Cara Mengatasi Adonan Nastar yang Pecah Ketika Dibuat

Cara Mengatasi Adonan Nastar Yang Pecah

Nastar termasuk salah satu kue yang digemari banyak orang. Kehadiran kue nastar bahkan sangat ditunggu, terutama ketika hari raya Lebaran dan Natal tiba. Biasanya, banyak orang membuat kue nastar sendiri. Namun, tidak jarang dalam proses pembuatannya mengalami kendala, seperti adonan nastar yang pecah. Nah, supaya proses pembuatan adonan tidak mengalami kendala, mari cari tahu cara mengatasi adonan nastar yang pecah di bawah ini.

Apa Penyebab Adonan Nastar yang Sulit Dibentuk?

Apabila kue nastar sulit dibentuk dan terlalu melebar, biasanya disebabkan butter yang Anda gunakan untuk membuat adonan meleleh sebelum dimasukkan ke dalam adonan. Mengingat butter sendiri memiliki titik leleh yang rendah, sehingga akan mudah mencair apabila disimpan pada suhu ruang. Adapun penyebab adonan nastar sulit dibentuk akan diuraikan di bawah ini. 

Baca Juga: Mengenal Fungsi Showcase untuk Usaha Bakery

1. Butter Tidak Beku Saat Dimasukkan ke Dalam Adonan

Pada dasarnya, semua kue yang mengandung butter harus menggunakan butter beku. Apabila butter meleleh sebelum dimasukkan ke dalam adonan, maka akan menyebabkan adonan nastar sulit untuk dibentuk dan mengalami adonan pecah.

2. Proses Pengocokan Adonan Terlalu Lama

Titik leleh butter juga dipengaruhi proses pengocokan adonan yang dilakukan terlalu lama. Gesekan antara mixer dan adonan nastar saat dikocok bisa membuat butter di dalam adonan jadi cepat meleleh. Pasalnya, proses pengocokan adonan nastar hanya membutuhkan waktu rata-rata empat menit.

3. Proses Pemulungan Terlalu Lama

Penyebab lain adonan nastar susah dibentuk yaitu dikarenakan proses pemulungan yang terlalu lama. Pada akhirnya lemak pada butter mudah meleleh. Ciri-ciri dari adonan yang sulit dibentuk akibat proses pemulungan terlalu lama yaitu tangan Anda jadi sangat berminyak saat memulung nastar.

Baca Juga: Ketahui Ciri-ciri Adonan Kalis Berikut Ini!

Bagaimana Cara Mengatasi Adonan Nastar yang Pecah?

Adonan nastar yang pecah biasanya ditandai dengan menggumpalnya butter, gula, dan cairan putih telur pada bagian bawah. Jika adonan nastar pecah, maka adonan akan sulit bercampur dengan bahan kering lainnya dan nastar sulit mengembang. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada cara mengatasi adonan nastar yang pecah berikut ini. 

1. Hentikan Proses Pengocokan

Adonan nastar yang pecah bukan berarti proses pembuatannya menjadi gagal. Cara mengatasi supaya nastar tetap bisa dibuat yaitu dengan menghentikan proses pengocokan. Pasalnya, jika terus dilanjutkan, maka adonan akan makin pecah dan proses pembuatan nastar jadi gagal. 

2. Dinginkan Adonan

Selain menghentikan proses pengocokan, cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu memiringkan wadah adonan sampai terangkat sedikit dan adonan berkumpul pada satu sisi. Lalu, diamkan adonan sampai mencapai suhu dingin selama 10-15 menit. 

Setelah adonan mencapai suhu dingin, masukan tepung terigu dan bahan kering lainnya sambil dikocok menggunakan mixer. Kocok adonan dengan kecepatan paling rendah. Setelah siap, adonan bisa dimasukkan ke dalam loyang dan siap untuk dipanggang. 

Baca Juga: Apa Saja Kue yang Bisa Dijadikan Bisnis

Bagaimana Tips Membuat Adonan Nastar Agar Tidak Mudah Pecah?

Untuk membuat kue nastar dengan sempurna dan terhindar dari kendala adonan pecah, salah satu tips yang perlu dilakukan yaitu memasukkan butter dalam keadaan beku. Tidak itu saja, terdapat tips lainnya yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Jangan Memulung Adonan Terlalu Lama

Memulung merupakan proses pembentukan nastar menjadi bentuk bulat. Upayakan proses ini dilakukan tidak terlalu lama, karena akan membuat adonan menjadi pecah dan berpotensi gagal dibuat. Selain itu, proses pemulungan yang terlalu lama akan menjadi penyebab lemak di dalam adonan menjadi cepat mencair. Alhasil, adonan jadi pecah dan tangan Anda akan sangat berminyak. 

Baca Juga: Mengenal Macam-macam Oven untuk Memanggang

2. Masukkan Adonan ke Dalam Kulkas

Sebelum melewati proses pemulungan, ada baiknya adonan nastar dimasukkan ke dalam kulkas. Jadi, ketika di pulung dalam keadaan dingin, lemak di dalam adonan tidak akan mudah meleleh. Adonan nastar yang pecah pun bisa Anda hindari.

3. Pastikan Jumlah Tepung Cukup

Jumlah tepung yang kurang juga bisa menjadi salah satu penyebab adonan nastar jadi pecah bahkan melebar. Adonan dengan jumlah tepung yang sedikit dapat diketahui dari tekstur adonan yang terlalu lembek dan lengket. 

Baca Juga: 5 Metode Pembuatan Roti Tawar yang Efektif

4. Jangan Menambahkan Baking Powder

Resep membuat kue nastar sebenarnya tidak menggunakan baking powder atau soda kue. Kedua bahan ini akan menyebabkan adonan menjadi pecah dan terlalu melebar. Namun, Anda juga bisa menggunakan baking powder bila ingin menggunakannya. Hanya saja campurkan sedikit saja.

5. Mengatur Suhu Oven

Supaya adonan nastar tidak pecah, sesuaikan suhu oven yang Anda miliki. Jangan menggunakan suhu yang tinggi, gunakan suhu oven kurang lebih 150-160 derajat. Suhu ini sesuai untuk membuat nastar dengan tekstur yang pas. 

Baca Juga: Rotisserie: Definisi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Bagaimana, cukup mudah bukan cara mengatasi adonan nastar yang pecah ketika dibuat atau hendak dibentuk? Satu hal paling penting untuk mengatasi adonan nastar yang pecah yaitu jangan mencampurkan butter dalam keadaan meleleh serta jangan terlalu lama mengocok adonan.

Gunakan mesin mixer yang menyediakan fitur timer supaya Anda bisa setup waktu untuk proses pengocokan adonan nastar tersebut. Sinar Himalaya menyediakan beberapa standing mixer dengan berbagai ukuran yang bisa Anda gunakan untuk pembuatan kue nastar ini. Hubungi kami sekarang juga untuk solusi peralatan pembuatan kue dan bakery yang berkualitas.

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp