Cara Kerja Blender 1200x675

Blender merupakan salah satu peralatan elektronik dapur yang wajib dimiliki di setiap rumah. Mengapa? Karena blender memiliki banyak fitur yang akan membantu Anda dalam mengolah bahan makanan menjadi lembut dengan cara yang jauh lebih praktis. 

Nah, lalu apa yang membuat alat elektronik satu ini terbilang begitu praktis untuk digunakan di kehidupan sehari-hari? Ketahui cara kerja blender berikut ini lewat informasi yang sudah dirangkum oleh Sinar Himalaya!

Bagaimana Cara Kerja Blender Secara Umum?

Mengolah bahan makanan tentunya akan semakin mudah menggunakan berbagai macam alat yang sudah ada, salah satunya blender. Untuk bisa memaksimalkan penggunaannya, tentu Anda harus tahu bagaimana cara kerjanya bukan? Berikut ini informasi seputar cara kerja blender yang perlu Anda ketahui!

1. Pengaturan Kecepatan Putaran

Pada dasarnya, di setiap blender terdapat beberapa jenis pengaturan kecepatan putaran yang tergantung dari model serta merknya. Umumnya kecepatan blender terbagi ke dalam 3 bagian yang tentu juga akan memengaruhi jenis teksturnya, antara lain : 

  • Fast, merupakan tingkat putaran kecepatan yang paling tinggi sehingga cocok untuk menghaluskan beberapa jenis bahan makanan seperti buah-buahan atau sayur.
  • Medium, merupakan tingkat putaran dengan kecepatan yang sedang sehingga cocok untuk menggiling bahan dengan tekstur keras. Hasil dari kecepatan ini terbilang tidak sampai halus dan lembut seperti tekstur bubur.
  • Low, merupakan tingkat putaran pada blender yang paling lambat. Cocok bagi Anda yang menginginkan hasil olahan hancur secara bertahap dan perlahan.

Cara untuk memulainya juga cukup mudah, Anda hanya perlu menekan tombol sesuai dengan kecepatan yang diinginkan.

2. Jenis Motor Listrik pada Blender

Jenis motor listrik yang digunakan pada blender merupakan shaded pole atau kutub bayang. Prinsip kerja dari jenis motor listrik ini sendiri adalah dengan membangkitkan tegangan arus, medan elektronik cincin serta  induksi. Bagian pada motor kutub bayangan terdiri dari : 

  • Stator, merupakan bagian kutub yang menyebabkan terjadinya kutub bayang.
  • Rotor, sebagai penyangga.

3. Komponen Blender

Bagian komponen paling utama pada blender tentunya adalah pisau yang berfungsi menghancurkan bahan makanan. Namun, pisau tidak akan berfungsi jika tidak ada komponen motor listrik sebagai penggerak.

Komponen blender selanjutnya adalah wadah blender yang berfungsi untuk menampung bahan makanan yang hendak diblender. Kemudian pada bagian bawah terdiri dari alas serta kaki penopang. Selain itu, masih terdapat komponen blender lainnya yang tidak kalah penting seperti pengaduk adonan, tutup wadah blender dan saklar pengaturan kecepatan putaran pada blender.

4. Prinsip Kerja Blender Listrik

Secara gampang dan singkatnya, sebenarnya prinsip cara kerja blender adalah mengubah energi listrik menjadi energi kinetik. Melalui prinsip kerja motor penggerak inilah blender dapat difungsikan sesuai dengan kebutuhannya. 

Baca Juga: 6 Cara Membuat Adonan Bakso dengan Blender

Apa Saja Jenis-Jenis Blender?

Tentunya agar membantu Anda untuk bisa menemukan blender seperti apa yang paling sesuai dengan kebutuhan, intip jenis-jenis blender beserta penjelasan fungsi yang dimiliki ini!  

1. Hand Blender

Jenis blender satu ini sering disebut sebagai blender tongkat. Sesuai dengan namanya, penggunaan hand blender  harus dipegang dengan menggunakan tangan. Lalu, biasanya hand blender juga tidak memiliki wadah khusus sehingga memudahkan Anda untuk memakainya langsung pada berbagai wadah. 

Hand blender cocok digunakan untuk membuat sup, bubur, puree, aneka sauce, mengaduk telur atau membuat whipped cream

2. Single-Serve Blender

Blender jenis satu ini memiliki ukuran cukup kecil dan cocok untuk membuat food prep atau bahkan smoothies yang cepat, simpel dan tentunya enak. Menariknya lagi, single-serve blender ini tersedia ke dalam beberapa tipe yang sudah dilengkapi tutup beserta wadahnya. Sehingga sangat bisa dijadikan tumbler atau botol minum. Sungguh praktis!

3. Full-Size Blender

Pastinya Anda sudah kerap melihat jenis blender satu ini. Full size blender memiliki rangka yang lebih kuat dan wadah yang terbilang cukup besar. Fungsi jenis blender ini tidak hanya untuk membuat jus, tetapi juga bisa melakukan beberapa tugas dapur lainnya. Seperti menghaluskan makanan hingga bahkan menghancurkan es batu. 

Full size blender juga telah dilengkapi dengan pengaturan kecepatan yang bisa disesuaikan dan sederet fitur-fitur yang akan memudahkan Anda saat menggunakannya.

4. Multifunction Blender 

Bisa kita lihat dari namanya, maka tidak heran apabila multifunction blender memiliki banyak fitur di dalamnya. Sepertinya semua permasalahan dapur dapat teratasi dengan hanya mengandalkan jenis blender satu ini. Mulai dari Anda bisa menghancurkan es, mencacah bahan makanan, membuat sup atau puree, bahkan membuat susu dan masih banyak hal lagi lainnya.

5. Portable Blender

Jenis blender yang terakhir ini sangat menarik perhatian. Kenapa begitu? Sebab, hebatnya portable blender dapat beroperasi tanpa perlu terhubung dengan aliran listrik sama sekali. Pengoperasiannya hanya dengan menggunakan baterai rechargeable, sehingga jika Anda ingin meracik jus saat di luar rumah tentu bisa saja dilakukan dengan mudah. Selain itu, wadahnya juga bisa digunakan sebagai botol minum. Sungguh praktis!

Baca Juga: Apa Saja Perbedaan Chiller dan Freezer?

Apa Saja Bagian-Bagian yang Ada pada Blender?

Untuk dapat menggunakan setiap fitur yang dimiliki blender secara optimal, sudahkah Anda membekali diri dengan pengetahuan seputar bagian-bagian yang ada pada alat elektronik satu ini? Jika belum, Anda dapat menyimak pembahasan berikut ini.

1. Lid Insert

Bagian pertama kita mulai dengan membahas soal lid insert yang merupakan penutup bagian tengah blender. Fungsi dari bagian ini untuk membantu Anda memasukkan bahan makanan saat blender sedang jalan dengan lebih aman. Caranya juga terbilang cukup mudah untuk memasukkan bahan makanan atau menambahkan cairan ketika blender digunakan, Anda hanya perlu membuka bagian lid insert ini.

2. Lid

Bagian selanjutnya adalah lid yang secara lebih jelasnya merupakan bagian penutup dari blender. Fungsi yang dimiliki oleh bagian ini pastinya untuk menutup wadah blender agar aman saat bahan makanan dihaluskan.

Perlu diperhatikan dengan seksama, bahwa sangat tidak disarankan untuk membuka bagian ini saat blender sedang bekerja. Jika Anda tetap membukanya, bahan makanan yang sedang diproses bisa dengan mudah berhamburan keluar wadah. Tentunya hal tersebut tidak ingin terjadi pada Anda, bukan?

3. Blade

Tanpa adanya blade, tentunya blender milik Anda tidak akan bisa menghancurkan dan menghaluskan bahan makanan. Putaran blade ini berasal dari roda gigi yang digerakkan oleh motor listrik di dalam tatakan wadah blender. Blade ini juga biasanya menyatu dengan container cushion.

4. Mixing Rod

Mixing rod merupakan tongkat kecil yang berfungsi sebagai pencampur bahan makanan di dalam wadah ketika blender dioperasikan. Pada umumnya, tongkat ini berada tepat di tengah-tengah lid dan biasanya menyatu dengan lid insert. Namun juga bisa berbeda tergantung dengan tipe dan merek blender yang Anda gunakan.

Selain itu mixing rod juga berperan sebagai pendorong bahan makanan. Sehingga proses penghalusan bahan makanan pun dapat dilakukan secara jauh lebih maksimal.

5. Polycarbonate Container (CUP)

Polycarbonate container (CUP) merupakan wadah blender untuk menyimpan bahan makanan yang hendak dihancurkan. Wadah blender ini juga dilengkapi dengan takaran agar bahan makanan yang dimasukkan tidak melebihi kapasitas. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga beban kerja dari blade agar tidak terlalu berat saat menghaluskan makanan.

6. Container Cushion

Container cushion merupakan bagian yang dapat diartikan sebagai bantalan untuk wadah blender. Bagian ini harus terpasang secara benar dengan tatakan blender sebelum digunakan. Namun, tentunya juga dapat dilepas dan kembali dipasang sehingga memudahkan ketika akan dibersihkan.

7. On/Off Switch

Bagian ini juga terbilang cukup menjadi kunci penting dari dapat beroperasinya blender Anda. On/off switch merupakan tombol yang berfungsi untuk menghidupkan atau mematikan blender. Lebih seringnya, tombol ini terletak di bagian depan tatakan dari blender. Jadi, jangan lupa untuk selalu memperhatikan tombol ini sebelum dan sesudah menggunakan blender ya!

8. Speed Control Button

Speed control button merupakan tombol untuk mengatur kecepatan yang Anda inginkan saat menggunakan blender. Lalu, sebenarnya pada setiap blender memiliki speed control button yang berbeda-beda tergantung dari jenis dan merk blender itu sendiri. Umumnya, tombol ini berada di dekat on/off switch.

9. Pulse Switch

Bagian terakhir pada blender yang perlu Anda ketahui adalah pulse switch. Bagian ini berfungsi untuk membuat bahan makanan yang sedang diproses di dalam wadah blender menjadi jauh lebih halus.

Baca Juga: 5 Penyebab Freezer Tidak Beku

Apa Saja Manfaat Menggunakan Blender?

Banyak manfaat yang diberikan oleh alat elektronik satu ini. Penasaran? Langsung saja simak sederet manfaat hebat yang akan Anda dapatkan saat menggunakan blender dalam kehidupan sehari-hari!

1. Menghaluskan Bumbu

Manfaat pertama yang mungkin sudah tentu Anda ketahui dari menggunakan blender adalah perihal kemampuannya dalam menghaluskan berbagai macam bumbu. Mulai dari bumbu masakan yang memiliki tekstur halus atau bahkan keras. 

Mungkin dulu untuk mendapatkan bumbu yang halus, Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra menguleknya. Namun, saat ini semuanya berubah karena bisa mengandalkannya pada blender. Terbukti dengan benar jika penggunaan blender dapat membantu Anda menangani segala urusan dapur dengan jauh lebih mudah

2. Membuat Makanan Bubur / Mpasi

Manfaat lainnya yang dapat dirasakan saat menggunakan blender datang dari kalangan para new mom. Secara khususnya dalam perihal menyiapkan makanan pendamping asi atau MPASI untuk anak tersayang. Tak terbayangkan jika Anda harus disulitkan dengan membuat semua makanan si anak secara manual. Pasti sangat melelahkan, bukan? 

Beruntungnya, para new mom saat ini sudah bisa dengan mudah mengandalkan semua kebutuhan makanan si anak yang penuh gizi pada blender. Prosesnya juga tidak sulit, Anda hanya perlu memblender bahan-bahan yang dibutuhkan hingga teksturnya halus dan kental.

3. Membuat Jus yang Menyehatkan

Manfaat blender berikutnya adalah berguna dalam membuat minuman jus yang sangat menyegarkan dan juga menyehatkan bagi tubuh Anda. Cobalah untuk mencampurkan beberapa macam buah ke dalam blender untuk dijadikan segelas jus. Menyenangkan sekali pasti dapat menikmati jus hasil racikan Anda sendiri.

4. Menggiling Bakso

Mungkin bagi sebagian orang belum banyak yang mengetahui manfaat dari menggunakan blender satu ini. Ternyata, hanya bermodalkan blender, Anda bisa membuat adonan bakso olahan rumah! Kehadiran blender mampu membantu proses menghaluskan daging jadi lebih mudah.

Baca Juga: 4 Cara Memperbaiki Kulkas Freezer yang Tidak Dingin

Rekomendasi Blender dari Sinar Himalaya?

Bingung menentukan blender seperti apa yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak perlu khawatir, berikut ini sudah ada daftar rekomendasi blender terbaik dari Sinar Himalaya yang bisa Anda pilih! 

1. LY-767 Soundproof Heavy Duty Blender

Jenis blender ini mampu menghaluskan berbagai jenis makanan. Mulai dari buah-buahan, es batu, maupun sayuran karena LY-767 Soundproof Heavy Duty Blender telah dilengkapi dengan mata pisau yang tajam. Menariknya lagi, blender ini  juga kedap suara sehingga tidak akan menimbulkan suara yang bising saat digunakan. 

2. LY-8001-JX Soundproof High-End Heavy Duty Blender

Rekomendasi selanjutnya tentu saja adalah LY-388-2L High-End Heavy Duty Blender yang memiliki kemampuan dalam melumatkan berbagai jenis olahan seperti buah-buahan, es batu, maupun sayuran hingga bertekstur halus dan lembut. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah oleh blender ini sebab adanya kehadiran mata pisau yang sangat tajam.

Nah, itu tadi penjelasan seputar cara kerja dari blender, jenis-jenis blender yang ada, bagian-bagian apa saja dari alat elektronik tersebut, manfaat yang diberikan blender dalam kehidupan sehari-hari hingga rekomendasi blender terbaik dari Sinar Himalaya.

Untuk mendapatkan blender dengan kualitas terbaik serahkan saja pada Sinar Himalaya sebagai solusi tepat perihal kebutuhan kitchen equipment Anda! Hubungi tim Sinar Himalaya sekarang juga untuk mendapat informasi lebih lanjut. 

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp