5. Atur Kecepatan

Selanjutnya, atur kecepatan pada pilihan angka 1, 2, atau 3 sesuai dengan kebutuhan Anda. semakin besar angka, maka kecepatan mengaduk juga akan semakin tinggi. Dalam proses awal mengaduk, disarankan untuk menggunakan kecepatan rendah terlebih dahulu. Untuk mengubah kecepatan, Anda dapat mematikan mesin terlebih dahulu kemudian mengubah angka kecepatan dan menyalakannya kembali.

Baca Juga: Mengenal Mesin Planetary Mixer

Bagaimana Tips Untuk Memilih Mixer yang Bagus?

Tertarik untuk menggunakan mixer? Ada beberapa tips yang sebaiknya Anda pertimbangkan sebelum memilih mixer. Ketepatan dalam memilih mixer juga dapat menunjang proses pembuatan kue atau roti agar lebih cepat dan sempurna. Berikut merupakan tips memilih mixer yang bagus:

1. Ukuran yang Tepat

Pastikan Anda memilih ukuran mixer yang sesuai dengan kebutuhan dan mempertimbangkan besar kecilnya ruangan memasak. Apabila terlalu besar, mixer justru akan membuat dapur terlihat sangat penuh dan sesak. 

Baca Juga: Apa Itu Dough Sheeter dan Bagaimana Cara Kerjanya?

2. Kapasitas yang Sesuai

Kapasitas mixer harus dipilih sesuai dengan jumlah roti yang akan dibuat. Memilih kapasitas mixer yang sesuai akan meningkatkan produktivitas, kualitas, dan efisiensi dalam dapur. 

3. Tipe Mixer

Dengan berbagai pilihan tipe mixer, Anda dapat menyesuaikan penggunaannya dengan keinginan Anda. Apabila membutuhkan mixer yang kecil dan praktis, maka hand mixer dapat menjadi pilihan yang tepat. Tetapi jika membutuhkan mixer yang kokoh dan dapat bekerja sendiri setelah dinyalakan, maka stand mixer akan menjadi pilihan yang cocok untuk Anda.

Baca Juga: 4 Cara Menguleni Adonan Roti dengan Mixer

Bagaimana Cara Mengatasi Mesin Mixer yang Rusak?

Sebagian besar permasalahan yang terjadi pada mixer adalah kabel yang putus dan motor penggerak yang tidak bekerja dengan sempurna. Cara darurat yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melakukan pengecekan pada kabel yang menghubungkan mixer dengan listrik. Apabila kabel terputus akibat hewan atau tertimpa sesuatu, Anda dapat segera menggantinya dengan kabel yang baru. 

Tetapi jika permasalahan terdapat pada bagian motorik penggerak atau komponen di dalam mixer lainnya, sebaiknya segera hubungi teknisi ahli untuk memperbaikinya. Pembongkaran komponen alat tidak dianjurkan untuk dilakukan sendiri sebab dapat membahayakan dan menimbulkan risiko kerusakan pada bagian lain. 

Baca Juga: 5 Cara Mixer Adonan yang Benar dan Tepat

Jadi itu dia informasi mengenai cara kerja mixer yang perlu diketahui agar lebih memahami penggunaan mixer saat membuat roti. Apabila Anda membutuhkan mesin mixer untuk usaha bakery Anda dengan kualitas unggulan, Sinar Himalaya adalah solusinya. 

Anda tidak perlu khawatir ketika terjadi kerusakan pada mixer, sebab Sinar Himalaya juga menyediakan teknisi ahli untuk mengatasi seluruh permasalahan mixer Anda. Segera hubungi Sinar Himalaya untuk mendapatkan produk mixer favorit Anda.

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp