6 Penyebab Freezer Tidak Beku dan Cara Mengatasinya

Apa penyebab freezer kulkas tidak beku? Terkadang, beberapa orang tidak menyadari bahwa freezer yang dimilikinya sedang bermasalah. Hal tersebut dikarenakan jarang melakukan pengecekan ataupun tidak mengetahui tanda-tanda adanya masalah teknis.

Kulkas dan freezer sudah menjadi salah satu kebutuhan yang harus ada di rumah. Tidak hanya untuk mendinginkan berbagai makanan maupun minuman, tetapi juga membantu menjaga kualitasnya. Maka dari itu, freezer harus berada dalam kondisi yang normal untuk memberikan Anda manfaat yang maksimal.

Lalu, bagaimana ciri-ciri freezer kulkas tidak beku? Simak informasi lengkapnya di sini termasuk penyebab dan cara mengatasi.

 

Baca juga: Bahaya Freezer Kulkas Bocor, Apa yang Dapat Terjadi?

 

Bagaimana Ciri-Ciri Freezer Tidak Beku?

 

Anda perlu lebih memperhatikan kondisi freezer, sehingga tidak ada masalah fatal yang membuntuti. Terkadang freezer Anda tetap terasa dingin tapi tidak beku yang mana hal ini sering kali tidak disadari. Padahal akibatnya lama-kelamaan bisa jadi fatal. Itulah mengapa Anda harus mengenali bagaimana ciri-ciri ketika freezer mengalami masalah yang satu ini.

Ciri-ciri dari freezer yang tidak mampu berfungsi dengan normal adalah sebagai berikut ini:

1. Bunga Es Mencair

Setiap freezer yang memiliki suhu rendah dan membeku secara baik, maka akan terlihat bunga es mengelilingi sisi-sisinya. Apabila Anda melihat bunga es dalam freezer Anda mencair, maka Anda perlu mewaspadai hal tersebut. Mencairnya bunga es disebabkan oleh suhu tinggi dalam freezer sehingga menyebabkan freezer kulkas dingin tapi tidak beku.

2. Makanan dan Minuman Melunak

Tanda paling jelas yang dapat Anda kenali adalah ketika makanan/minuman yang Anda masukkan ke dalam freezer melunak. Bukannya membeku, makanan/minuman Anda justru menjadi lembek. Hal ini dapat berujung pada kondisi makanan/minuman yang segera basi sehingga tidak dapat Anda konsumsi lagi.

 

Baca Juga: Apa Saja Perbedaan Chiller dan Freezer?

 

Apa Saja Penyebab Freezer Tidak Beku?

 

Setelah mengetahui bahwa ternyata freezer Anda tidak beku, apa ya kira-kira penyebabnya? Freezer tidak beku bukan berarti benar-benar rusak, tetapi terdapat kendala teknis yang harus segera mendapat penanganan. Simak beberapa penyebab freezer tidak beku di sini.

1. Pengaturan Suhu Tidak Tepat

Freezer yang tidak beku bisa disebabkan karena pengaturan suhu yang tidak tepat. Mungkin saja, pengatur suhu freezer tersenggol oleh barang/makanan/minuman yang ada di dalamnya sehingga mengubah aturan suhu yang seharusnya. Hal ini bisa saja terjadi secara tidak sengaja, di luar pengetahuan dan kesadaran para pengguna.

Apabila suhu di freezer terlalu tinggi, maka akan menyebabkan freezer tidak beku. Suhu yang tepat untuk freezer adalah suhu rendah, sehingga mampu membekukan makanan/minuman Anda. Sehingga, pastikan suhu freezer sudah tepat sesuai kebutuhan.

2. Pintu Freezer Terlalu Sering Dibuka

Ketika menutup pintu kulkas, apakah Anda selalu memastikan tertutup rapat? Jika tidak, hal itu dapat menjadi masalah. Apabila pintu kulkas terlalu sering dibuka, maka dapat menyebabkan masalah untuk lemari es Anda. Sehingga apabila ingin menutup pintu freezer, pastikan sudah menutupnya dengan rapat dan tidak membiarkan suhu freezer menjadi bermasalah.

3. Ventilasi Freezer Terblokir

Setiap freezer pasti memiliki ventilasi sebagai jalur sirkulasi udara, pada bagian luar dan dalamnya. Untuk itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu di mana letak ventilasi freezer. Ketika ventilasinya terblokir makanan/minuman/barang yang Anda simpan maupun dalam kondisi kotor, maka ventilasi tersebut akan terblokir dan tidak bisa melakukan penyesuaian udara yang tepat untuk freezer.

4. Coil Kondensor yang Kotor

Coil kondensor merupakan alat yang berguna untuk menyerap panas dan udara. Coil condensor terletak di tempat yang tidak sama. Ada coil kondensor yang terletak di bagian bawah, belakang, maupun di dinding freezer. Coil kondensor yang terletak di dinding freezer cenderung tidak mudah kotor.

Namun, coil kondensor yang terletak di bagian belakang atau bawah, cenderung mudah kotor. Sehingga, disarankan untuk dibersihkan secara rutin dalam rentang waktu 6-12 bulan sekali.

Apabila coil kondensor kotor atau kipas kondensor tidak berfungsi, maka ia tidak akan bisa menyerap panas secara efektif. Hal inilah yang mampu menyebabkan freezer Anda menjadi tidak beku.

5. Motor Kipas Evaporator Bermasalah

Motor kipas evaporator berguna untuk mengalirkan udara di atas coil evaporator ke seluruh bagian freezer. Jika terdapat masalah pada motor kipas evaporator, maka akan memengaruhi efektivitas freezer. Akibat fatalnya adalah freezer menjadi tidak beku.

6. Thermostat Tidak Dapat Beroperasi

Thermostat memiliki kegunaan untuk mengukur suhu di dalam freezer. Jika thermostat rusak, maka kulkas tidak akan mampu menjaga suhu freezer agar tetap beku. Sehingga, jika komponen ini rusak, maka harus diganti dengan yang baru.

 

Baca Juga: 4 Cara Menyimpan Daging Sapi di Freezer yang Tepat

 

Bagaimana Cara Merawat dan Mengatasi Freezer Tidak Beku?

 

Freezer kulkas membutuhkan perawatan berkala agar fungsinya dalam membekukan bahan makanan dan minuman dapat bertahan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara berikut:

1. Bersihkan Bunga Es Secara Teratur

Membersihkan es secara teratur dapat membantu menjaga freezer Anda beroperasi dengan baik tanpa kerusakan dan memastikannya bertahan selama bertahun-tahun. Salah satunya adalah membersihkan dari bunga es yang merepotkan. Makanan dan minuman yang disimpan di dalam freezer akan mengeras. Langkah yang terbaik adalah membersihkan bunga es saat tidak terlalu tebal atau banyak. Selain itu, hindari penggunaan garpu atau pisau yang tajam.

2. Jangan Isi Freezer dengan Padat

Tidak akan ada banyak ruang untuk pergerakan udara jika box freezer Anda terlalu penuh atau padat akan banyak barang. Saat ada ruang untuk sirkulasi udara di ruang pendingin freezer, udara dingin akan menyebar dengan cepat dan merata. Akan sulit bagi udara dingin untuk bersirkulasi dengan baik di dalam kabin freezer. Ini akan memperpanjang proses pembekuan dan “menyiksa” sistem kompresor kulkas sehingga berkurang performanya dalam menghasilkan hawa dingin.

3. Hindari Menyimpan Makanan atau Minuman yang Masih Panas

Anda tidak boleh memasukkan makanan atau minuman panas langsung ke dalam freezer. Tunggu sebentar hingga makanan atau minuman menjadi dingin. Bunga es akan muncul lebih cepat berkat udara panas di dalam kabin Freezer.

4. Jangan Letakkan Freezer Terlalu Dekat Tembok

Fakta ini sering diabaikan bahwa harus ada Grill di setiap Freezer. Aliran udara panas dari kondensor beroperasi sebagai panggangan karena merupakan komponen dari freezer. Pengoperasian Freezer akan terhambat jika udara panas “terjebak” di dalamnya.

5. Pasang Pada Suhu 18 Derajat Celcius

Makanan harus disimpan pada suhu 18 derajat dalam freezer. Angka ini dianggap sebagai suhu ideal untuk membekukan makanan. Pada suhu tersebut, bakteri tidak akan dapat bereproduksi. Hal ini penting untuk menjaga kestabilan freezer. Jangan lupa verifikasi suhu di freezer seminggu sekali.

 

Baca Juga: 4 Cara Memperbaiki Kulkas Freezer yang Tidak Dingin

 

6. Perawatan dan Pembersihan Berkala

Salah satu langkah penting untuk mengatasi freezer yang tidak beku adalah rutin melakukan perawatan dan pembersihan. Hal ini berguna untuk memastikan setiap komponen dapat bekerja secara efektif, tanpa terhalang debu maupun kotoran lainnya. Selain itu, perawatan berkala juga dapat mengurangi kemungkinan masalah-masalah teknis lainnya.

7. Atur Ulang Suhu Freezer

Jika memang terjadi kesalahan pengaturan suhu pada freezer Anda, maka untuk mengatasinya bisa dengan mengatur ulang suhu freezer. Pastikan suhu freezer rendah dan tepat sesuai kebutuhan untuk membekukan makanan/minuman Anda. Jangan sampai, suhu freezer Anda justru membuat makanan/minuman menjadi lembek dan tidak beku.

8. Tata Rapi Makanan dan Minuman

Ventilasi freezer harus mendapatkan akses dan tidak terblokir. Untuk mengatasi permasalahan terblokirnya ventilasi freezer, maka Anda harus pastikan menata makanan/minuman/barang Anda secara rapi.

Jangan sampai menutupi ventilasi freezer dan menyebabkan masalah pada freezer Anda. Jadi, susunlah secara teratur tanpa memblokir ventilasi freezer.

9. Panggil Teknisi

Apabila berbagai cara telah Anda lakukan tetapi freezer masih tidak beku, maka langkah yang harus anda lakukan adalah memanggil teknisi ahli untuk memperbaikinya. Jangan coba-coba membongkar atau memperbaiki sendiri, apalagi Anda tidak memahaminya dengan baik. Bukannya teratasi, freezer Anda bisa saja menjadi lebih parah rusaknya.

Pentingnya freezer untuk menjaga kesegaran makanan/minuman Anda, tentunya membuat Anda harus lebih memperhatikan produk yang Anda gunakan. Dengan menggunakan freezer yang berkualitas, tentunya mampu membantu Anda untuk mendapatkan fungsi yang maksimal. Salah satu satu produk yang dapat menjadi pilihan Anda adalah blast chiller

Hubungi Sinar Himalaya sekarang juga, andalan peralatan dapur kualitas terbaik. Dapatkan berbagai produk unggulan kami untuk dapur pribadi dan juga bisnis Anda!

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp