Salah satu hal yang diketahui oleh kebanyakan orang tentang oven toaster adalah fakta bahwa peralatan dapur ini sangat bisa diandalkan dalam membuat kebutuhan sarapan. Tetapi ternyata oven toaster tidak hanya sebatas menyiapkan santapan di pagi hari saja, namun mampu melakukan berbagai hal. 

Berbeda dengan toaster yang hanya mampu memanggang roti, oven toaster ini mampu membuat santapan dengan jauh lebih bervariasi. Seperti pizza, muffin, waffle, kue, hingga memanggang ayam. 

Apa itu Oven Toaster?

Oven toaster secara sekilas mungkin memiliki bentuk yang sama dengan oven biasa. Namun, sebenarnya yang perlu Anda ketahui bahwa oven jenis ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding oven konvensional. 

Oven toaster ini dilengkapi dengan tombol pengatur suhu yang bisa Anda sesuaikan berdasarkan kebutuhan memanggang. Selain adanya tombol pengatur suhu, fitur lain yang terdapat pada oven toaster ini ialah tombol pengatur waktu yang bisa membantu Anda untuk mengingat kapan waktu mematikan oven. Adanya fitur tersebut merupakan sebagai penanda bahwa waktu memanggang telah selesai.

Untuk Anda yang masih penasaran dengan fungsi lain, kelebihan, bagaimana cara kerja, hingga rekomendasi oven toaster terbaik, Anda bisa simak penjelasan berikut ini.

Apa Saja Fungsi dari Oven Toaster?

Oven toaster memiliki beberapa fitur beserta fungsinya yang tentunya sangat membantu Anda untuk menyiapkan berbagai hidangan terbaik. 

1. Thermostat Control

Fitur ini tentunya dimiliki oleh oven toaster, yakni thermostat control yang akan membantu Anda mengatur suhu toaster. Jadi, Anda tidak perlu takut roti kurang garing atau bahkan gosong, karena tingkat kematangannya bisa disesuaikan dengan selera Anda.

2. Timer 

Fitur ini adalah fitur yang sangat membantu Anda untuk mengatur berapa lama oven toaster akan menyala dan kemudian mati dengan sendirinya. Sehingga, Anda tidak perlu lagi untuk menunggu di depan mesin panggangan sampai roti matang.

Selain itu, dengan adanya fitur ini tentunya turut membantu Anda menghemat biaya listrik. Sebab, fitur timer akan meminimalisir penggunaan daya listrik jika sewaktu-waktu Anda lupa untuk mematikan mesin oven toaster. 

3. Lampu Indikator

Fitur lampu indikator membantu Anda mengetahui apakah mesin oven toaster milik Anda sedang on, off, atau sedang dalam kondisi memanggang.

4. Defrost

Fitur yang ada pada oven toaster ini dapat Anda gunakan untuk melelehkan makanan atau bahan baku yang baru saja dikeluarkan dari freezer. Tidak semua pemanggang roti menawarkan kemampuan untuk melakukan hal tersebut, jadi pastikan untuk memperhatikan fitur ini ketika hendak memutuskan membeli oven.

5. Reheat

Makanan milik Anda sudah mulai mendingin dan menjadikan kurang menggugah selera? Tenang, karena oven toaster memiliki pengaturan reheat yang bertujuan untuk memanaskan kembali makanan Anda yang mungkin sudah dingin. Pengaturan reheat ini adalah cara yang tepat untuk menghangatkan sisa makanan tanpa takut kehilangan kerenyahannya.

Berbeda jika Anda melakukan hal serupa dengan menggunakan microwave, yang biasanya justru menghasilkan makanan yang dipanaskan ulang menjadi lembek atau melempem.

Baca Juga: Oven Gas VS Oven Listrik? Mana yang Lebih Baik?

Apa Saja Kelebihan dari Oven Toaster?

Di bawah ini adalah beberapa manfaat menggunakan oven pemanggang roti atau oven toaster dan menjadikannya sebagai alat dapur yang penting untuk kamu miliki:

1. Ukuran yang Praktis

Ruang biasanya merupakan faktor penting saat memutuskan untuk memilih dan membeli peralatan dapur baru. Terlebih ketika Anda memiliki kondisi dapur dengan luas yang tak terlalu besar. 

Kelebihan dari segi ukuran yang terbilang kecil, ringan, hingga dapat dipasang dengan baik di dapur Anda, menjadikan oven toaster sebagai pilihan yang tepat. Hal tersebut tentunya memiliki keuntungan besar, dibandingkan dengan menggunakan oven konvensional dan microwave yang mungkin akan menghabiskan sebagian ruang dapur Anda.

2. Efisiensi Energi

Oven toaster juga akan membantu untuk menghemat uang Anda perihal membayar tagihan listrik. Sebab, jenis oven ini hanya menggunakan antara 1200W dan 1800W yang merupakan setengah dari oven konvensional. Anda tidak perlu memasak makanan dengan jumlah sedikit dalam oven besar dan membuang banyak energi.

3 . Kemampuan Matang Secara Merata

Oven toaster juga unggul dalam hal pencoklatan makanan dibandingkan dengan oven konvensional. Kemampuan memanggang hingga matang secara merata ini dapat dilakukan dengan sempurna oleh oven toaster lewat waktu yang juga cukup singkat. 

4. Multifungsi

Kelebihan dari oven toaster juga dapat dilihat dari sisi seberapa multifungsi jenis oven satu ini. Anda dapat menggunakan oven ini untuk tujuan yang berbeda berkat fitur yang dimiliki terkait kisaran suhu yang beragam serta elemen pemanas tambahan. Seperti kebutuhan pencairan, pemanggangan, perebusan, dan pemanasan hidangan Anda. 

Baca Juga: Mengenal Macam-macam Oven untuk Memanggang

Bagaimana Cara Kerja dari Oven Toaster?

Berbicara soal bagaimana cara kerja dari oven toaster, sebenarnya mirip dengan oven tradisional dengan sebagian besar panas berasal dari elemen bawah. Biasanya, elemen atas juga akan menyala tetapi menggunakan watt yang jauh lebih rendah daripada elemen bawah.

Hal tersebut tergantung pada jenis oven toaster milik Anda, oven ini dapat memutar atau menggerakkan elemen atas dan bawah untuk memvariasikan intensitasnya dan membantu oven untuk mempertahankan suhu yang merata. 

Untuk memberikan Anda gambaran tentang cara kerja pengaturan ketika memanggang, berikut langkah-langkahnya:

  • Pilih pengaturan “panggang” dan sesuaikan dengan kebutuhan apakah ingin memanaskan seluruh elemen, atau cukup satu elemen saja
  • Atur suhu yang diminta dalam resep Anda
  • Atur waktu yang dibutuhkan dalam resep Anda
  • Tekan mulai untuk memulai pemanasan awal
  • Setelah oven pemanggang roti menunjukkan bahwa itu sudah dipanaskan, letakkan panci Anda di dalam beserta hidangan yang hendak dipanggang
  • Tutup pintunya dan pastikan periksa kembali apakah penghitung waktu telah dimulai (sesuaikan waktu yang diperlukan) 
  • Mulai memanggang

Baca Juga: 5 Kelebihan dan Kekurangan Kompor Gas Oven

Rekomendasi Oven Toaster dari Sinar Himalaya?

Setelah membaca artikel ini, semakin yakin untuk memilih jenis oven ini sebagai peralatan dapur Anda? Sinar Himalaya hadir dengan memberikan rekomendasi oven yang bisa Anda gunakan untuk memanggang berbagai macam hidangan dengan sempurna. Mari simak list di bawah ini.

1. Oven dengan Tipe KC-P75/HK-P75 ELECTRIC OVEN

Oven dengan jenis ini merupakan oven yang dapat digunakan untuk memanggang segala jenis hidangan. Mulai dari memanggang kue, roti, pastry, cookies, dan masih banyak lagi lainnya. Tentunya juga dengan hasil panggangan yang matang secara merata dan sempurna. 

2. Oven dengan Tipe YH-4A CONVECTION OVEN (4 GN PAN 2/3)

Oven jenis ini dilengkapi dengan kipas internal di dalamnya yang mampu mengalirkan udara panas secara merata. Sehingga, makanan yang dipanggang akan jauh lebih cepat matang. Keunggulan dari oven ini selain dapat Anda gunakan untuk memanggang kue, juga bisa untuk memanggang hidangan lainnya seperti daging ayam dan sapi tanpa menggunakan minyak. Makanan Anda sudah tentunya akan lebih sehat menggunakan oven ini.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Oven Gas dengan Kualitas Terbaik

Demikian mengenai penjelasan terkait fungsi, kelebihan, cara kerja dari oven toaster dan beberapa rekomendasinya. Selain rekomendasi yang telah dituliskan di atas, Sinar Himalaya masih memiliki banyak jenis oven terbaiknya. Seperti oven konveksi yang tak kalah unggul untuk membantu Anda dalam menghidangkan berbagai jenis makanan dengan sempurna.  

Kunjungi website Sinar Himalaya atau hubungi secara langsung untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. 

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp