Salah satu hal yang diketahui oleh kebanyakan orang tentang oven toaster adalah bahwa alat pemanggang ini sangat bisa diandalkan dalam membuat kebutuhan sarapan. Tetapi ternyata tidak hanya sebatas menyiapkan santapan di pagi hari saja, alat ini mampu melakukan berbagai fungsi lainnya.

Berbeda dengan toaster yang hanya mampu memanggang roti, oven toaster ini mampu memanggang makanan lain yang jauh lebih bervariasi seperti pizza, muffin, waffle, kue, hingga memanggang ayam. Nah sebelum Anda membeli produk ini, ada baiknya mengetahui lebih jauh tentang alat ini, silahkan cek ulasan lengkapnya di bawah ini.

 

Apa itu Oven Toaster?

 

Apa Itu Oven Toaster 300x199

Oven toaster secara sekilas mungkin memiliki bentuk yang sama dengan oven biasa. Namun, sebenarnya yang perlu Anda ketahui bahwa oven jenis ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding oven konvensional.

Peralatan elektronik ini dilengkapi dengan tombol pengatur suhu yang bisa Anda sesuaikan berdasarkan kebutuhan memanggang. Selain itu, fitur lain yang terdapat pada oven toaster ini ialah tombol pengatur waktu yang bisa membantu Anda untuk mengingat kapan waktu mematikan oven.

 

Jenis – Jenis Oven

 

Untuk menambah wawasan Anda tentang oven, berikut ini beberapa jenis oven yang umum digunakan dalam rumah tangga.

1. Oven Listrik

Oven Listrik 300x199

Dari namanya dapat ditebak jenis oven ini mengandalkan sumber listrik untuk memanaskan udara di dalamnya. Adapun penggunaan oven listrik ini bisa untuk memanggang, membakar, dan mengukus makanan. Oven ini menjadi favorit bagi banyak orang karena tergolong praktis untuk digunakan.

2. Microwave

Microwave 300x199

Nama microwave barangkali tidak asing lagi yang mana cara kerja dari oven ini menggunakan radiasi elektromagnetik untuk memanaskan makanan. Microwave tentunya lebih cepat dan lebih efisien daripada oven konvensional dan biasanya digunakan untuk memanaskan atau mengolah makanan instan.

3. Oven Toaster

Oven Toaster 300x199

Berikutnya ada oven toaster yang berukuran lebih kecil dan biasanya digunakan untuk memanggang roti, sandwich, atau kue kecil.

4. Oven Gas

Oven Gas 300x199

Jenis oven ini menggunakan bahan bakar gas alam atau LPG untuk memanaskan udara di dalamnya. Oven gas biasanya digunakan untuk memanggang dan membakar.

5. Oven Kompor

Oven Kompor 300x199

Yang terakhir ada Oven Kompor yang mana ini bisa dibilang oven konvensional yang terletak di atas kompor dan digunakan untuk memasak atau memanggang makanan di atasnya.

 

Baca Juga: Rekomendasi Oven Gas dengan Kualitas Terbaik

 

Jenis – Jenis Toaster

 

Selain oven yang memiliki beberapa model dan fungsi tertentu, Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis toaster berikut ini:

1. Toaster Pop-up

Toaster Pop Up 300x199

Jenis toaster yang paling umum dan mudah ditemukan di pasaran adalah pop-up toaster. Alat ini memiliki rak yang dapat naik dan turun secara otomatis saat proses pemanggangan dan memiliki berbagai pengaturan tingkat kecoklatan.

Toaster ini dapat memanggang roti sebanyak 2-4 buah roti, sesuai dengan jumlah lubang yang tersedia di toaster tersebut. Penggunaan toaster ini pun terbilang mudah. Jika Anda sudah memasukkan roti di lubang, maka Anda perlu memilih tingkat kematangan, dan menekan tuas ke bawah.

Setelah tuas ditekan, maka proses pemanggangan roti akan dilakukan secara otomatis.

2. Toaster Oven

Toaster Oven 300x199

Jenis toaster berikutnya adalah toaster oven yang mana lebih besar dan sering digunakan sebagai alternatif oven konvensional. Alat ini dapat digunakan untuk memanggang, membakar, mengukus, dan menghangatkan makanan. Sehingga, Anda membuat berbagai jenis makanan, seperti pizza, kue kering, dan ayam bakar hanya dengan alat ini saja.

3. Toaster Conveyor

Toaster Conveyor 300x199

Selanjutnya ada Conveyor, yakni toaster yang sering digunakan di industri makanan dan minuman, seperti restoran dan kafe. Toaster ini menggunakan sistem konveyor untuk mengalirkan roti melalui rak pemanggangan.

4. Toaster Sandwich

Toaster Sandwich 300x199

Sebagaimana namanya, toaster ini dirancang khusus untuk memanggang roti sandwich. Produk ini memiliki rak yang dapat menekan roti dan isian sandwich sehingga menjadi lebih renyah dan lezat. Selain itu, toaster ini sangat praktis untuk digunakan, sehingga cocok bagi Anda tidak memiliki banyak waktu untuk membuat roti sandwich.

5. Toaster Grill

Toaster Grill 1 300x199

Jenis toaster terakhir adalah Grill yang mana dapat digunakan untuk memanggang dan membakar makanan seperti sosis, burger, dan daging lainnya. Toaster grill biasanya memiliki rak yang dapat digeser untuk memudahkan proses pemanggangan.

 

Baca juga: Rekomendasi Oven Listrik yang Hemat Listrik

 

Apa Saja Fungsi dari Oven Toaster?

 

Sebagaimana telah disinggung di awal bahwa oven toaster ini tidak hanya digunakan untuk membuat roti panggang, tetapi juga bisa memanggang makanan lain. Oleh karena itu, jangan heran jika Anda mendapati beberapa fitur lainnya pada produk ini. Setidaknya ada 5 fitur utama yang menjadi keunggulan dari oven toaster, di antaranya:

1. Thermostat Control

Fitur pertama dari oven toaster yakni thermostat control yang akan membantu Anda mengatur suhu toaster. Jadi, Anda tidak perlu takut roti kurang garing atau bahkan gosong, karena tingkat kematangannya bisa disesuaikan dengan selera Anda.

2. Timer

Berikutnya ada fitur timer yang mana ini sangat membantu Anda untuk mengatur berapa lama oven toaster akan menyala dan kemudian mati dengan sendirinya. Sehingga, Anda tidak perlu lagi untuk menunggu di depan mesin pemanggang roti ini.

Selain itu, dengan adanya fitur ini tentunya turut membantu Anda menghemat biaya listrik. Sebab, fitur timer akan meminimalisir penggunaan daya listrik jika sewaktu-waktu Anda lupa untuk mematikan mesin oven toaster.

3. Lampu Indikator

Fitur lampu indikator membantu Anda mengetahui apakah mesin oven toaster milik Anda sedang on, off, atau sedang dalam kondisi memanggang.

4. Defrost

Selanjutnya ada fitur defrost yang dapat Anda gunakan untuk melelehkan makanan atau bahan baku yang baru saja dikeluarkan dari freezer. Tidak semua produk pemanggang roti menawarkan kemampuan untuk melakukan hal tersebut, jadi pastikan untuk memperhatikan fitur ini ketika hendak memutuskan membeli oven.

5. Reheat

Makanan milik Anda sudah mulai mendingin dan menjadikan kurang menggugah selera? Tenang, karena oven toaster memiliki pengaturan reheat yang bertujuan untuk memanaskan kembali makanan Anda yang mungkin sudah dingin. Pengaturan reheat ini adalah cara yang tepat untuk menghangatkan sisa makanan tanpa takut kehilangan kerenyahannya.

Berbeda jika Anda melakukan hal serupa dengan menggunakan microwave, yang biasanya justru menghasilkan makanan yang dipanaskan ulang menjadi lembek atau melempem.

 

Baca Juga: Oven Gas VS Oven Listrik? Mana yang Lebih Baik?

 

Apa Saja Kelebihan dari Oven Toaster?

 

Di bawah ini adalah beberapa manfaat menggunakan oven pemanggang roti atau oven toaster dan menjadikannya sebagai salah satu kelengkapan alat dapur rumah tangga Anda:

1. Ukuran yang Praktis

Ruang biasanya merupakan faktor penting saat memutuskan untuk memilih dan membeli peralatan dapur baru. Terlebih ketika Anda memiliki kondisi dapur dengan luas yang tak terlalu besar.

Kelebihan dari segi ukuran yang terbilang kecil, ringan, hingga dapat dipasang dengan baik di dapur Anda, menjadikan oven toaster sebagai pilihan yang tepat. Hal tersebut tentunya memiliki keuntungan besar, dibandingkan dengan menggunakan oven konvensional dan microwave yang mungkin akan menghabiskan sebagian ruang dapur Anda.

2. Efisiensi Energi

Oven toaster juga akan membantu untuk menghemat uang Anda perihal membayar tagihan listrik. Sebab, jenis oven ini hanya menggunakan antara 1200W dan 1800W yang merupakan setengah dari oven konvensional. Anda tidak perlu memasak makanan dengan jumlah sedikit dalam oven besar dan membuang banyak energi.

3. Kemampuan Matang Secara Merata

Oven toaster juga unggul dalam hal pencoklatan makanan dibandingkan dengan oven konvensional. Kemampuan memanggang hingga matang secara merata ini dapat dilakukan dengan sempurna oleh oven toaster lewat waktu yang juga cukup singkat.

4. Multifungsi

Kelebihan dari oven toaster juga dapat dilihat dari sisi seberapa multifungsi jenis oven satu ini. Anda dapat menggunakan oven ini untuk tujuan yang berbeda berkat fitur yang dimiliki terkait kisaran suhu yang beragam serta elemen pemanas tambahan. Seperti kebutuhan pencairan, pemanggangan, perebusan, dan pemanasan hidangan Anda.

 

Baca Juga: Mengenal Macam-macam Oven untuk Memanggang

 

Bagaimana Cara Kerja dari Oven Toaster?

 

Berbicara soal bagaimana cara kerja dari oven toaster, sebenarnya mirip dengan oven tradisional dengan sebagian besar panas berasal dari elemen bawah. Biasanya, elemen atas juga akan menyala tetapi menggunakan watt yang jauh lebih rendah daripada elemen bawah.

Hal tersebut tergantung pada jenis oven toaster milik Anda, oven ini dapat memutar atau menggerakkan elemen atas dan bawah untuk memvariasikan intensitasnya dan membantu oven untuk mempertahankan suhu yang merata.

Untuk memberikan Anda gambaran tentang cara kerja pengaturan ketika memanggang, berikut langkah-langkahnya:

– Pilih pengaturan “panggang” dan sesuaikan dengan kebutuhan apakah ingin memanaskan seluruh elemen, atau cukup satu elemen saja;

– Atur suhu yang diminta dalam resep Anda;

– Atur waktu yang dibutuhkan dalam resep Anda;

– Tekan mulai untuk memulai pemanasan awal;

– Setelah oven pemanggang roti menunjukkan bahwa itu sudah dipanaskan, letakkan panci Anda di dalam beserta hidangan yang hendak dipanggang;

– Tutup pintunya dan pastikan periksa kembali apakah penghitung waktu telah dimulai (sesuaikan waktu yang diperlukan);

– Mulai memanggang.

 

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Kompor Gas Oven

 

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Membeli Oven Toaster

 

Sebelum membeli oven toaster terbaik untuk keperluan Anda, Anda perlu memperhatikan kebiasaan Anda ketika membuat sarapan. Jika setiap pagi Anda terbiasa memakan roti, maka Anda dapat membeli oven toaster standar dengan harga terjangkau.

Namun, jika Anda ingin membuat ayam panggang, kue kering, hingga pizza dengan menggunakan oven, maka Anda perlu membeli oven toaster dengan fitur yang lebih banyak. Tentunya, ukuran oven toaster tersebut lebih besar daripada alat pemanggang roti biasa.

Selain oven toaster, Anda juga bisa membeli toaster sandwich jika Anda tidak punya waktu untuk membuat sarapan. Hal ini dikarenakan toaster sandwich dinilai lebih praktis, di mana Anda hanya perlu menyiapkan empat keping roti dan menambahkan isian, lalu memasukkannya ke toaster sandwich untuk dipanggang. Proses pemanggangannya pun tidak terlalu lama. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir akan terburu-buru ketika menyiapkan sarapan di pagi hari.

 

Rekomendasi Oven Toaster dari Sinar Himalaya?

 

Setelah membaca artikel ini, semakin yakin untuk memilih jenis oven ini sebagai peralatan dapur Anda? Sinar Himalaya hadir dengan memberikan rekomendasi oven yang bisa Anda gunakan untuk memanggang berbagai macam hidangan dengan sempurna. Mari simak list di bawah ini.

1. Oven dengan Tipe KC-P75/HK-P75 ELECTRIC OVEN

Oven dengan jenis ini merupakan oven yang dapat digunakan untuk memanggang segala jenis hidangan. Mulai dari memanggang kue, roti, pastry, cookies, dan masih banyak lagi lainnya. Tentunya juga dengan hasil panggangan yang matang secara merata dan sempurna.

2. Oven dengan Tipe YH-4A CONVECTION OVEN (4 GN PAN 2/3)

Oven jenis ini dilengkapi dengan kipas internal di dalamnya yang mampu mengalirkan udara panas secara merata. Sehingga, makanan yang dipanggang akan jauh lebih cepat matang. Keunggulan dari oven ini selain dapat Anda gunakan untuk memanggang kue, juga bisa untuk memanggang hidangan lainnya seperti daging ayam dan sapi tanpa menggunakan minyak. Makanan Anda sudah tentunya akan lebih sehat menggunakan oven ini.

Demikian mengenai penjelasan terkait fungsi, kelebihan, cara kerja dari oven toaster dan beberapa rekomendasinya. Selain rekomendasi yang telah dituliskan di atas, Sinar Himalaya masih memiliki banyak jenis oven terbaiknya. Seperti oven konveksi yang tak kalah unggul untuk membantu Anda dalam menghidangkan berbagai jenis makanan dengan sempurna.

Kunjungi website Sinar Himalaya atau hubungi secara langsung untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp