Sebagian orang masih menganggap bahwa daging sapi dapat disimpan tanpa memperhatikan bagaimana cara yang benar, apakah Anda adalah salah satunya? Cara menyimpan daging sapi di freezer yang salah akan membuat daging sapi tidak awet dan tentunya menyebabkan munculnya bau yang tidak sedap.

Untuk menjaga kualitas dan kandungan nutrisi pada daging, Anda harus mulai menerapkan cara menyimpan daging di freezer yang benar. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Bagaimana Cara Menyimpan Daging Sapi di Freezer?

Pexels Photo 112781

Meskipun tidak dapat dilakukan sembarangan, bukan berarti Anda harus melakukan berbagai alat dan cara yang merepotkan. Anda hanya harus memperhatikan beberapa hal dalam penyimpanan agar lebih efektif dan awet. Berikut merupakan cara menyimpan daging sapi di freezer:

1. Mengetahui Jenis Daging

Masing-masing daging sapi memiliki tingkat ketahanan dan cara penyimpanan yang berbeda. Sehingga sebelum menyimpan daging di kulkas agar awet, pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu jenis daging dan tingkat ketahanannya.

2. Potong Daging Menjadi Ukuran yang Lebih Kecil

Apabila Anda membeli sebuah daging dengan ukuran yang cukup besar, pastikan untuk memotong dan pindahkan ke wadah yang tertutup terlebih dahulu sebelum menyimpan daging sapi di kulkas freezer. Selain membantu membuat daging tetap awet, memotong daging juga dapat memudahkan Anda ketika akan memasak.

Namun, apabila Anda telah membeli daging dengan potongan kecil, maka cukup pindahkan daging pada wadah tertutup dan simpan ke dalam freezer. Wadah atau container dengan tutup dibutuhkan untuk menjaga daging dari kontaminasi bakteri dari luar yang menyebabkan daging lebih cepat membusuk dan tidak dapat dimasak.

Baca Juga: Blast Freezer: Pengertian, Kelebihan, Fungsi, dan Cara Memakainya

3. Hindari Mencuci Daging

Masih banyak orang yang melakukan kebiasaan mencuci daging sebelum disimpan, padahal cara tersebut tidak perlu dilakukan. Bahkan disarankan untuk menghindari kebiasaan mencuci daging sebab air dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan tumbuhnya bakteri serta jamur. Akibatnya, daging akan lebih cepat membusuk dan menimbulkan bau tidak sedap.

4. Bungkus Daging di Tempat Kedap Udara

Kemudian, sebelum menyimpan daging sapi di kulkas freezer, sebisa mungkin untuk memasukkannya terlebih dahulu ke tempat yang kedap udara seperti plastik vakum atau container plastik. Cara ini cukup perlu dilakukan apalagi daging tersebut memiliki kadar lemak yang banyak. Daging dengan kadar lemak yang banyak lebih berisiko mengalami freezer burn, yakni kondisi dimana permukaan daging tertutupi oleh kristal es dari proses penguapan molekul air.

5. Simpan Daging Dalam Keadaan Segar

Perlu Anda perhatikan bahwa sebaiknya menyimpan daging di dalam kulkas freezer dilakukan ketika daging masih dalam keadaan segar. Hal itu dikarenakan, jika daging dibiarkan terlalu lama di dalam suhu ruangan akan memicu pertumbuhan bakteri yang semakin cepat. Maka dari itu, daging segar harus segera disimpan di kulkas freezer, paling tidak 1 jam setelah membelinya agar kualitas daging tidak mudah rusak atau cepat busuk.

6. Atur Suhu Kulkas atau Freezer

Memasukkan daging mentah segar ke dalam freezer dapat bertahan pada suhu di bawah 4°C derajat celcius untuk beberapa hari. Apabila daging akan digunakan dalam jangka waktu yang panjang, Anda dapat membekukan daging terlebih dahulu agar lebih awet dan dapat digunakan di waktu yang akan datang.

Apa yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Menyimpan Daging di Freezer?

D157e0bb A35e 4534 8428 04aa4fc2063a

Selain mengetahui cara penyimpanan yang benar, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan apabila Anda menyimpan daging di freezer. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain:

1. Waktu Pengolahan

Setelah keluar dari freezer dan berada pada suhu ruang, daging harus segera diolah. Karena daging sapi hanya mampu bertahan pada suhu ruang selama 24 jam saja. Waktu pengolahan ini juga termasuk pada proses pencairan daging beku menggunakan microwave atau proses pemanasan lainnya.

2. Daging Tidak dapat Dibekukan Lagi

Daging yang telah melalui proses pemanasan dan dicairkan tidak dapat dibekukan kembali, jadi Anda harus mengolah seluruh daging yang telah dicairkan. Hal ini dikarenakan proses pembekuan ulang akan membuat kualitas daging menurun dan mempercepat proses pembusukan. Maka dari itu, sangat disarankan memotong daging dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan dalam satu kali masak untuk menghindari pembekuan ulang pada daging.

3. Memastikan Kulkas Bersih

Selain cara penyimpanan yang harus benar, Anda juga harus memperhatikan kondisi kulkas. Pastikan kulkas bersih dan higienis sehingga daging tidak terkontaminasi bakteri dari makanan atau kotoran sisa makanan di dalamnya.

4. Jangka Waktu Penyimpanan

Sebetulnya daging sapi dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama apabila disimpan di dalam freezer atau lemari es. Akan tetapi, untuk menjaga kualitas daging sapi mentah tetap baik, sebaiknya daging disimpan hanya dalam jangka waktu 3-4 bulan di freezer.

Lalu, jika daging telah mengalami proses pematangan alias sudah dimasak dan ingin dibekukan, maka daging tersebut dapat disimpan selama 2-3 bulan di dalam lemari es. Penyimpanan daging di freezer yang terlalu lama sebenarnya tidak membahayakan, namun hal ini bisa mempengaruhi tekstur dan rasa dari daging.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Oven Gas dengan Kualitas Terbaik

Apa Saja Manfaat dari Menyimpan Daging di Freezer?

Pexels Photo 5045087

Menyimpan daging di freezer membawa banyak manfaat terutama dari segala hal yang berkaitan dengan bakteria. Adapun manfaat yang dapat Anda rasakan ketika menyimpan daging di freezer adalah:

1. Mencegah Penyebaran Bakteri

Daging mentah berpotensi untuk membawa banyak bakteri di dalamnya. Akan menjadi hal yang berbahaya apabila bakteri pada daging sapi berkembang dan menyebar ketika dimasak dan dikonsumsi. Maka dari itu, penyimpanan beku pada freezer dapat membantu mencegah penyebaran bakteri baik pada bahan makanan lain maupun pada manusia yang mengonsumsinya.

2. Menjaga Daging Tetap Fresh

Makanan yang disimpan pada kulkas terutama bahan makanan mentah seperti daging akan terjaga kualitas dan tetap segar dalam jangka waktu tertentu. Hal ini dikarenakan kulkas dapat menjaga lingkungan sekitar makanan tetap dingin dan mencegah berkembangnya mikroorganisme berkembang.

Jadi itulah cara menyimpan daging sapi di freezer yang baik dan benar. Dalam menyimpan daging sapi, Anda dapat menerapkan sistem first in first out. Maksudnya, daging yang masuk ruang penyimpanan terlebih dahulu harus menjadi daging pertama yang diolah. Sehingga, kejadian daging busuk sebelum dimasak akibat terlalu lama disimpan dapat dihindari.

Baca Juga: 4 Cara Memperbaiki Kulkas Freezer yang Tidak Dingin

Kesalahan Menaruh Daging di Dalam Kulkas

1. Memegang Daging dengan Tangan Kotor

Pastikan kita sudah mencuci tangan sebelum memegang daging, hal ini untuk mencegah pindahnya kuman atau mikroba penyebab penyakit yang ada di tangan ke daging. Jika mikroba itu berkembang biak di daging maka akan sangat berbahaya karena dapat menimbulkan penyakit dan turunnya kualitas.

2. Mencuci Daging

Tidak perlu mencuci daging sapi ataupun kambing sebelum disimpan, karena mencucinya menyebabkan kandungan air dalam daging bisa bertambah. Daging menjadi lebih mudah rusak saat disimpan di freezer nanti jika berair.

3. Menyimpan di Wadah Terbuka

Bungkus daging dengan plastik wrap atau wadah tertutup supaya tidak mengering permukaannya sebelum disimpan dalam freezer. Hal ini untuk menghindari rusaknya daging akibat kondisi freezer burn yaitu kondisi dimana terjadinya kekurangan cairan dan oksidasi pada makanan.

Freezer burn adalah kondisi ketika makanan mengalami kekurangan cairan dan oksidasi karena udara mengenai makanan, sehingga jadi merusaknya. Kerusakan bahan makanan yang terjadi ini karena adanya proses sublimasi dari es menjadi uap air.

4. Tidak Segera Disimpan di Kulkas atau Freezer

Bahaya kontaminasi bakteri seperti Salmonella dan E. coli, dapat menyebabkan sejumlah penyakit, meningkat bila daging disimpan pada suhu kamar dalam waktu lama. Maksimal tiga hingga lima hari, simpan daging mentah seperti daging sapi dan kambing di lemari es.

Daging sebaiknya disimpan di dalam freezer dengan suhu -12 derajat Celcius atau di bawahnya agar tetap segar lebih lama. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat menyatakan bahwa Anda dapat menyimpan beberapa potong daging sapi mentah beku selama empat hingga dua belas bulan di dalam freezer.

Bagi pelaku usaha penjualan daging, pastikan untuk selalu memberikan keterangan tanggal daging dipotong dan batas waktu pengolahan. Selain itu, gunakan freezer atau chiller yang berkualitas untuk menyimpan daging seperti produk Sinar Himalaya Blast Freezer yang dapat membekukan bahan makanan dengan suhu di bawah 0℃.

Sebagai distributor peralatan dapur berkualitas, Sinar Himalaya juga menyediakan berbagai produk mesin dengan spesifikasi unggulan dan spare part beserta teknisi mesin peralatan dapur. Kunjungi website Sinar Himalaya sekarang juga untuk layanan peralatan dan packaging usaha Anda.

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp