Bagi Anda yang memiliki hobi membuat dessert atau makanan penutup, terdapat berbagai macam kue yang bisa dijadikan bisnis. Kue adalah salah satu makanan penutup yang diminati sebagian besar orang. Hal ini menjadi peluang yang besar bagi Anda yang memiliki kemampuan membuat hidangan penutup dengan rasa yang menjanjikan.

Masih kesulitan dalam menentukan untuk menjual kue apa yang memiliki banyak peminat dan laris di pasaran? Artikel Sinar Himalaya kali ini akan memberikan beberapa ide bisnis kue untuk Anda.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Kue?

Memulai bisnis kue tidak jauh berbeda dengan bisnis jenis makanan lainnya. Hanya saja, terdapat beberapa hal khusus yang harus diperhatikan dalam mendirikan sebuah bisnis makanan terutama kue. Terlebih pada sistem pemesanan dan pengelolaan makanan yang belum terjual.

Hal tersebut mengharuskan Anda memiliki perencanaan usaha yang matang termasuk juga segala pertimbangan tempat, modal, jumlah produksi, hingga target pasar. Strategi yang telah direncanakan ini nantinya dapat menjadi pedoman berjalannya usaha kue.

Selanjutnya, hal yang tidak kalah penting dalam memulai bisnis kue adalah menentukan jenis kue yang akan dijual. Dalam bagian ini, Anda dapat menentukan jenis kue berdasarkan kemampuan dalam membuat kue tersebut. Selain rasa, tampilan kue juga menjadi salah satu nilai jual, sehingga dibutuhkan kemampuan yang sama dalam menentukan kualitas rasa dan menciptakan visual.

Baca Juga: Apa Itu Dough Sheeter, Bagaimana Cara Kerjanya? 

Anda juga dapat menentukan jenis kue berdasarkan tren atau permintaan tertinggi pada waktu tertentu. Karena melihat peluang juga merupakan salah satu poin penting yang harus diterapkan ketika berencana memulai bisnis. Selanjutnya, Anda juga harus memikirkan promosi yang baik dan sesuai dengan target pasar. Dengan demikian, pesan pada iklan dapat tersampaikan dan akan ada lebih banyak orang yang mengetahui produk Anda.

Apa Saja Manfaat dari Memiliki Bisnis Kue?

Selain peningkatan pendapatan, terdapat beberapa manfaat yang diberikan saat Anda memiliki bisnis kue. Adapun manfaat memiliki bisnis kue sendiri antara lain:

1. Pasar yang Luas

Kue merupakan salah satu makanan yang dapat dikonsumsi kapan saja dan di mana saja. Selain menjadi hidangan penutup, beberapa orang juga menjadikannya sebagai cemilan bahkan makanan utama. Fleksibilitas inilah yang menjadikan kue sebagai makanan dengan peluang usaha tertinggi, sebab siapa pun dapat menikmatinya.

2. Kecilnya Risiko

Kue memiliki tingkat risiko yang lebih kecil dibanding bisnis makanan lainnya, terutama pada kue kering. Kue kering memiliki ketahanan yang cukup lama, sehingga Anda masih tetap dapat menjualnya dalam jangka waktu panjang.

Apa Saja Jenis Kue yang Bisa Dijadikan Bisnis?

Apabila Anda telah yakin untuk memiliki bisnis kue, berikut ini merupakan rekomendasi kue yang dapat menjadi pilihan bisnis dengan peminat yang cukup banyak:

1. Brownies

Brownie Dessert Cake Sweet 45202

Kue cokelat yang satu ini menjadi kue yang banyak digemari orang. Brownies dapat disebut sebagai kue yang tidak ada matinya sebab setiap tahunnya, peminat kue ini justru semakin meningkat dan tidak pernah hilang. Jenis kue ini cocok untuk Anda yang ingin menjalani bisnis rumahan atau masih dalam tahap belajar karena proses pembuatannya yang cukup mudah.

Baca Juga: 4 Cara Menguleni Adonan Roti dengan Mixer

2. Donat

Pexels Photo 1395323

Donat juga merupakan salah satu kue yang mudah untuk dibuat dan memiliki modal yang kecil. Hanya dengan menggunakan tepung terigu, telur, air, gula, dan ragi sebagai bahan adonan, Anda sudah bisa untuk memulai bisnis kue donat. Untuk menciptakan ciri khas yang berbeda dari penjual donat lainnya, Anda dapat kreasikan donat dengan berbagai macam topping di atasnya seperti kreasi coklat, keju, kacang, dan sebagainya.

3. Kue Ulang Tahun

Pexels Photo 140831

Kue ulang tahun adalah salah satu bisnis yang akan terus berjalan dan berkembang. Dalam menjalankan bisnis ini, Anda dapat menerapkan sistem pre-order agar kue dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan pesanan.

4. Kue Kering

Pexels Photo 266706

Kue kering atau cookies menjadi salah satu jenis kue yang banyak dicari terutama pada hari besar keagamaan. Peluang bisnis kuliner ini dapat Anda manfaatkan untuk menjual produk kue kering Anda dan mendapatkan keuntungan, sehingga pembuatan kue kering tidak hanya digunakan sebagai konsumsi pribadi saja. Pastikan pengemasan kue kering dilakukan dengan baik dan menarik.

5. Dessert Box

099377600 1629434369 Shutterstock 1764235190

Image Source: https://www.fimela.com/food/read/4636599/resep-dessert-box-oreo-sederhana

Belakangan ini, jenis kue dalam kotak atau biasa disebut dessert box sedang menjadi inovasi baru dalam bisnis kue kekinian. Dessert box berhasil menarik minat pelanggan untuk mencoba, maka dari itu manfaatkan peluang ini untuk menciptakan brand dessert box Anda sendiri dengan berbagai varian dan kualitas rasa yang enak.

6. Kue Basah

Kue Basah

Image Source: https://www.bfi.co.id/id/blog/8-tips-sukses-memulai-usaha-jajanan-pasar-tradisional-pasti-untung

Walaupun zaman semakin berkembang, kue tradisional seperti kue basah dan jajanan pasar masih menjadi pilihan tepat bagi sebagian orang, khususnya ketika menghelat acara-acara penting. Oleh sebab itu, bisnis kue basah ini telah mendorong banyak orang untuk mencoba menggelutinya dengan menyuguhkan cita rasa dan ciri khasnya tersendiri di tengah persaingan yang cukup sengit.

Itu dia berbagai rekomendasi kue yang bisa dijadikan bisnis untuk Anda coba sebagai salah satu sumber pendapatan tambahan. Pastikan dalam menciptakan sebuah produk makanan, Anda telah memiliki keahlian dan kelengkapan peralatan dalam membuatnya agar dapat menghasilkan rasa yang enak dan menarik minat pelanggan.

Baca Juga: Mengenal Fungsi Showcase untuk Usaha Bakery

Untuk mendukung seluruh proses produksi kue dalam bisnis Anda, lengkapi segala kebutuhan peralatan dapur dan packaging melalui Sinar Himalaya. Sinar Himalaya merupakan distributor peralatan bakery dari berbagai brand ternama di Indonesia dengan kualitas alat yang terbaik dibidangnya. Hubungi kami sekarang juga untuk berbagai informasi produk selengkapnya.

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp