Dalam menjalankan usaha kuliner seperti bakery, pemilihan alat yang tepat dapat memengaruhi waktu produksi yang lebih efektif dan efisien. Salah satu alat yang wajib Anda miliki yaitu dough sheeter. Dough sheeter adalah mesin pengepres atau pembuat lembaran adonan untuk pembuatan pizza, pondan, pie, croissant, dan sejenisnya.

Mesin ini akan sangat membantu Anda dalam membuat adonan roti dalam jumlah yang cukup banyak. Mari simak beragam informasi seputar mesin satu ini, mulai dari fungsi hingga cara kerjanya.

Apa itu Dough Sheeter?

Dough sheeter merupakan alat yang digunakan untuk memipihkan adonan dengan ketebalan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk industri bakery berskala besar, menggunakan mesin ini akan memberi banyak keuntungan, lantaran bisa mempersingkat waktu produksi. Bahkan dough sheeter dapat menghasilkan lembaran adonan dalam jumlah yang banyak dalam sekali penggunaan. Lembaran adonan yang dihasilkan pun halus dan merata.

Berdasarkan cara kerjanya, mesin ini terdiri dari dua jenis yaitu manual dan otomatis. Beberapa mesin dough sheeter dari Sinar Himalaya telah dilengkapi dengan pemotong atau pencetak, sehingga Anda tidak perlu memotong adonan secara manual lagi.

Baca Juga: Mengenal Fungsi Showcase untuk Usaha Bakery

Apa Saja Fungsi dari Dough Sheeter?

Dough sheeter dapat menipiskan adonan dengan berbagai ukuran dan ketebalan. Selain itu, mesin ini dapat digunakan untuk menipiskan jenis adonan apa pun. Berikut beberapa fungsi dari dough sheeter untuk bisnis bakery Anda.

1. Dapat Digunakan untuk Menipiskan Segala Jenis Adonan

Usaha bakery biasanya memproduksi berbagai jenis roti, mulai dari roti western, puff pastry, croissant, dan aneka menu bakery lainnya. Jenis roti seperti puff pastry biasanya dibuat menggunakan teknik laminated dough atau laminasi adonan, yaitu proses melipat mentega ke adonan beberapa kali untuk menciptakan lapisan mentega dan adonan yang sangat tipis. Proses laminasi ini dapat dilakukan dengan mudah jika menggunakan dough sheeter. 

Jadi, penggunaan dough sheeter sebagai salah satu alat penunjang usaha bakery sangatlah penting, karena dapat membantu proses laminasi dan menipiskan berbagai jenis adonan dengan mudah dan cepat.

2. Dapat Menipiskan Adonan Hingga Ketebalan 0.33 mm

Dough sheeter dapat membantu Anda menipiskan adonan setipis mungkin, bahkan hingga ketebalan 0.33 mm. Dalam usaha bakery, ketebalan adonan tersebut dapat digunakan dalam pembuatan kulit lumpia. Selain untuk kebutuhan pembuatan roti, dough sheeter bermanfaat dalam proses pembuatan kulit untuk dimsum, mie, dan pastel.

3. Dapat Memindahkan Adonan Secara Otomatis

Cara kerja dough sheeter yaitu meratakan adonan dengan mendorongnya di antara roll. Adonan yang diratakan ini dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain secara otomatis tanpa bantuan Anda. Meski berpindah tempat, adonan akan tetap higienis.

4. Dapat Mengembalikan Adonan yang Tidak Sesuai Ukuran

Selain memindahkan adonan untuk diratakan, dough sheeter dapat mengembalikan adonan yang tidak sesuai dengan ukuran yang telah ditetapkan. Adonan tersebut dapat diolah kembali dan disesuaikan dengan ukuran yang sama.

Baca Juga: Blast Freezer: Pengertian, Kelebihan, Fungsi, dan Cara Memakainya

Apa Saja Kelebihan Dough Sheeter?

Salah satu kelebihan menggunakan dough sheeter merupakan menipiskan adonan dengan waktu yang singkat, sehingga proses pembuatan roti pun lebih efektif dan efisien. Tidak hanya itu, terdapat beberapa kelebihan lain yang dapat Anda rasakan saat menggunakan mesin dough sheeter ini. Simak kelebihannya di bawah ini.

1. Tahan Karat dan Mudah Dibersihkan

Bagian table top pada dough sheeter terbuat dari stainless steel yang memiliki sifat anti karat, anti korosi, serta lebih mudah untuk dibersihkan. Tidak hanya itu, bahan stainless steel aman digunakan pada bahan makanan.

2. Penipisan Adonan Lebih Cepat

Lintasan mesin penipis adonan pada mesin dough sheeter bisa berjalan dua arah. Hal inilah yang membuat proses penipisan adonan berlangsung sangat cepat, bahkan dalam hitungan menit saja. Hal ini memungkinkan Anda memproduksi berbagai jenis roti dalam waktu yang bersamaan apabila memiliki lebih dari satu mesin.

3. Memiliki Dimensi Roll yang Luas

Dimensi roll pada mesin penipis adonan dough sheeter cukup luas, sehingga memudahkan Anda dalam menipiskan adonan secara merata. Selain itu, lintasan mesin dough sheeter menggunakan jenis roll yang mudah dibersihkan. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam merawat mesin tersebut.

4. Hemat Tenaga

Untuk industri bakery berskala besar, menggunakan mesin penipis adonan dough sheeter dapat menghemat anggaran serta menghemat tenaga. Dalam hal ini, Anda tidak perlu menipiskan adonan secara manual, karena mesin ini akan bekerja secara otomatis dengan bantuan aliran listrik. Anda hanya perlu mengecek apakah ketebalan adonan roti tersebut sudah sesuai atau belum.

Jenis-jenis Mesin Penipis Adonan

Sebelum Anda memutuskan memiliki mesin dough sheeter untuk keperluan bisnis Anda, ada baiknya Anda menyesuaikannya dengan kebutuhan sehingga nantinya fungsi dari dough sheeter ini dapat optimal. Berikut ini adalah jenis-jenis mesin dough sheeter beserta spesifikasinya yang perlu diketahui.

1. Table Top Dough Sheeter

Tsp 380 300x300

Table Top Dough Sheeter adalah mesin yang sering digunakan untuk menge-press adonan hingga berbentuk lembaran tipis. Adonan tipis tersebut biasanya dipakai untuk berbagai jenis kulit makanan, seperti lumpia, risoles, pangsit, dan lainnya. Mesin dough sheeter ini sangat cocok digunakan untuk bisnis kuliner.

2. European Style Dough Sheeter

M0.S30.00361 300x300

European Style Dough Sheeter merupakan alat yang berguna untuk memipihkan adonan menjadi bentuk lembaran-lembaran. Selain dapat mempersingkat waktu pengerjaan, jenis dough sheeter satu ini juga memiliki beberapa keunggulan. Beberapa keunggulan tersebut diantaranya seperti memiliki kisi pengaman yang bisa melindungi dari cidera, alat yang dapat dibongkar pasang dengan mudah sehingga mudah dibersihkan, dan dapat dilipat ketika sudah digunakan yang dimana menghemat ruang.

3. Heavy Duty Dough Sheeter with Touch Series

Shm 620a 1 1 1 3

Heavy Duty Dough Sheeter With Touch Series memiliki kelebihan yakni dapat dioperasikan menggunakan tuas manual dan juga alas kaki. Sehingga hal tersebut membuat produksi bisnis Anda lebih cepat, efisien, dan efektif. Selain itu, Anda juga bisa mengatur tingkat ketebalan adonan sesuai kebutuhan dengan waktu yang lebih singkat.

4. Light Duty Dough Sheeter

Sm 520ss 300x300

Light Duty Dough Sheeter adalah versi ringan dan dari Heavy Duty Dough Sheeter yang berfungsi untuk menipiskan berbagai macam jenis adonan dan harga dari mesin ini relatif lebih terjangkau dibanding jenis dough sheeter lainnya.

Cara Perawatan Mesin Dough Sheeter

Dalam setiap bisnis atau usaha apapun pasti memiliki peralatan atau mesin sebagai alat produksi. Salah satu peralatan  yang digunakan dalam bisnis pastry dan bakery adalah mesin dough sheeter. Mesin ini dapat digunakan dalam waktu yang panjang jikalau mesin dirawat dengan baik. Berikut cara merawat mesin dough sheeter secara baik dan benar.

  • Gunakan settingan ketebalan conveyor untuk memipihkan adonan 20-25% dari ketebalan adonan yang akan dipipihkan.
  • Lakukan pengecekan pada bagian conveyor belt mesin untuk memastikan apakah belt tersebut terpasang dengan benar.
  • Lakukan pengecekan pada bagian motor dan puli penggerak roda gigi mesin dough sheeter, apakah belt yang menghubungkan kedua komponen tersebut masih terpasang dengan baik.
  • Lakukan pengecekan pada bagian roda gigi penggerak conveyor belt untuk memastikan apakah baut-bautnya kendor atau tidak. Jika kendor, maka Anda perlu mengencangkan baut-baut tersebut. Serta pada bagian ini, Anda juga perlu mengecek apakah pelumasnya masih tersedia atau tidak.
  • Lakukan pembersihan pada bagian conveyor belt setiap kali mesin selesai digunakan dengan menggunakan bahan yang lembut dan tidak berbau dan cocok untuk makanan.
  • Sebelum membeli atau menggunakan mesin dough sheeter pastikan tegangan listrik rumah atau pabrik sesuai dengan tegangan kerja dough sheeter.

Baca Juga: Apa Saja Kue yang Bisa Dijadikan Bisnis

Demikian informasi mengenai mesin dough sheeter beserta fungsi dan kelebihannya. Dough sheeter adalah salah satu alat penunjang usaha bakery yang berperan penting dalam mempercepat proses pembuatan roti di toko Anda. Selain itu, adonan tersebut akan mencapai batas ketebalan yang telah ditetapkan secara merata. Adonan dengan ketebalan yang merata tentu akan menghasilkan roti dengan kematangan yang merata juga.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat menggunakan Automatic Dough Sheeter dari Sinar Himalaya dengan ukuran dimensi yang cukup luas. Tentunya untuk memudahkan Anda dalam menipiskan adonan secara merata serta mudah dibersihkan.

Sinar Himalaya merupakan distributor peralatan bakery ternama di Indonesia dengan kualitas alat terbaik di kelasnya. Hubungi kami secara langsung untuk mendapat informasi lebih lanjut.

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp