Banyak manfaat roti tawar gandum yang belum diketahui oleh masyarakat. Sering dianggap sepele, tetapi ternyata roti tawar gandum mampu tingkatkan kekebalan tubuh dan juga menurunkan risiko penyakit kronis. Dibanding dengan roti tawar biasa, kandungan serat dalam roti tawar gandum mampu membantu jaga kesehatan Anda.

Setiap orang membutuhkan sarapan sebagai sumber energinya sebelum beraktivitas seharian. Tidak melulu nasi, Anda pasti juga memilih roti tawar sebagai menu sarapan andalan Anda. Jika Anda ingin kenyang lebih lama dan penuhi nutrisi sarapan Anda, roti tawar gandum dapat menjadi pilihan yang tepat.

Lalu, apa saja manfaat mengonsumsi roti tawar gandum dibanding dengan roti tawar biasa? Simak informasi lengkapnya di sini.

 

Apa Saja Manfaat Roti Gandum?

 

Roti gandum seringkali dihindari oleh beberapa orang karena memiliki tekstur yang kasar dan tidak mudah untuk dicerna. Tetapi, ternyata roti gandum justru memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Meski tidak selembut roti tawar biasa, tetapi manfaat yang ditawarkan dapat menjadi pertimbangan Anda.

1. Jaga Kesehatan Pencernaan

Roti tawar gandum dikenal dengan kandungan seratnya yang lebih banyak daripada roti tawar biasa. Nah, serat ini merupakan salah satu nutrisi penting untuk kesehatan Anda. Apabila Anda mengonsumsi cukup serat, maka Anda akan membantu perkembangan bakteri baik pada usus.

Perlu diketahui, bakteri baik pada usus sendiri mampu meningkatkan kekebalan tubuh Anda sekaligus menjaga kesehatan usus loh. Jadi, mengonsumsi roti tawar gandum dapat menjadi salah satu upaya baik untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda.

2. Mengontrol Berat Badan

Sebagian orang pasti sering melakukan banyak pertimbangan ketika ingin mengonsumsi sesuatu. Termasuk seberapa besar kalori yang ada dalam makanan/minuman tersebut.

Terlebih lagi, bagi orang-orang yang sedang diet atau menjaga berat badan mereka. Anda tidak perlu cemas berlebihan karena roti tawar gandum mengandung kalori rendah dan tidak akan mengganggu upaya Anda mengontrol berat badan.

Dalam setiap satu lembar roti tawar gandum mengandung 138 kalori, didampingi dengan banyak nutrisi baik. Nutrisi tersebut adalah protein, magnesium, fosfor, vitamin dan masih banyak lagi. Jadi, diet Anda lancar, kesehatan Anda terjaga.

 

Baca juga: Macam-macam Peralatan Bakery dan Fungsinya

 

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Roti tawar gandum mampu membantu Anda untuk menurunkan kadar kolesterol. Di mana seperti yang diketahui, kadar kolesterol tinggi akan memicu penyakit jantung. Nah, mengonsumsi roti tawar gandum ini dapat membuat Anda terbebas dari kecemasan mengenai kadar kolesterol yang ada di dalamnya.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Dalam beberapa penelitian seperti British Medical Journal, mengatakan bahwa kandungan nutrisi dalam roti tawar gandum mampu menurunkan risiko penyakit kronis dan kematian yang menjadi komplikasi.

Meskipun teksturnya lebih kasar dan warnanya kecokelatan, tentunya tidak menjadi masalah apabila dibandingkan dengan manfaatnya untuk kesehatan Anda.

5. Turunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Selain bantu turunkan kadar kolesterol, roti tawar gandum juga bantu turunkan kadar gula darah Anda. Jadi meskipun Anda mengonsumsi roti gandum, Anda tidak perlu khawatir tentang kadar gula darah tinggi. Dengan kadar gula darah yang normal, maka risiko Anda mengidap diabetes juga akan menurun.

 

Baca Juga: Cara Menguleni Adonan Roti dengan Mixer

 

6. Mengurangi Risiko Stroke

Ternyata, rutin mengonsumsi roti gandum juga mampu mengurangi risiko terkena stroke lho. Hal ini dikarenakan roti gandum memiliki kandungan kolesterol yang rendah, dan mengandung asam lemak tak jenuh yang bagus untuk tubuh.

Sebagai tambahan, roti gandum tidak mengandung kolesterol jahat yang tidak baik untuk tubuh. Kolesterol jahat dapat menyumbat pembuluh darah yang mengakibatkan penyakit jantung dan stroke. Sehingga, mengonsumsi roti gandum secara rutin dapat menurunkan risiko terkena penyakit-penyakit tersebut.

7. Kaya Akan Zat Gizi

Kelebihan roti gandum selanjutnya adalah kaya akan zat gizi sehingga mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Roti gandum adalah makanan yang bagus untuk pertumbuhan dan cocok untuk dikonsumsi oleh semua kalangan. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisinya lebih banyak dibandingkan dengan roti tawar putih.

8. Membuat Kenyang Lebih Lama

Roti gandum terbuat dari gandum utuh. Sehingga, proses pengolahannya dalam sistem pencernaan akan lebih lama dibandingkan roti tawar biasa. Hal ini tentunya membuat roti gandum direkomendasikan untuk Anda yang hendak menurunkan berat badan.

9. Menurunkan Risiko Peradangan Kronis

Peradangan adalah salah satu penyebab munculnya penyakit kronis. Dalam penelitian yang dilakukan oleh U.S. National Library of Medicine, terbukti bahwa orang-orang yang mengganti produk gandum olahan menjadi produk gandum utuh, cenderung mengalami penurunan penanda inflamasi.

10. Mengurangi Risiko Kematian Dini

Karena mampu mengurangi risiko penyakit kronis, maka risiko terjadinya kematian dini pun akan berkurang jika roti gandum dikonsumsi secara rutin. Hal ini terbukti dalam jurnal yang berjudul Association Between Dietary Whole Grain Intake and Risk of Mortality, yang menyatakan bahwa asupan biji-bijian mampu mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung, atau penyebab lainnya.

Hasil penelitian dalam jurnal tersebut membuktikan bahwa setiap 1 ons (28 gram) serealia utuh, dapat mengurangi risiko kematian sebesar 5 persen.

 

Apa Saja Kandungan yang ada di Roti Tawar Gandum?

 

Bagi kebanyakan orang, mereka hanya mengonsumsi roti tawar putih biasa untuk dikonsumsi khususnya saat sarapan. Namun tahukah Anda jika roti gandum jauh lebih enak dan sehat? Berikut berbagai kandungan nutrisi roti gandum utuh yang dapat Anda pertimbangkan kedepannya.

1. Karbohidrat

Karbohidrat 300x200

Telah diketahui bahwa roti gandum memiliki karbohidrat kompleks yang mampu menahan rasa lapar. Setidaknya ada dua belas hingga dua puluh gram karbohidrat total yang terkandung dalam sepotong roti gandum yang khas. Memilih roti gandum sebagai menu diet utama menjadi alternatif yang tepat dalam mengontrol kadar gula dalam tubuh. Oleh karena itu, untuk mengetahui berapa banyak gula yang ditambahkan pada roti, pastikan Anda membaca label yang tertera pada wadahnya sebelum makan.

2. Lemak

Lemak 300x200

Dibandingkan dengan roti tawar, roti gandum sama sekali tidak mengandung lemak kecuali dipanggang dengan minyak tambahan. Maka dari itu, konsumsi roti gandum ini dianggap lebih sehat. Namun, untuk menentukan apakah ada minyak di dalam roti, berhati-hatilah membaca label pada kemasannya.

3. Protein

Protein 300x200

Manfaat roti gandum untuk kesehatan juga terletak pada kandungan protein. Selain menjadi sumber karbohidrat kompleks yang signifikan, biji-bijian utuh juga merupakan sumber protein nabati yang sangat kaya. Jumlah protein dalam sepotong roti gandum bisa mencapai 5 gram.

4. Vitamin dan Mineral

Vitamin Dan Mineral 300x200

Roti gandum mengandung banyak vitamin dan mineral. Makan roti gandum dan Anda akan menemukan manfaat dari roti tersebut yaitu adanya tingkat kecil zat besi, potasium, dan vitamin B thiamin, riboflavin, niasin, dan folat.

 

Baca juga: Penyebab Roti Tidak Mengembang dan Tips Mengatasinya

 

Apa Saja Perbedaan Roti Tawar Biasa dan Roti Tawar Gandum?

 

Terdapat beberapa perbedaan antara roti gandum dan roti tawar putih biasa yang perlu Anda ketahui. Apa sajakah itu? berikut penjelasannya:

1. Bahan Baku

Roti tawar biasa merupakan roti tawar yang terbuat tepung terigu. Nah, warna roti tawar biasa bisa menjadi putih karena kandungan seratnya telah dibuang terlebih dahulu.

Sedangkan roti tawar gandum terbuat dari tepung dengan kandungan serat tinggi. Berbahan dasar tepung serat tinggi, maka tidak heran apabila tekstur roti tawar gandum akan jauh lebih kasar dibandingkan roti tawar biasa.

2. Cara Pembuatan

Terbuat dari bahan yang berbeda, maka cara pembuatannya pun juga akan berbeda. Pembuatan roti tawar biasa diawali dengan tepung yang digiling terlebih dahulu dalam durasi yang lama. Jika sudah, roti tawar biasa akan ditambahkan beberapa zat lainnya untuk menyempurnakan adonan.

Berbeda dengan roti tawar biasa, pembuatan roti tawar gandum dibuat dari bahan-bahan alami. Warna kecokelatan dan tekstur kasarnya dikarenakan pengolahan yang memang minim zat tambahan dan menjaga keutuhan seratnya.

3. Kandungan Gizi

Dalam satu lembar roti tawar biasa, terdapat kandungan 175 kalori. Jumlah yang tentunya lebih banyak dibandingkan roti tawar gandum yang mengandung 138 kalori. Belum lagi, roti tawar gandum juga mengandung berbagai nutrisi dengan kadar yang lebih tinggi seperti magnesium, protein, fosfor, vitamin dan lain sebagainya.

 

Baca Juga: Metode Pembuatan Roti Tawar yang Efektif

 

Bagaimana Tips Memilih Roti Tawar Gandum yang Terbaik?

 

Tertarik untuk mengonsumsi roti tawar gandum? Meskipun diklaim memiliki nutrisi yang lebih baik dari roti tawar biasa, tetapi memilih roti tawar gandum pun tidak boleh sembarangan. Banyaknya roti gandum yang beredar di pasaran, membuat para Anda harus lebih cermat untuk memilih yang terbaik.

1. Terbuat dari Gandum Utuh

Ketika ingin membeli roti tawar gandum, Anda harus perhatikan komposisinya. Apakah roti gandum yang Anda pilih terbuat dari tepung gandum utuh atau hanya mengandung gandum?

Pilihlah yang mengandung 100% tepung gandum dalam komposisi bahannya. Apabila hanya mengandung tepung gandum tetapi secara tidak utuh, maka manfaat mengonsumsinya pun akan tidak maksimal.

2. Perhatikan Kandungan Sodium

Seseorang memerlukan asupan sodium dalam kesehariannya, minimal 600 gram. Nah, sodium sendiri bermanfaat dalam aktivitas ragi dan membuat roti tawar gandum menjadi lebih enak. Jadi lebih baik bagi Anda untuk lebih memperhatikan berapa kandungan sodium dalam roti gandum pilihan Anda. Jika berlebihan mengonsumsi sodium, tentunya akan berakibat buruk bagi kesehatan Anda.

3. Tekstur Roti Gandum

Terkait dengan komposisi bahan, tekstur roti gandum menjadi salah satu perhatian khusus yang sangat penting. Apabila memang terbuat dari tepung gandum utuh, maka dapat dilihat tekstur rotinya akan padat dan tidak lembut. Serat-seratnya pun akan terlihat dari visual roti gandum yang berlubang-lubang.

 

Baca Juga: Rotisserie: Definisi, Jenis, dan Cara Kerjanya

 

Setelah mengetahui berbagai manfaat roti tawar gandum dibanding dengan roti tawar biasa, apa yang akan Anda lakukan? Pastinya lebih mempertimbangkan mengonsumsi roti tawar gandum demi kesehatan tubuh.

Perlu diingat, bukan berarti semua roti tawar gandum bisa memberikan manfaat kesehatan yang maksimal. Apabila komposisinya tidak tepat, maka roti tawar gandum hanyalah roti tawar biasa.

Jika Anda menginginkan roti gandum dengan kualitas terbaik, membuatnya di dapur sendiri pasti akan menjadi salah satu alternatifnya. Anda dapat mengontrol komposisi bahan-bahan sesuai dengan kandungan nutrisi yang maksimal, serta mampu memastikan kebersihannya juga.

Dalam membuat adonan roti yang sempurna, maka Anda memerlukan mixer yang tepat. Berbagai pilihan mesin mixer ini mungkin dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin membuat roti gandum dengan mudah, efektif dan efisien. Kunjungi dan hubungi Sinar Himalaya segera, andalan kebutuhan dapur dan bisnis Anda.

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp