5 Cara Membuat Frozen Food Dapat Tahan Lama

Cara Membuat Frozen Food Tahan Lama 1200x675

Frozen food kini telah menjadi salah satu makanan favorit masyarakat karena proses pengolahan yang mudah dan cepat. Tanpa perlu ribet meracik bahan-bahan, frozen food jadi stok bahan makanan favorit yang tinggal goreng, panggang atau kukus saja. Tapi, bagaimana cara membuat frozen food tahan lama? Ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti.

Cara ini semakin penting bagi pemilik bisnis atau usaha makanan. Bagi pengusaha restoran ataupun hotel, frozen food biasanya tersedia dalam stok yang banyak. Stok ini bisa habis dalam waktu yang cepat atau menumpuk dalam waktu yang cukup lama. Supaya frozen food dapat tahan lebih lama ketika disimpan, yuk ketahui informasi lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Frozen Food?

Frozen food adalah makanan yang dibekukan dengan tujuan untuk mengawetkan makanan hingga siap dimakan. Dalam proses pembekuan makanan, frozen food ini mengubah kandungan air menjadi es. 

Frozen food sendiri juga dapat dikatakan sebagai olahan makanan setengah matang. Masyarakat dengan tingkat kesibukan tinggi, biasanya memilih frozen food karena praktis dan bisa dikonsumsi kapan saja. 

Terutama bagi mereka yang tidak sempat mengolah bahan makanan atau tidak punya banyak waktu untuk memasak. Berbagai frozen food favorit yang biasa ditemukan adalah nugget, sosis, otak-otak, dumpling, crab stick, tempura dan lain sebagainya.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Adonan Tepung Fried Chicken

Bagaimana Cara Membuat Frozen Food Dapat Tahan Lama Disimpan?

Anda tentunya juga bisa membuat frozen food sendiri sesuai dengan selera. Namun, salah satu kesulitan yang harus dihadapi ketika menyimpan makanan ini sehingga bisa tahan lama. 

Anda harus memahami bagaimana proses yang tepat sehingga bisa membuat frozen food bertahan dalam periode waktu yang panjang. Berikut ini merupakan beberapa cara membuat frozen food dapat tahan lama ketika disimpan.

1. Gunakan Bahan Segar Dan Berkualitas

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih bahan segar dan berkualitas. Misalnya ketika Anda ingin membuat frozen food Ikan, maka gunakan ikan segar hindari ikan yang sudah terlalu lama di freezer. Apabila menggunakan berbagai bumbu, pastikan juga bumbu jauh dari tanggal kadaluwarsa. Langkah ini akan membuat frozen food Anda lebih awet dan enak.

2. Rebus Atau Masak Sebentar

Umumnya, frozen food terbuat dari bahan mentah yang langsung dibekukan. Namun, akan lebih baik jika Anda merebus atau memasaknya sebentar sehingga tekstur makanan jadi lebih padat dan tidak mudah hancur. Misalnya, kukus sosis atau otak-otak sebentar saja sebelum dibekukan.

3. Biarkan Dingin Dalam Suhu Ruang Terlebih Dahulu

Setelah Anda mengukus atau memasak sebentar bahan makanan, jangan langsung dibekukan. Biarkan makanan dingin dalam suhu ruang terlebih dahulu. Langkah ini dapat mencegah terjadinya pembusukan makanan serta membekukan makanan secara sempurna.

4. Gunakan Kemasan Tertutup Dan Kedap Udara

Pastinya Anda tidak ingin frozen food Anda tercemar bakteri bukan? Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu menggunakan kemasan tertutup dan kedap udara. Misalnya adalah plastik nylon kedap udara yang aman untuk produk konsumsi. Biasanya frozen food menggunakan plastik PE (poly ethyle) dan HDPE (high density poly ethyle). Pengemasan yang tepat juga dapat membantu frozen food Anda lebih awet.

5. Beri Label Tanggal Dan Siap Disimpan

Sebelum menyimpan dalam freezer, beri label tanggal pembuatan terlebih dahulu. Ini akan membantu Anda untuk menentukan kelayakan frozen food saat ingin memakannya. Biasanya, frozen food yang beku sempurna dapat tahan hingga 12 bulan. Jika sudah, simpan frozen food ke dalam freezer dengan suhu terbaik sekitar -18 derajat celcius.

Baca Juga: 4 Cara Menguleni Adonan Roti dengan Mixer

Bagaimana Cara Menyimpan Frozen Food Dengan Benar?

Frozen food tidak bisa disimpan sembarangan untuk tetap menjaga kualitasnya. Anda perlu memperhatikan beberapa faktor yang dapat memengaruhi kelayakan frozen food. Ini dia beberapa cara menyimpan frozen food dengan benar.

1. Perhatikan Lokasi Penyimpanan

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah lokasi penyimpanan frozen food. Pastikan lokasi penyimpanan kedap udara, baik ruang hampa dalam plastik atau wadah. Kondisi kedap udara ini akan membuat kualitas frozen food lebih terjaga.

2. Masukkan Segera Dalam Freezer

Pada dasarnya, frozen food bertujuan untuk mengawetkan olahan makanan. Ketika Anda membeli frozen food seperti nugget dan sosis, segera masukkan ke dalam freezer setelah Anda membeli. Jika terlalu lama berada dalam suhu ruang, dapat mengaktifkan bakteri dalam makanan dan membuat kualitasnya rusak.

3. Pastikan Suhu Freezer Terjaga

Suhu freezer yang ideal untuk menyimpan frozen food adalah -18 derajat celcius. Dengan tetap menjaga suhu freezer, mampu membantu kualitas frozen food Anda tetap terjaga. Jika suhu terlalu tinggi atau rendah, pastinya frozen food mudah mencair ataupun terlalu beku.

4. Jangan Terlalu Memenuhi Kapasitas Freezer

Guna mempertahankan suhu dan kualitas frozen food, pastikan Anda menata ruang freezer dengan baik. Jangan terlalu memenuhi kapasitas freezer karena akan membuat suhu menjadi tidak merata.

Baca Juga: Cara Mengatasi Adonan Nastar yang Pecah Ketika Dibuat

Bagaimana Cara Mengolah Frozen Food Dengan Tepat?

Meskipun telah menyimpan frozen food sebaik mungkin, Anda tidak bisa asal dalam mengolahnya. Tidak hanya berpengaruh pada kualitas makanan, tetapi juga faktor keamanan. Yuk simak beberapa cara mengolah frozen food dengan tepat di bawah ini.

1. Cairkan Terlebih Dahulu

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum mengolah frozen food adalah mencairkannya terlebih dahulu. Jangan olah dalam kondisi beku karena akan membuat kualitas berubah, bahkan mengundang bahaya apabila digoreng. Misalnya ketika menggoreng nugget dalam kondisi beku penuh es, bisa saja minyak meletup-letup dan melukai Anda. Rasa nugget pun juga akan cenderung masih keras dan tidak lezat.

2. Lunakkan Menggunakan Microwave

Jika Anda ingin segera mengolah frozen food tetapi tidak punya banyak waktu untuk mencairkannya, gunakan Microwave. Masukkan frozen food ke dalam microwave sebentar untuk melunakannya. Prosesnya akan lebih cepat, tetapi biasanya tidak terlalu merata.

3. Olah Setelah Sesuai Suhu Ruang

Setelah frozen food mencair dan sesuai dengan suhu ruang, Anda dapat segera mengolahnya. Frozen food biasanya diolah dengan cara digoreng, dikukus, dipanggang dan lain sebagainya.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai frozen food dan bagaimana cara menyimpannya yang dapat Anda coba. Apabila hanya untuk persediaan darurat, simpan frozen food secukupnya saja. Bahan makananan terbaik pastinya yang masih segar dan belum terlalu lama berada dalam kulkas atau freezer.

Apabila Anda merupakan seorang pengusaha restoran yang perlu menyimpan frozen food dalam kapasitas besar tetapi tidak memakan banyak ruang, undercounted freezer dapat menjadi pilihan yang tepat. Mesin pendingin berteknologi modern yang mampu membekukan makanan secara cepat. Menjaga kualitas Produk, baik dari tekstur, warna, maupun aroma. Dapatkan peralatan dapur dengan kualitas terbaik di Sinar Himalaya sekarang juga.

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp