5 Rekomendasi Oven Listrik yang Hemat Listrik

Bagi Anda yang hobi membuat roti dan kue, Anda wajib memiliki oven listrik untuk mendapatkan kematangan yang sempurna. Hal ini karena oven listrik dilengkapi dengan fitur pengatur suhu dan waktu yang membuat kematangan roti dan kue jadi lebih konsisten. Ada beberapa rekomendasi oven listrik terbaik dari Sinar Himalaya yang bisa Anda gunakan.

Namun, sebelum memilih jenis oven listrik yang tepat, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu apa itu oven listrik dan bagaimana cara kerjanya. Kalau begitu, mari simak definisi oven listrik serta kelebihannya di bawah ini.

 

Apa Itu Oven Listrik?

 

Oven listrik merupakan alat yang digunakan untuk memasak atau memanggang makanan dengan menggunakan panas yang dihasilkan oleh daya listrik. Adapun pilihannya, oven listrik biasanya memiliki beberapa pilihan suhu yang dapat dipilih sesuai dengan jenis makanan yang akan dipanggang.

Tidak itu saja, oven listrik juga biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur seperti pemanggang, pemutar roti, pengering, dan lain-lain. Oleh karena itu, oven listrik bisa menjadi pilihan yang praktis untuk memasak makanan di rumah, terutama jika Anda memiliki hobi membuat kue dan roti. Bisa juga Anda gunakan untuk memanggang roti dalam waktu yang cepat bagi yang memiliki usaha bakery. 

 

Baca Juga: Oven Toaster: Fungsi, Kelebihan dan Cara Kerjanya

 

Apa Saja Kelebihan dari Oven Listrik?

 

Mengoperasikan oven listrik bisa dikatakan cukup mudah, Anda hanya perlu mengatur suhu dan waktu memanggang sesuai dengan yang Anda inginkan. Ini menjadi salah satu kelebihan oven listrik yang membuat banyak orang memilikinya. Adapun kelebihan lainnya akan diuraikan lebih lanjut berikut ini.

1. Aman Digunakan

Oven listrik tidak memiliki risiko kebakaran atau kebocoran gas, sehingga lebih aman digunakan jika dibandingkan dengan oven gas. Namun, penggunaan oven ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Satu hal yang pasti, oven listrik lebih aman saat dioperasikan.

2. Kualitas Pemanggangan yang Lebih Baik

Saat kamu memanggang menggunakan oven listrik, kualitas kematangan makanan akan lebih merata. Hal ini karena oven listrik cenderung menghasilkan panas yang lebih merata juga, sehingga membuat makanan yang dipanggang akan terasa lebih lezat.

3. Kemudahan dalam Membersihkan

Oven listrik biasanya dilengkapi dengan lapisan anti lengket pada bagian dalamnya, sehingga Anda akan lebih mudah saat membersihkannya, terutama ketika Anda telah selesai memasak maupun memanggang. Bersihkan dengan cara dilap menggunakan kain bersih secara detail dan perlahan.

.

Baca juga: Oven Gas VS Oven Listrik? Mana yang Lebih Baik?

 

4. Tersedia dalam Berbagai Ukuran

Kelebihan lain dari oven listrik yaitu tersedia dalam berbagai ukuran. Anda bisa memilih oven listrik yang sesuai dengan kebutuhan dan ukuran dapur Anda. Jika Anda sering membuat roti dan kue di rumah, Anda bisa menggunakan ukuran oven listrik yang kecil. Sedangkan jika Anda memiliki usaha bakery, Anda dapat memilih oven listrik dengan ukuran yang lebih besar, setidaknya tersedia 3 rak untuk beberapa tray. 

5. Memiliki Berbagai Fungsi

Beberapa model oven listrik dilengkapi dengan berbagai fungsi layaknya oven toaster seperti pemanggang, penghangat, dan defrost, sehingga sangat praktis untuk digunakan dalam memasak.

6. Hemat Energi

Oven listrik umumnya memiliki fitur low watt atau daya rendah yang mampu menghemat energi daripada oven konvensional, karena oven listrik hanya memanaskan ruang dalam oven dan tidak memanaskan dapur secara keseluruhan.

 

Baca Juga: Mengenal Macam-macam Oven untuk Memanggang

 

Tips untuk Memilih Oven Listrik Terbaik 

 

Dalam memilih oven listrik terbaik, penting bagi Anda mengetahui kebutuhan dalam menggunakan oven listrik tersebut. Jika Anda ingin membuat roti dan kue yang lebih sering untuk keperluan usaha bakery, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

1. Pilih Oven dengan Fitur yang Anda butuhkan

Oven listrik biasanya tersedia dalam berbagai fitur, seperti pemutar roti, pengering, penghangat makanan, dan lain sebagainya. Pilih oven yang memiliki fitur yang Anda butuhkan saja, agar tidak membeli oven yang terlalu mahal dan penggunaan listrik yang terlalu besar.

2. Lihat Tingkat Keefektifan Energi

Pilih oven listrik dengan efisiensi energi. Pasalnya, oven listrik yang efisien akan menghemat biaya listrik dalam jangka panjang. Cari tahu apakah oven yang Anda pertimbangkan memiliki label Energy Star atau sertifikat efisiensi energi lainnya.

Sebagai informasi tambahan, jumlah daya listrik yang diperlukan merupakan hasil dari daya pemanas bagian bawah dan atas. Misalkan, oven berdaya listrik 800 watt merupakan kombinasi dari jumlah daya listrik pemanas atas sebesar 400 watt, dan juga daya listrik pemanas bawah sebesar 400 watt. Jika Anda menggunakan salah satu pemanas saja, maka hal itu akan menghemat energi.

3. Baca Ulasan dan Bandingkan Harga

Penting bagi Anda untuk membaca ulasan dari orang lain yang sudah menggunakan oven yang Anda pertimbangkan. Bandingkan juga harganya dengan oven lain yang tersedia di pasaran. Ini akan membantu Anda menemukan oven terbaik dan paling hemat biaya.

4. Perhatikan Ukuran

Pastikan ukuran oven yang Anda pilih sesuai dengan ukuran dapur Anda. Jangan membeli oven yang terlalu besar atau terlalu kecil, karena ini dapat menyebabkan masalah dalam menggunakannya. Oven dengan ukuran sedang atau mini oven dapat mengakomodir kebutuhan Anda dengan lebih maksimal.

5. Garansi Servis

Penting juga untuk memperhatikan garansi servis yang diberikan saat Anda hendak membeli oven listrik terbaik. Pastikan Anda mendapatkan garansi servis tersebut, sebagai jaminan oven listrik yang Anda miliki berkualitas baik dan bisa diperbaiki dengan cepat apabila ada kerusakan tanpa harus menambah biaya lagi.

6. Pertimbangkan Suhu Maksimum Oven Listrik

Ketika memilih oven listrik, perhatikan berapa suhu maksimum yang ditawarkan. Suhu maksimum oven listrik low watt berkisar antara 230–250°C, sedangkan suhu minimumnya sekitar 100°C. Jika suhunya makin tinggi, maka semakin variatif pula masakan yang dapat Anda buat.

7. Pertimbangkan Kapasitas yang Ditawarkan

Tentunya, oven listrik memiliki kapasitas lebih kecil dibanding oven gas. Biasanya, oven listrik yang kecil memiliki kapasitas antara 9-38 liter. Pastikan Anda mengetahui kapasitas yang sesuai kebutuhan Anda sebelum membelinya.

 

Baca Juga: Rekomendasi Oven Gas dengan Kualitas Terbaik

 

Rekomendasi Oven Listrik dari Sinar Himalaya

 

Setelah mengetahui kelebihan dari oven listrik, kini saatnya Anda memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa rekomendasi oven listrik Sinar Himalaya mulai dari 1 deck hingga 4 decks. Supaya Anda bisa memilihnya dengan tepat, mari simak kelebihan dari oven listrik yang disediakan Sinar Himalaya berikut ini.

1. Electric Deck Oven Sinmag 1 Deck

Electric Deck Oven Sinmag 1 Deck 1

Oven listrik dengan 1 deck ini dapat Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan pemanggangan dalam jumlah kecil. Electric Deck Oven Sinmag 1 Deck juga sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu menyambungkannya dengan sumber listrik, lalu mengatur suhu dan waktu yang diperlukan.

Fitur-fiturnya juga cukup lengkap untuk menunjang kebutuhan Anda saat memasak dan memanggang. Fitur yang dimaksud seperti deck yang mudah dilepas, terdapat pintu dengan jendela terbuka yang memudahkan Anda dalam proses pemanggangan, serta ruang pemanggangan yang mudah dirawat.

2. Electric Injection Combi Oven 7 Pan

Electric Injection Combi Oven 7 Pan 1

Oven listrik jenis ini memiliki fungsi lebih dari oven biasa. Selain untuk memanggang, oven listrik Electric Injection Combi Oven 7 Pan dapat digunakan untuk steam, frying, proofing, dan grill. Berbagai fitur yang disematkan pada oven listrik bisa membuat Anda lebih hemat waktu dalam proses pemanggangan.

Selain itu, oven listrik ini dapat memudahkan Anda juga dalam membuat berbagai macam masakan yang diinginkan. Apalagi tersedia 7 tray dengan ukuran 600 mm x 400 mm, sehingga Anda bisa memasak dan memanggang dengan lebih cepat.

3. Electric Baking Oven 4 Decks – Steel Door

Electric Baking Oven 4 Decks – Steel Door

Oven listrik yang satu ini terdiri dari 4 decks untuk 12 tray. Dilengkapi juga dengan fitur-fitur yang dapat menunjang bisnis bakery Anda. Di antaranya memiliki pintu berlapis kaca penuh dengan jendela terbuka ke bawah untuk mengakses ruang pemanggangan.

Sistem uap individu pada 1 deck juga dapat beroperasi secara independen. Selain itu, terdapat roda pada bagian bawahnya, sehingga Electric Baking Oven 4 Decks – Steel Door ini mudah untuk dipindahkan.

4. ETE523W 5 Pan Electric Injection Combi Oven

ETE523W 5 Pan Electric Injection Combi Oven

Oven ini bertenaga listrik yang memiliki fungsi lebih dari oven biasa, karena selain untuk memanggang oven ini memiliki beberapa fungsi lainnya, yakni steam, frying, proofing, dan grill. Sehingga oven ETE523W 5 ini dapat menghemat waktu  dan memudahkan anda membuat berbagai macam masakan yang diinginkan.

5. Sk2-p924h Electric Deck Oven

Sk2 P924h Electric Deck Oven

Oven listrik ini merupakan oven yang menggunakan listrik sebagai penghasil panas sehingga nyaman dan mudah digunakan, terdiri dari 4 deck dengan 2 tray disetiap decknya. Oven ini memiliki fitur-fitur yang dapat menunjang bisnis bakery anda , antara lain : memiliki deck yang dapat dilepas pasang, pintu berbahan stainless steel dengan jendela terbuka ke bawah untuk mengakses ruang pemanggangan, sistem uap individu di setiap deck beroperasi secara independen, terdapat roda di bagian bawah oven agar mudah dipindahkan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Apakah rekomendasi oven listrik dari Sinar Himalaya sudah cukup membantu Anda dalam menentukan oven listrik terbaik? Masih ada berbagai jenis oven listrik lainnya dengan jumlah tray yang lebih banyak, sehingga proses pemanggangan kue dan roti dapat dilakukan dengan lebih cepat. Kunjungi website Sinar Himalaya sekarang juga untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai rekomendasi oven listrik terbaik!

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp