Apa penyebab freezer tidak beku? Terkadang, beberapa orang tidak menyadari bahwa freezer yang dimilikinya sedang bermasalah. Hal tersebut dikarenakan jarang melakukan pengecekan ataupun tidak mengetahui tanda-tanda adanya masalah teknis. 

Kulkas dan freezer sudah menjadi salah satu kebutuhan yang harus ada di rumah. Tidak hanya untuk mendinginkan berbagai makanan maupun minuman, tetapi juga membantu menjaga kualitasnya. Maka dari itu, freezer harus berada dalam kondisi yang baik untuk memberikan Anda manfaat yang maksimal.

Lalu, bagaimana ya ciri-ciri freezer tidak beku? Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya? Simak informasi lengkapnya di sini.

Bagaimana Ciri-Ciri Freezer Tidak Beku?

Anda perlu lebih memperhatikan kondisi freezer, sehingga tidak ada masalah fatal yang membuntuti. Seperti freezer tidak beku yang sering kali tidak disadari. Padahal akibatnya lama-kelamaan bisa jadi fatal. Itulah mengapa Anda harus mengenali bagaimana ciri-ciri ketika freezer mengalami masalah yang satu ini.

Ciri-ciri dari freezer yang tidak mampu berfungsi dengan normal adalah sebagai berikut ini:

1. Bunga Es Mencair

Setiap freezer yang memiliki suhu rendah dan membeku secara baik, maka akan terlihat bunga es mengelilingi sisi-sisinya. Apabila Anda melihat bunga es dalam freezer Anda mencair, maka Anda perlu mewaspadai hal tersebut. Mencairnya bunga es disebabkan oleh suhu tinggi dalam freezer atau freezer tidak beku.

2. Makanan dan Minuman Melunak

Tanda paling jelas yang dapat Anda kenali adalah ketika makanan/minuman yang Anda masukkan ke dalam freezer melunak. Bukannya membeku, makanan/minuman Anda justru menjadi lembek. Hal ini dapat berujung pada makanan/minuman basi dan tidak dapat Anda konsumsi lagi.

Baca Juga: Apa Saja Perbedaan Chiller dan Freezer?

Apa Saja Penyebab Freezer Tidak Beku?

Setelah mengetahui bahwa ternyata freezer Anda tidak beku, apa ya kira-kira penyebabnya? Freezer tidak beku bukan berarti benar-benar rusak, tetapi terdapat kendala teknis yang harus segera mendapat penanganan. Simak beberapa penyebab freezer tidak beku di sini.

1. Pengaturan Suhu Tidak Tepat

Freezer yang tidak beku bisa disebabkan karena pengaturan suhu yang tidak tepat. Mungkin saja, pengatur suhu freezer tersenggol oleh barang/makanan/minuman yang ada di dalamnya sehingga mengubah aturan suhu yang seharusnya. Hal ini bisa saja terjadi secara tidak sengaja, di luar pengetahuan dan kesadaran para pengguna.

Apabila suhu di freezer terlalu tinggi, maka akan menyebabkan freezer tidak beku. Suhu yang tepat untuk freezer adalah suhu rendah, sehingga mampu membekukan makanan/minuman Anda. Sehingga, pastikan suhu freezer sudah tepat sesuai kebutuhan.

2. Pintu Freezer Terlalu Sering Dibuka

Ketika menutup pintu freezer, apakah Anda selalu memastikan tertutup rapat? Jika tidak, hal itu dapat menjadi masalah. Pintu yang terlalu sering dibuka, dapat menyebabkan masalah untuk freezer Anda. Sehingga apabila ingin menutup pintu freezer, pastikan sudah menutupnya dengan rapat dan tidak membiarkan suhu freezer menjadi bermasalah.

3. Ventilasi Freezer Terblokir

Setiap freezer pasti memiliki ventilasi sebagai jalur sirkulasi udara, pada bagian luar dan dalamnya. Untuk itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu di mana letak ventilasi freezer. Ketika ventilasinya terblokir makanan/minuman/barang yang Anda simpan maupun kotor, maka ventilasi tersebut akan terblokir dan tidak bisa melakukan penyesuaian udara yang tepat untuk freezer.

4. Koil Kondensor Kotor

Koil kondensor merupakan alat yang berguna untuk menyerap panas. Apabila koil kondensor kotor, maka koil kondensor tidak bisa menyerap panas secara efektif. Hal inilah yang mampu menyebabkan freezer Anda menjadi tidak beku.

5. Motor Kipas Evaporator Bermasalah

Motor kipas evaporator berguna untuk mengalirkan udara di atas koil evaporator ke seluruh bagian freezer. Jika terdapat masalah pada motor kipas evaporator, maka akan memengaruhi efektivitas freezer. Akibat fatalnya adalah freezer menjadi tidak beku.

Baca Juga: 4 Cara Menyimpan Daging Sapi di Freezer yang Tepat

Bagaimana Cara Mengatasi Freezer Tidak Beku?

1. Perawatan dan Pembersihan Berkala

Salah satu langkah penting untuk mengatasi freezer yang tidak beku adalah rutin melakukan perawatan dan pembersihan. Hal ini berguna untuk memastikan setiap komponen dapat bekerja secara efektif, tanpa terhalang debu maupun kotoran lainnya. Selain itu, perawatan berkala juga dapat mengurangi kemungkinan masalah-masalah teknis lainnya.

2. Atur Ulang Suhu Freezer

Jika memang terjadi kesalahan pengaturan suhu pada freezer Anda, maka untuk mengatasinya bisa dengan mengatur ulang suhu freezer. Pastikan suhu freezer rendah dan tepat sesuai kebutuhan untuk membekukan makanan/minuman Anda. Jangan sampai, suhu freezer Anda justru membuat makanan/minuman menjadi lembek dan tidak beku.

3. Tata Rapi Makanan dan Minuman

Ventilasi freezer harus mendapatkan akses dan tidak terblokir. Untuk mengatasi permasalahan terblokirnya ventilasi freezer, maka Anda harus pastikan menata makanan/minuman/barang Anda secara rapi. 

Jangan sampai menutupi ventilasi freezer dan menyebabkan masalah pada freezer Anda. Jadi, susunlah secara teratur tanpa memblokir ventilasi freezer.

4. Panggil Teknisi

Apabila berbagai cara telah Anda lakukan tetapi freezer masih tidak beku, maka langkah yang harus anda lakukan adalah memanggil teknisi ahli untuk memperbaikinya. Jangan coba-coba membongkar atau memperbaiki sendiri, apalagi Anda tidak memahaminya dengan baik. Bukannya teratasi, freezer Anda bisa saja menjadi lebih parah rusaknya.

Baca Juga: 4 Cara Memperbaiki Kulkas Freezer yang Tidak Dingin

Pentingnya freezer untuk menjaga kesegaran makanan/minuman Anda, tentunya membuat Anda harus lebih memperhatikan produk yang Anda gunakan. Dengan menggunakan freezer yang berkualitas, tentunya mampu membantu Anda untuk mendapatkan fungsi yang maksimal. Salah satu satu produk yang dapat menjadi pilihan Anda adalah blast chiller

Hubungi Sinar Himalaya sekarang juga, andalan peralatan dapur kualitas terbaik. Dapatkan berbagai produk unggulan kami untuk dapur pribadi dan juga bisnis Anda!

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp