Blast Freezer: Pengertian, Kelebihan, Fungsi, dan Cara Memakainya

Blast freezer adalah mesin pembeku makanan seperti ikan,daging dan produk pastry & bakery seperti adonan roti, mousse cake, jelly dan lainnya. Kelebihan menggunakan alat atau mesin ini adalah memanfaatkan aliran konveksi sehingga efisien dalam menjangkau temperatur suhu dinginnya hingga ke seluruh bagian dalam mesin. Pembekuan ini dilakukan untuk mencegah berkurangnya kandungan cairan pada bahan makanan seperti daging dan ikan dan produk pastry & bakery lainnya.

Mari simak beragam informasi seputar blast freezer yang cocok digunakan untuk bisnis pengolahan daging, ikan, catering, restoran, pastry& bakery dan juga hotel.

Apa itu Blast Freezer?

Blast freezer atau mesin pembeku dengan cepat dan dapat menjaga kesegaran bahan makanan seperti daging ,ikan dan produk pastry & bakery lainnya.Cara kerjanya yaitu menghembuskan udara dingin dengan temperatur maksimal -35 derajat celcius atau tergantung dengan karakteristik bahan makanannya. Udara dingin tersebut berasal dari kipas angin yang telah melewati evaporator.

Jadi, blast freezer merupakan mesin pembeku yang menjaga kesegaran bahan makanan Tidak hanya itu, blast freezer dapat mencegah perubahan warna dan rasa pada bahan makanan tersebut, serta mencegah terjadinya perkembangan bakteri yang menyebabkan pembusukan.

Baca Juga: Mengenal Fungsi Showcase Untuk Usaha Bakery

Apa Saja Kelebihan dari Blast Freezer?

Blast freezer dapat membekukan makanan secara cepat sebelum dimasukkan ke dalam freezer room untuk penyimpanan. Pembekuan cepat ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya sebagai berikut.

1. Menjaga Kualitas Makanan

Proses pembekuan yang menggunakan teknologi flash freezer dapat menjaga kesegaran semua makanan yang dibekukan.Bahkan dapat mencegah terjadinya kerusakan selama proses pembekuan berlangsung. Makanan yang akan dibekukan perlu dijaga kebersihannya sebelum memasukan ke mesin blast freezer agar tidak mengotori mesin dan terkontaminasi ke bahan makanan lain.

2. Membekukan Bahan Makanan dalam Jumlah Besar

Mesin pembeku terdiri dari berbagai ukuran yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Namun, untuk pembekuan seperti daging atau ikan segar dalam kapasitas besar hanya membutuhkan waktu sekitar 8 jam saja dan suhu yang dihasilkan pun bisa mencapai hingga -40 °karena proses pembekuannya sangat cepat.

3. Menekan Biaya Pengeluaran Bagi Industri Pengolahan makanan.

Bagi para pebisnis yang bergerak pada industri pengolahan makanan seperti daging, ikan, dan produk pastry & bakery tentu sangat memerlukan mesin pembeku ini. Tujuannya untuk menekan biaya pengeluaran apabila daging dan ikan belum terjual semuanya atau mempercepat proses produksi pastry & bakery lainnya.Hal ini karena mesin pembeku dapat mencegah terjadinya kerusakan pada makanan serta menjaga kualitas makanan dalam waktu yang cukup lama.

Apa Saja Fungsi Blast Freezer?

1. Menjaga Kelembapan makanan seperti daging,ikan dan lainnya.

Kandungan cairan dalam daging dan ikan perlu dijaga kelembapannya supaya tetap tinggi, terutama sebelum diolah atau dijual kepada konsumen. Kandungan cairan tersebut tidak akan berkurang apabila dibekukan dengan metode blast freezer

2. Menjaga Warna dan Rasa

Apabila makanan tidak disimpan dalam keadaan beku terutama daging dan ikan, maka akan berpengaruh terhadap perubahan warna dan rasanya. Supaya awet dan tahan lama, warna dan rasa pada bahan makanan tersebut perlu dijaga, salah satunya dengan proses pembekuan.

3. Menghambat Pertumbuhan Bakteri Penyebab Pembusukan

Khususnya daging dan ikan merupakan bahan pangan yang paling mudah rusak dan membusuk, karena kandungan airnya yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, diperlukan cara untuk menghambat dan menghentikan aktivitas mikroorganisme seperti bakteri yang dapat menyebabkan penurunan kualitas pada bahan makanan tersebut.

Cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kualitas bahan pangan tersebut yaitu dengan pembekuan. Hal ini dapat membantu mengontrol kadar air dalam daging dan ikan khususnya, sehingga aktivitas bakteri akan terhambat atau bahkan berhenti.

Baca Juga: Apa Itu Dough Sheeter, Bagaimana Cara Kerjanya?

Bagaimana Cara Memakai Blast Freezer dengan Tepat?

Cara membekukan daging, ikan atau makanan lainnya dengan menggunakan blast freezer cukup mudah. Namun, terdapat beberapa tahapan yang perlu diperhatikan. Berikut ini cara menggunakan blast freezer dengan tepat.

1. Atur Suhu pada Mesin Pembeku

Atur suhu sesuai kebutuhan, tetapi untuk rekomendasi yaitu maksimal -35 derajat celcius. Pengaturan suhu ini sebenarnya tergantung dengan karakteristik bahan pangan yang akan dibekukan. Bahkan bisa lebih dari suhu rekomendasi untuk membekukan berbagai jenis makanan.

2. Bersihkan Daging,Ikan atau makanan lainnya terlebih Dahulu

Daging dan ikan yang akan dibekukan perlu dibersihkan terlebih dahulu menggunakan air dingin agar suhunya turun. Proses membersihkan daging dan ikan ini berguna untuk menghindari terjadinya kerusakan, seperti perubahan warna dan rasa.

3. Masukkan Daging, Ikan / makanan lainnya pada Mesin Pembeku

Masukkan daging dan ikan yang suhunya sudah turun pada mesin pembeku. Untuk ikan bisa disimpan dengan cara digantung di atas dua penyangga menggunakan tali. Setiap penyangga dapat menopang sekitar sepuluh ikan hingga berbobot 50 kg.

4. Keluarkan Daging,ikan / makanan lainnya.

Apabila daging, ikan atau produk lainnya sudah membeku, keluarkan dari mesin blast freezer tersebut. Lalu, simpan di freezer room untuk tetap menjaga suhunya. Untuk memastikan bahan pangan tersebut membeku dengan sempurna, Anda dapat membiarkannya selama kurang lebih 8 jam dengan suhu -35 derajat celcius.

Demikian informasi mengenai penggunaan blast freezer dalam menjaga bahan pangan seperti daging,ikan dan pruduk lainnya tetap dalam kondisi segar. Blast freezer adalah proses pembekuan yang wajib dilakukan bagi para pemilik bisnis dalam industri pengolahan daging, ikan resto, pastry & bakery, hotel atau industri makanan lainnya. Tentunya untuk menjaga bahan pangan tersebut tetap awet dan tahan lama.

Baca Juga: 4 Cara Menguleni Adonan Roti dengan Mixer

Proses pembekuan dengan kapasitas bahan pangan 500 – 1000 kg per cycle dapat dilakukan menggunakan mesin Blast Freezer BCF – 270D dari Sinar Himalaya. Terbuat dari material stainless steel, sehingga pemakaiannya lebih awet dan tahan lama. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapat informasi lebih lanjut.

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp