Mengenal Fungsi Showcase untuk Usaha Bakery

Unnamed 1024x675

Showcase untuk usaha bakery biasanya digunakan sebagai tempat memajang kue dan roti. Fungsi showcase sendiri yaitu untuk mempertahankan cita rasanya supaya tidak berubah. Apabila kue dan roti yang telah diproduksi tidak disimpan pada showcase, maka berpotensi mempercepat pembusukan akibat teroksidasi oleh udara kotor. Hal ini tentu menyebabkan tampilan kue menjadi tidak menarik, terlebih menjadi tidak higienis.

Tentu saja Anda tidak ingin hal tersebut terjadi pada usaha catering, bakery, atau toko roti milik Anda bukan? Simak beragam informasi seputar showcase yang sangat berguna ini.

Apa itu Showcase?

Pexels Photo 8253114

Showcase merupakan alat untuk menyimpan kue dan roti agar kualitasnya tetap terjaga. Showcase didesain dengan pelindung yaitu pintu kaca bening. Tujuannya supaya konsumen dapat memilih kue dan roti tanpa perlu membukanya.

Terdapat dua jenis showcase berdasarkan kegunaannya, yaitu showcase hotcake dan showcase cooler. Showcase hotcake biasanya akan menjaga kualitas makanan atau minuman dengan cara menghangatkannya. Sementara itu, showcase cooler memiliki bentuk seperti lemari pendingin yang berfungsi menjaga kualitas makanan dengan cara mendinginkannya.

Baca Juga: Blast Freezer: Pengertian, Kelebihan, Fungsi, dan Cara Memakainya

Apa Saja Kelebihan dari Showcase?

Pexels Photo 8253115

Menggunakan showcase untuk menyimpan kue dan roti yang telah diproduksi tentu akan lebih higienis dan terhindar dari bakteri. Tidak hanya itu, terdapat beberapa kelebihan showcase untuk usaha bakery di bawah ini.

1. Mempercantik Penampilan Toko

Berbicara tentang usaha makanan dan minuman tidak hanya tentang rasa, tetapi bagaimana toko tersebut dapat menarik minat konsumen. Kue dan roti yang ditata dengan rapi biasanya memiliki daya tarik tersendiri. Anda sebagai pemilik toko bakery dapat menggunakan showcase untuk menambah nilai artistik toko.

2. Membantu Penataan 

Penataan kue dan roti dapat membantu Anda dalam hal penyajian dan pemesanan. Biasanya kue dan roti disusun sesuai dengan kategori yang telah ditentukan, sehingga Anda tidak akan bingung saat ada konsumen yang hendak membeli.

3. Lebih Efisien dan Tidak Memakan Tempat

Showcase didesain berisikan banyak rak, sehingga lebih efisien saat digunakan untuk memajang kue dan roti. Bentuk showcase pun terlihat sederhana dengan ukuran yang tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Sehingga tidak memakan banyak tempat dan mengganggu fasilitas lain di toko bakery Anda.

Baca Juga: 4 Cara Menguleni Adonan Roti dengan Mixer

Apa Saja Fungsi Showcase?

Pexels Photo 5835026

Fungsi showcase tidak hanya sebagai etalase untuk menyimpan kue dan roti. Terdapat beberapa fungsi lain dari showcase untuk usaha bakery, seperti yang akan diuraikan di bawah ini.

1.  Menjaga Suhu Makanan dan Minuman

Kue dan roti tidak akan bertahan lama apabila disimpan dalam suhu ruangan. Bahkan bisa dengan cepat berjamur atau basi. Jika hal ini terjadi, maka kue dan roti Anda tidak bisa dijual kepada konsumen. Untuk menjaga kualitasnya, Anda memerlukan showcase, karena suhunya dapat disesuaikan dengan kondisi setiap makanan.

2. Memajang Kue dan Roti

Kue dan roti yang disimpan di tempat terbuka dinilai kurang membangkitkan selera konsumen, lantaran tidak tertata rapi dan dianggap kurang higienis. Berbeda jika Anda memajangnya di dalam showcase, selain kualitas makanan terjamin, konsumen dapat melihat bentuk roti dan kue yang disajikan dari luar showcase. Terkadang ada konsumen yang membeli hanya karena tertarik dengan tampilan kue tersebut.

3. Menjaga Kualitas Rasa

Menyimpan kue dan roti di dalam showcase tidak hanya menjaga penampilan luarnya saja, melainkan kualitas rasanya juga. Kue dan roti yang tidak disimpan dengan suhu yang tepat dapat mengubah rasanya. Hal ini karena terdapat mikroorganisme seperti bakteri yang berpotensi membuat produk Anda mengalami pembusukan dengan cepat.

Apa Perbedaan Showcase dengan Chiller?

Pexels Photo 3985091

Berdasarkan kegunaannya, showcase dan chiller dipakai untuk menjaga kualitas makanan dan minuman. Namun, terdapat beberapa perbedaan mulai dari fungsi utamanya, suhu, dan pengaturan tata letaknya. Berikut masing-masing perbedaan tersebut.

1. Fungsi Utama

Showcase berfungsi menjaga kualitas makanan dengan cara mendinginkan dan menghangatkannya. Jenis makanan dan minuman yang disimpan pada showcase biasanya makanan yang sudah siap dimakan, seperti roti, kue, minuman botolan, dan sushi. 

Sementara itu, chiller memiliki fungsi utama untuk mendinginkan. Dalam komponen kulkas, chiller terletak di bawah freezer, sehingga suhunya bisa dikatakan cukup dingin. Makanan yang biasa disimpan pada chiller yaitu daging dan vegetables frozen. Chiller juga dapat Anda temukan di minimarket sebagai tempat penyimpanan berbagai makanan dan minuman.

2. Perbedaan Suhu

Suhu showcase cooler atau display cooler berkisar antara 0 – 10 derajat celcius, karena hanya digunakan sebagai tempat memajang makanan dan minuman. Sedangkan suhu yang direkomendasikan dalam penggunaan mesin pendingin yaitu antara -4 sampai 6 derajat celcius, karena makanan yang biasa disimpan di sini memiliki kadar air yang perlu dijaga kelembapannya.

3. Pengaturan Tata Letak

Showcase digunakan pemilik bisnis bakery untuk memajang kue dan roti. Karena fungsinya tersebut, showcase biasanya diletakkan di tempat yang strategis untuk memikat daya tarik konsumen.

Sedangkan chiller yang didesain terpisah dari kulkas biasanya berbentuk kotak dan hanya menggunakan kaca pada bagian atasnya. Pengaturan tata letak chiller di sebuah toko tergantung dengan isinya. Apabila isinya berupa sayuran beku, maka chiller akan diletakkan di area sayuran, nugget, dan makanan beku lainnya.

Tips Menggunakan Showcase

Pexels Photo 6097827

Showcase adalah salah satu jenis perlengkapan toko bakery dan pastry yang harganya relatif tidak murah. Oleh sebab itu, Anda perlu memanfaatkan fungsi showcase sebaik mungkin dan seefisien mungkin. Dibawah ini terdapat beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam menggunakan showcase untuk menyimpan bahan makanan atau produk makanan yang Anda jual.

  • Letakkan showcase yang berisi produk makanan Anda pada tempat yang paling strategis dan banyak dilihat oleh konsumen. Dengan begitu, hal ini akan membantu meningkatkan jumlah konsumen yang berkunjung ke toko Anda dan secara otomatis penjualan pun akan mengalami peningkatan.
  • Atur posisi makanan atau minuman yang Anda jual dengan cara memberikan jarak antara satu sama lain sehingga tidak terlalu berdempetan. Dengan demikian, produk yang dipajang pun terlihat rapi dan cantik ketika dipandang oleh konsumen.
  • Perhatikan tempat dimana showcase diletakkan. Hindari meletakkan showcase pada area yang dekat panas atau benda mudah panas misalnya seperti oven atau kompor, tujuannya untuk menjaga showcase agar tetap awet.
  • Merawat showcase Anda dengan rutin membersihkannya terutama pada bagian evaporator serta karet pintu kacanya. Jika perlu, Anda bisa melakukan servis pengecekan secara berkala untuk memastikan bahwa sambungan kabel daya listrik dan juga keseluruhan mesin masih bisa berfungsi dengan baik.

Itu dia informasi tentang fungsi showcase untuk usaha bakery Anda. Penggunaan showcase sendiri sangat penting, selain menjaga kualitas kue dan roti juga meningkatkan nilai jual usaha Anda.

Baca Juga: Apa Saja Kue yang Bisa Dijadikan Bisnis

Terdapat berbagai ukuran showcase yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti Upright Showcase dari Sinar Himalaya yang terdiri dari lima rak. Anda dapat memajang berbagai jenis kue dan roti untuk disajikan kepada konsumen.

Sinar Himalaya sebagai distributor peralatan bakery ternama di Indonesia tidak hanya menyediakan berbagai jenis showcase, Sinar Himalaya menyediakan layanan teknisi yang akan membantu proses pemasangan showcase di toko Anda. Hubungi kami sekarang juga untuk solusi usaha bakery Anda.

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp