4 Cara Memperbaiki Kulkas Freezer yang Tidak Dingin

Cara Memperbaiki Kulkas Freezer Tidak Dingin Webp

Pernahkah Anda mengalami kondisi kulkas freezer yang tidak dingin dan tidak beku? Tidak perlu khawatir, sebab masalah tersebut banyak dialami oleh pengguna kulkas freezer lainnya. Anda dapat mencoba beberapa cara memperbaiki kulkas freezer tidak dingin untuk memulihkan kondisi kulkas apabila termasuk dalam jenis kerusakan kecil.

Saat ini, kulkas freezer menjadi salah satu kebutuhan rumah yang penting karena memiliki banyak fungsi seperti menyimpan sayur, buah, daging, bahan makanan, minuman, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, kulkas freezer yang rusak atau tidak dingin akan sangat berpengaruh. Untuk mengatasi masalah tersebut, simak informasinya berikut ini.

Apa Penyebab Kulkas Freezer Tidak Dingin?

Kondisi kulkas freezer yang tidak dingin bukan terjadi tanpa alasan. Sebelum mengetahui cara yang baik untuk memperbaiki kulkas freezer tidak dingin, Anda harus menemukan terlebih dahulu permasalahan kulkas Anda. Berikut beberapa penyebab kulkas freezer tidak dingin yang harus Anda ketahui:

1. Karet Pintu Kulkas Kotor

Penggunaan kulkas dalam waktu panjang tentu akan memunculkan kemungkinan kondisi pintu kulkas yang kotor. Kondisi karet pintu kotor dapat menjadi penyebab kulkas freezer tidak dingin karena kotoran yang menempel pada karet pintu akan membuat pintu kulkas tidak dapat tertutup dengan rapat.

2. Kondisi Kulkas yang Penuh

Mengisi kulkas freezer hingga penuh dan tidak ada ruang lagi juga menjadi salah satu penyebab kulkas freezer tidak dingin. Hal ini dikarenakan, banyaknya muatan di dalam kulkas akan menyebabkan kulkas harus bekerja lebih untuk memberikan suhu dingin yang seharusnya.

3.  Suhu Tidak Diatur dengan Benar

Secara tidak sadar, Anda mungkin lupa untuk mengatur suhu kulkas dengan benar agar tetap dingin. Sehingga saat membuka kulkas, kondisi suhu di dalamnya menjadi tidak sedingin biasanya atau proses pendinginan tidak berlangsung sempurna.

4. Evaporator Rusak

Evaporator adalah komponen kulkas freezer yang bertugas untuk memindahkan suhu panas yang berada di dalam kulkas ke bagian luar. Saat kulkas freezer tidak lagi memberikan dingin seperti biasanya, maka Anda harus melakukan pengecekan pada bagian evaporator. Jika terdapat kerusakan, Anda dapat melakukan penggantian komponen.

5. Freon Habis

Selain evaporator, Anda juga dapat melakukan pengecekan pada freon kulkas. Freon merupakan komponen pendingin dalam beberapa alat pendingin. Suhu kulkas yang tidak dingin dapat disebabkan oleh isi freon yang telah habis dan harus diisi kembali.

Baca Juga: Blast Freezer: Pengertian, Kelebihan, Fungsi, dan Cara Memakainya

Berapa Lama Freon Kulkas Dapat Bertahan?

Freon pada kulkas idealnya dapat bertahan selama lebih dari 5 tahun pemakaian. Bahkan freon dapat bertahan dalam mesin pendingin pada kulkas freezer hingga puluhan tahun. Tidak hanya ditentukan dengan waktu, lamanya freon kulkas dapat bertahan juga ditentukan dengan perawatan komponen di dalamnya.

Pada dasarnya, freon kulkas bersirkulasi pada komponen mesin pendingin serta mengalami perubahan suhu, bentuk, dan tekanan. Selama proses sirkulasi tersebut, freon tidak akan berkurang, hanya saja terjadi perubahan bentuk.

Baca Juga: Oven Gas VS Oven Listrik? Mana yang Lebih Baik?

Bagaimana Cara Memperbaiki Kulkas Freezer yang Tidak Dingin?

Bila kondisi kulkas freezer yang tidak dingin terjadi pada Anda, cara memperbaiki kulkas freezer yang tidak dingin dapat dilakukan dengan beberapa hal berikut. Adapun cara yang dapat dicoba untuk memperbaiki kulkas adalah:

1. Periksa Pengaturan Suhu

Untuk mengatasi permasalahan kulkas freezer tidak dingin, langkah pertama dan utama yang harus dilakukan adalah memeriksa pengaturan suhu kulkas. Jika suhu kulkas diatur dalam pilihan yang dingin di bawah normal, maka Anda dapat mengubahnya dengan mengubah suhu kulkas pada tingkat dingin normal atau bahkan sangat dingin.

2. Bersihkan Karet Pintu Kulkas

Jika permasalahan terdapat pada tertutupnya karet pintu dengan kotoran, Anda dapat membersihkan bagian tersebut dengan spons lembut, air, dan sedikit campuran sabun. Hindari menggunakan sikat, sabut, atau alat pembersih yang bersifat keras karena dapat merusak karet pada pintu.

Selain membersihkan karet, tidak ada salahnya jika Anda juga membersihkan bagian sela-sela pintu agar kulkas bersih secara keseluruhan dan dapat berfungsi dengan sempurna.

3. Meletakkan Kulkas Freezer Pada Tempat yang Rata 

Penempatan kulkas nyatanya dapat memengaruhi suhu di dalam kulkas freezer. Pada kulkas yang diletakkan pada bagian miring atau tidak rata dapat menyebabkan suhu dingin di dalam kulkas keluar melalui celah pintu yang mungkin terbuka akibat posisi kulkas yang tidak sejajar. Pastikan kulkas freezer Anda telah ditempatkan pada bagian alas yang datar dan rata untuk menjaga kondisi kulkas tetap dingin.

4. Melakukan Servis

Kerusakan pada komponen khusus seperti evaporator dan komponen kulkas lainnya tidak disarankan untuk diatasi sendiri. Sebaiknya, lakukan servis kulkas freezer dan ganti komponen yang rusak pada teknisi ahli agar servis dan penggantian komponen dapat dilakukan dengan benar.

Baca Juga: 4 Cara Menyimpan Daging Sapi di Freezer yang Tepat

Di antara keempat cara memperbaiki kulkas freezer tidak dingin di atas, Anda dapat memilih menerapkan salah satunya sesuai dengan permasalahan yang terjadi. Perlu diingat bahwa penggantian komponen sangat tidak disarankan untuk dilakukan sendiri karena dapat memicu kerusakan pada bagian lain ketika terjadi kesalahan.

Apabila Anda membutuhkan kulkas untuk usaha kue, minuman, es krim, dan berbagai usaha lainnya, Sinar Himalaya dapat menjadi distributor Commercial Refrigerator berkualitas untuk Anda.

Kepuasan layanan dan kesuksesan pelanggan merupakan salah satu tujuan kami, jadi seluruh produk mesin kue, peralatan dapur, dan packaging terjamin kualitasnya. Hubungi Sinar Himalaya sekarang juga untuk informasi menarik lainnya.

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp