Kenali 5 Perbedaan Blender Dan Food Processor

Perkembangan teknologi saat ini membuat perubahan di berbagai bidang kehidupan, termasuk aktivitas dapur. Menghaluskan bahan makanan, mencampur hingga mengekstrak kini dipermudah dengan kehadiran blender dan food processor. Meski memiliki sebagian fungsi yang sama, terdapat beberapa perbedaan dari kedua alat tersebut. Guna mendapatkan hasil maksimal dengan penggunaan yang tepat, yuk ketahui apa saja perbedaan blender dan food processor.

Ketika ingin membuat jus buah dan menghaluskan daging tentunya perlu penanganan yang berbeda. Hal ini yang membuat blender dan food processor memiliki fungsi masing-masing yang perlu Anda ketahui. Apabila tidak digunakan secara tepat, maka hasilnya pun tidak akan sesuai.

Apa Itu Blender?

 

Blender adalah sebuah alat elektronik yang digunakan untuk memproses makanan dan bahan-bahan lain menjadi halus dan seragam. Alat ini biasanya terdiri dari wadah, pisau berputar dan mesin yang memutar pisau tersebut. 

Blender digunakan untuk membuat puree, smoothie, konsentrat buah, sambal, dan banyak lagi. Blender juga sering digunakan dalam industri makanan dan minuman untuk memproses bahan baku menjadi produk jadi. Beberapa blender modern juga dilengkapi dengan fitur seperti pengatur kecepatan, timer, dan pembersih otomatis.

 

Baca juga: Mengenal 4 Cara Kerja Blender dan Fungsinya

 

Apa Itu Food Processor?

 

Food processor adalah alat elektronik yang digunakan untuk memproses makanan dan bahan makanan. Alat ini biasanya terdiri dari wadah, pisau berputar, dan mesin yang memutar pisau tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa Food processor memiliki beberapa fungsi yang berbeda dari blender, seperti memotong, mengiris, memarut, membuat adonan, dan membuat pasta. 

Selain itu, Food processor juga sering dilengkapi dengan berbagai jenis aksesoris yang dapat membantu Anda dalam berbagai tugas memasak, seperti memotong sayuran, membuat kentang goreng, dan membuat roti. Alat ini juga biasanya memiliki beberapa pengaturan kecepatan dan timer, dan dapat membantu Anda dalam menyelesaikan berbagai tugas memasak dengan lebih cepat dan efisien.

 

Apa Saja Fungsi Blender?

 

Pada dasarnya, blender merupakan alat untuk menghaluskan bahan makanan. Namun, terdapat beberapa fungsi umum dari blender yang perlu Anda ketahui.

1. Membuat Puree

Ingin menyajikan olahan bahan makanan untuk Si Kecil? Blender dapat digunakan untuk membuat puree dari buah, sayuran, dan bahan lain. Dengan alat yang satu ini, hasil olahan bahan dapat halus sempurna dengan tekstur yang diinginkan.

2. Membuat Smoothie

Blender dapat digunakan untuk membuat smoothie dari buah, sayuran, susu, dan bahan lain. Tentunya ini terkait fungsi utama blender yaitu menghaluskan bahan makanan dan mencampurnya menjadi satu.

3. Membuat Sambal dan Saus

Tidak hanya puree dan smoothie, blender juga dapat dimanfaatkan untuk membuat sambal. Caranya cukup mudah, Anda perlu meletakkan semua bahan makanan menjadi satu dalam wadah. Haluskan sesuai tekstur yang diinginkan, maka blender pun dapat digunakan untuk membuat sambal dari bahan seperti cabai, bawang, dan bahan lain. Sama halnya dengan saus, menggunakan blender juga dapat mempermudah pembuatannya.

4. Membuat Konsentrat Buah

Fungsi selanjutnya dari blender adalah untuk membuat konsentrat buah. Hidup sehat tidak lagi perlu mahal dengan terus-terusan membeli produk jadi di fresh mart. Blender dapat digunakan untuk membuat konsentrat buah dari buah segar atau beku.

6. Membuat Krim

Ingin membuat krim untuk topping makanan atau isian dalam kue kering? Blender juga dapat berfungsi untuk membuat krim dari bahan seperti susu, krim, dan bahan lain.

 

Baca juga: 6 Cara Membuat Adonan Bakso dengan Blender

 

Apa Saja Fungsi Food Processor?

 

Food processor memiliki beberapa fungsi yang berbeda dari blender, dan bisa membantu Anda dalam berbagai tugas memasak. Berikut ini merupakan beberapa fungsi umum dari food processor.

1. Memotong

Fungsi food processor yang pertama adalah memotong bahan makanan. Hal ini mungkin dilakukan karena food processor dilengkapi dengan pisau yang dapat memotong sayuran, daging, dan bahan lain.

2. Mengiris

Selanjutnya, food processor digunakan untuk mengiris bahan makanan sesuai bagaimana hasil yang diinginkan. Food processor sendiri sudah dilengkapi dengan aksesori yang dapat mengiris sayuran, buah, dan bahan lain.

3. Memarut

Ingin mendapatkan hasil parutan bahan makanan dengan mudah dan cepat? Food processor dilengkapi dengan pisau yang dapat memarut keju, kentang, dan bahan lain.

4. Membuat Adonan

Alat elektronik yang satu ini juga dapat membantu pengolahan adonan untuk membuat berbagai jenis makanan. Food processor dapat digunakan untuk membuat adonan roti, kue, dan bahan lain. Memasak jadi lebih mudah, tanpa ribet dan hasil terbaik.

5. Membuat Pasta

Bosan dengan pasta biasa yang tersedia di berbagai shopmart? Untuk Anda yang ingin membuat pasta sendiri dengan tambahan bahan-bahan sesuai selera, maka food processor dapat menjadi solusinya. Alat ini dilengkapi dengan aksesori yang dapat membuat pasta dari bahan seperti tepung dan telur.

 

Baca juga: 5 Cara Membuat Frozen Food Dapat Tahan Lama

 

Apa Saja Perbedaan Blender dan Food Processor?

 

Blender dan food processor adalah alat elektronik yang sering digunakan dalam memasak. Meskipun kedua alat ini memiliki beberapa fungsi yang sama, ada beberapa perbedaan blender dan food processor di bawah ini.

1. Fungsi

Blender biasanya digunakan untuk memblender atau menghaluskan bahan cair, seperti buah, sayuran, dan bahan lain. Sementara food processor memiliki fungsi yang lebih luas, termasuk memotong, mengiris, memarut, membuat adonan, dan membuat pasta.

2. Kualitas Hasil

Blender bekerja lebih baik dalam menghasilkan bahan yang halus dan lembut, seperti puree dan smoothie. Food processor cenderung memberikan hasil yang lebih kasar dan bertekstur, tentunya cocok untuk memotong dan mengiris.

3. Ukuran

Blender memiliki ukuran yang lebih kecil dari food processor dan lebih cocok untuk memproses bahan dalam jumlah kecil. Sedangkan food processor berukuran lebih besar dan cocok untuk memproses bahan dalam jumlah besar.

4. Fitur

Blender biasanya memiliki pengatur kecepatan dan timer, serta beberapa aksesori tambahan seperti pembersih otomatis. Food processor biasanya memiliki lebih banyak fitur dan aksesori, seperti pengatur kecepatan yang lebih banyak, timer, dan berbagai jenis pisau.

5. Harga

Blender biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau. Sedangkan food processor, lebih mahal karena memiliki fitur dan aksesori yang lebih banyak.

 

Itulah tadi beberapa perbedaan blender dan food processor yang perlu Anda ketahui. Menentukan mana yang tepat antara blender dan food processor tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda dalam memasak. 

Jika Anda hanya ingin membuat puree dan smoothie, maka blender mungkin pilihan terbaik. Namun, jika Anda ingin memproses berbagai jenis bahan, maka food processor mungkin lebih sesuai.

Ingin menggunakan blender tapi terganggu dengan suara bisingnya? Anda perlu mencoba menggunakan heavy duty blender dari Sinar Himalaya. Produk ini siap menghaluskan es batu, buah dan sayuran dengan mudah dan pastinya kedap suara. Aktivitas menggunakan blender pun jadi lebih nyaman. Ingin tahu produk dapur berkualitas lainnya? Yuk kunjungi Sinar Himalaya sekarang juga.

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp