Dalam dunia bakery, ada banyak peralatan bakery dan fungsinya bermacam-macam. Bukan hanya mixer, oven, dan mangkuk saja, tetapi ada berbagai peralatan yang mendukung proses pembuatan roti. 

Seluruh peralatan pembuatan roti dibuat untuk memudahkan proses pengerjaan dan meringankan penggunaan tenaga. Sebab, apabila Anda harus mengaduk adonan dengan tangan atau memasukkan bahan tanpa gelas takar, hasilnya bisa saja kurang maksimal baik dari segi rasa maupun tampilan.

Jika tertarik untuk mencoba membuat usaha roti, Anda harus mengetahui macam-macam alat yang dibutuhkan terlebih dahulu. Simak ulasan lengkap berikut ini mengenai peralatan bakery dan fungsinya.

Apa Saja Macam-Macam Peralatan Bakery dan Fungsinya?

Terdapat berbagai macam peralatan bakery dan fungsinya. Mengetahuinya dapat membantu Anda menyelesaikan proses pembuatan roti secara efisien. Adapun berbagai peralatan bakery yang harus diketahui adalah:

1. Timbangan Digital

Timbangan adalah salah satu alat yang cukup penting dalam dunia bakery. Anda pasti pernah melihat sebuah resep dengan takaran gram atau liter. Untuk memenuhi kebutuhan takaran dari sebuah bahan, Anda dapat menggunakan timbangan untuk mengukurnya. Sehingga seluruh bahan yang digunakan telah sesuai dengan resepnya dan menciptakan konsistensi rasa serta kuantitas yang sama.

Baca Juga: Mengenal Fungsi Showcase untuk Usaha Bakery

2. Gelas dan Sendok Ukur

Masih berkaitan dengan membuat takaran bahan yang pas, gelas dan sendok ukur adalah alat yang digunakan untuk mengukur berbagai bahan adonan yang dibutuhkan. Tidak jauh berbeda dengan timbangan digital, gelas ukur umumnya berguna saat mengukur adonan atau bahan cair seperti air, susu, atau tepung yang sudah dicairkan. 

Sedangkan sendok ukur, berfungsi untuk menakar bahan-bahan dalam jumlah kecil seperti gula, garam, baking powder, dan lain sebagainya.

3. Mangkuk

Alat yang satu ini tentunya sudah banyak diketahui dan digunakan. Mangkuk dalam dunia bakery berfungsi untuk tempat bahan dicampurkan hingga menjadi adonan yang siap untuk dipanggang. Ada banyak pilihan mangkuk berdasarkan materialnya, antara lain mangkuk kaca, stainless steel, plastik, dan masih banyak lagi.

4. Saringan

Saringan adalah alat untuk mengayak atau menyaring bahan dasar agar lebih halus dan menjadi adonan yang sempurna. Alat ini termasuk alat yang penting dan berguna di berbagai jenis masakan bakery. Untuk mendapatkannya, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya sebab saringan dapat ditemukan dengan mudah dan memiliki harga yang cukup murah.

Baca Juga: 5 Cara Kerja Mixer yang Perlu Anda Ketahui

5. Spatula

Jika berbicara tentang memasak, Anda tidak dapat melupakan peran penting spatula. Spatula adalah alat yang bekerja untuk mengaduk adonan dengan lembut, mengambil dan meletakkan adonan, serta mengoleskan bahan cair ke adonan. Pada umumnya, sebagian orang menggunakan spatula silikon karena bahannya yang tahan panas, anti korosi, dan tidak merusak cita rasa kue.

6. Rolling Pin

Rolling pin adalah alat yang digunakan untuk menggiling atau meratakan adonan dan menghancurkan bahan seperti biskuit, cokelat, dan lain sebagainya menjadi lebih kecil. Untuk menghancurkan adonan, Anda dapat menggunakan plastik zip sehingga bahan akan aman dan tetap rapi.

7. Mixer

Mixer adalah alat yang berfungsi untuk mengaduk dan mencampurkan bahan menjadi sebuah adonan yang sempurna dan kalis. Mixer membantu Anda menyelesaikan tahap pencampuran dengan cepat dan hasil yang maksimal. Alat ini adalah investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan bagi Anda yang memiliki usaha bakery. Anda dapat memilih hand mixer atau stand mixer sesuai dengan kebutuhan.

8. Oven

Alat terakhir yang dibutuhkan untuk membuat roti adalah oven. Setelah adonan selesai dibuat, Anda harus memanggangnya agar menjadi roti dan dapat diperjualbelikan. Untuk proses memanggang, Anda dapat menggunakan oven. Memilih oven yang tepat dapat membantu Anda menciptakan hasil roti yang matang sempurna di setiap bagiannya.

Baca Juga: Mengenal Fungsi Showcase untuk Usaha Bakery

Bagaimana Tips Membersihkan Peralatan Bakery?

Tidak seluruh peralatan bakery dapat dibersihkan dengan air biasa dan sabun saja. Sebab noda adonan yang menempel pada beberapa alat cukup sulit untuk dibersihkan. Maka dari itu terapkan 2 tips membersihkan peralatan bakery berikut ini agar bersih seluruh bagiannya:

1. Menggunakan Air Panas

Untuk membersihkan noda bekas adonan pada mangkuk dan spatula yang sulit dibersihkan, Anda dapat memanfaatkan air panas untuk mencucinya. Masukkan air panas dan tunggu selama beberapa saat. Setelah itu, Anda dapat mengalirkan air biasa ke mangkuk dan spatula, lalu gosok hingga noda menghilang dan bersih. Hal ini juga dapat diterapkan pada bagian pengaduk mixer agar terhindar dari noda menempel dari adonan sebelumnya.

2. Memanfaatkan Baking Soda

Membersihkan bagian loyang pada oven dapat dilakukan dengan menggunakan baking soda. Hindari menggunakan sabun cuci dan menggosoknya terlalu keras sebab dapat membuat loyang cepat rusak. Hal ini juga berlaku pada alat dengan bahan stainless steel lainnya yang digunakan dalam proses pembuatan kue. 

Jadi itulah beberapa peralatan bakery yang harus Anda ketahui beserta tips untuk membersihkannya. Pastikan Anda selalu menjaga kebersihan peralatan bakery agar tetap awet dan tidak menimbulkan bakteri atau jamur, apalagi peralatan ini digunakan untuk menciptakan sebuah makanan yang dikonsumsi banyak orang. 

Jika membutuhkan bakeware yang lengkap dan berkualitas untuk usaha bakery Anda, Sinar Himalaya dapat memenuhi seluruh kebutuhan Anda. Sinar Himalaya menyediakan peralatan bakery yang lengkap, berkualitas, dengan harga yang terjangkau. 

Apabila mengalami kerusakan, Sinar Himalaya juga menyediakan spare part dan teknisi ahli yang akan membantu Anda. Hubungi Sinar Himalaya sekarang juga dan lengkapi usaha bakery Anda dengan produk berkualitas.

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp