Agar seluruh pekerjaan memasak dan memanggang dapat selesai dengan cepat, Anda membutuhkan alat multifungsi yang mampu mengerjakan keduanya secara bersamaan. Kebutuhan ini kemudian mendorong terciptanya sebuah kompor gas oven yang diciptakan untuk menghemat waktu memasak. Lalu apa kelebihan dan kekurangan kompor gas oven?

Tidak hanya pada efisiensi waktu, kompor gas oven juga memiliki berbagai kelebihan lainnya pada banyak aspek. Namun, hal ini bukan berarti tidak ada kelemahan yang muncul. Jenis kompor gas oven ini banyak digunakan oleh para koki atau baker profesional sebab menjadi alat yang sangat praktis. Agar lebih mengenal kelebihan dan kekurangan kompor gas oven, baca informasi lengkapnya berikut ini. 

Apa Itu Kompor Gas Oven?

Kompor gas oven adalah jenis oven yang menyatu dengan kompor gas. Jadi, dengan kata lain, Anda mendapatkan fungsi kompor dan oven dalam satu alat yang sama dengan sumber energi gas. Hasilnya, segala kegiatan yang berkaitan dengan memasak dan bakery menjadi lebih praktis serta selesai dalam waktu yang cepat tanpa harus menyelesaikan satu per satu. 

Pada umumnya, kompor gas oven memiliki ukuran yang besar. Maka dari itu, ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum Anda membelinya. Beberapa di antaranya adalah menyesuaikan ukuran kompor gas oven dengan ruangan, jumlah tungku kompor dan kapasitas oven, dan posisi di mana gas ditempatkan. 

Baca Juga: Mengenal Macam-macam Oven untuk Memanggang

Apa Saja Macam-macam Kompor Gas Oven?

Tidak hanya hadir dengan satu macam, terdapat 2 macam kompor gas oven yang beredar di pasaran. Keduanya memiliki fungsi dan kelebihan yang sama, sehingga Anda dapat memilih kompor gas oven yang sesuai dengan kebutuhan. Adapun 2 macam kompor gas oven antara lain:

1. Freestanding 

Freestanding adalah jenis kompor gas oven yang sempurna untuk digunakan sebagai alat memasak. Freestanding selain tersedia dengan sumber energi gas, terdapat pilihan lainnya yaitu listrik dan kombinasi listrik serta gas. Jenis ini akan menghadirkan kompor dan oven dengan penutup yang mampu menghalangi tembok dari noda percikan. 

2. Slide in

Berbeda dengan freestanding, slide in adalah jenis kompor gas oven yang khusus diciptakan menyatu dengan kitchen set atau kabinet dapur lainnya dengan peletakkan pada bagian tengahnya. 

Slide in memiliki kelebihan pada bagian pengaturan di bagian atas atau depan, yang mana tentu memudahkan Anda ketika menggunakan kompor maupun oven. Jenis kompor gas oven slide in juga lebih mudah dibersihkan dan mampu mencegah makanan tumpah dan berantakan.

Baca Juga: Oven Toaster: Fungsi, Kelebihan dan Cara Kerjanya

Apa Saja Kelebihan dari Kompor Gas Oven?

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, kompor gas oven memiliki kelebihan dalam hal efisiensi waktu. Namun kelebihan tersebut bukanlah satu-satunya, ada kelebihan lain yang harus Anda ketahui sebelum membeli kompor gas oven. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Mudah Dipasang

Kompor gas oven memiliki kemudahan dalam pemasangan sebab dapat diletakkan di mana saja. Bila memilih freestanding, maka Anda dapat dengan mudah memindahkan alat tersebut. Namun jika memilih slide in, saat kabinet dapur dipasang, pemasangan kompor gas oven dilakukan bersamaan sehingga Anda tidak perlu lagi kerepotan memasang alat. 

Baca Juga: 5 Manfaat Roti Tawar Gandum yang Baik Untuk Dikonsumsi

2. Fitur Lengkap 

Kelebihan lain yang dimiliki oleh kompor oven gas adalah kelengkapan fitur di dalamnya. Kelebihan ini yang menarik banyak orang untuk menggunakan jenis kompor ini. Dilengkapi dengan oven di dalam suatu kompor, Anda dapat melakukan banyak hal dalam satu waktu yang sama tanpa membutuhkan sumber energi lainnya. 

3. Harga yang Efisien

Apabila Anda mendapatkan dua alat dalam sekali pembelian, maka hal ini akan menghemat pengeluaran. Anda tidak perlu lagi membeli kompor dan oven secara terpisah dengan sumber energi yang berbeda. Selain harga, jika membeli dua alat berbeda, maka mungkin akan memakan banyak tempat. 

Baca Juga: 4 Rekomendasi Oven Gas dengan Kualitas Terbaik

Apa Saja Kekurangan dari Kompor Gas Oven?

Selain mengetahui kelebihan kompor gas oven, Anda juga harus mengenal kekurangannya. Hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan saat Anda merencanakan pembelian kompor gas oven. Adapun kekurangan kompor gas oven yaitu:

1. Ukuran yang Terlalu Besar

Dengan konsep dua alat yang bergabung menjadi satu, kompor gas oven tentu memiliki ukuran yang lebih besar sehingga membutuhkan dapur dengan ruang yang cukup luas untuk meletakkannya. 

2. Beberapa Bagian Sulit Dibersihkan

Pada bagian oven, Anda mungkin akan mengalami kesulitan untuk membersihkannya. Sebab posisinya yang tergabung dan tertanam pada kompor. Namun bukan berarti tidak bisa, Anda hanya akan membutuhkan usaha yang lebih besar untuk membersihkan oven ini dibandingkan dengan jenis oven lainnya. 

Baca Juga: Rotisserie: Definisi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Rekomendasi Kompor Oven dari Sinar Himalaya

Apabila Anda membutuhkan kompor oven yang berkualitas dan pelayanan cepat serta tepercaya, berikut merupakan rekomendasi kompor oven yang bisa Anda dapatkan di Sinar Himalaya:

1. Burner with Oven

Rekomendasi kompor oven dari Sinar Himalaya yang pertama adalah E-RQB-700-6A GAS 6 Burner with Oven. Kompor gas oven ini memiliki 6 tungku dengan oven pada bagian bawah kompor. Kompor ini terbuat dari bahan stainless steel berkualitas unggulan dan awet.

2. Hot Plate Cooker with Oven

Selanjutnya, Anda juga dapat memilih produk kompor oven  dengan sumber energi listrik seperti E-DSJ-700 ELECTRIC 4 Hot Plate Cooker with Oven. produk yang dapat digunakan untuk memasak, membuat kue, dan memanaskan makanan ini mudah untuk digunakan dan memiliki risiko kerusakan yang lebih kecil sebab dibuat dengan kualitas material yang unggulan.

Baca Juga: Oven Gas VS Oven Listrik? Mana yang Lebih Baik?

Jadi itu dia informasi seputar pengertian, kelebihan dan kekurangan kompor oven gas. Memilih produk yang tepat akan memudahkan produksi bakery atau usaha masakan rumahan Anda dan memberikan kualitas yang terbaik. Jika Anda menyukai dapur dengan konsep praktis, simpel, namun multifungsi, maka kompor gas oven adalah pilihan yang tepat. 

Anda bisa mendapatkan seluruh produk oven gas dan peralatan bakery serta dapur lainnya untuk usaha Anda di Sinar Himalaya. Sinar Himalaya berpengalaman dalam menyediakan produk berkualitas serta tersedia pula layanan servis peralatan yang dikerjakan oleh teknisi yang ahli dibidangnya. 

Tunggu apa lagi? Kunjungi Sinar Himalaya dan dapatkan produk bakery atau dapur produksi terbaik dengan berbagai pilihan sekarang juga. Jangan lupa untuk cek promonya agar belanja peralatan menjadi lebih hemat.

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp