3 Cara Membuat Adonan Tepung Fried Chicken

Cara Membuat Adonan Tepung Fried Chicken 1200x675

Crispy fried chicken on a wooden cutting board. Selective focus.

Fried Chicken adalah salah satu menu makanan favorit di berbagai kalangan masyarakat, bahkan ada banyak restoran yang menjualnya. Anda tidak perlu membelinya, karena Anda sendiri bisa membuat kentucky super renyah dan juicy di rumah. 

Penting untuk mengetahui bagaimana cara membuat adonan tepung fried chicken yang tepat sehingga terasa lebih renyah dan rasa lezat tak kalah dengan restoran-restoran tersebut.

Adonan tepung untuk membuat fried chicken sendiri biasanya terdiri dari adonan tepung basah dan kering. Apabila menginginkan sensasi fried chicken lebih renyah, tentunya Anda tidak bisa hanya mengandalkan tepung bumbu instan saja. Cara membuat adonan tepung fried chicken yang tepat dapat menghadirkan rasa yang lebih lezat dan renyah yang dapat bertahan lama. Yuk ketahui cara membuat fried chicken di bawah ini.

Bagaimana Cara Membuat Adonan Tepung Fried Chicken?

Sebelum Anda mulai membuat fried chicken, pastikan adonan tepung yang digunakan memiliki rasa yang lezat. Tidak hanya renyah, adonan tepung juga harus mampu memberikan cita rasa lebih kuat untuk fried chicken. Berikut ini merupakan cara membuat adonan tepung fried chicken yang dapat Anda coba.

1. Cara Membuat Adonan Pelapis

Fried chicken biasanya digoreng menggunakan dua adonan tepung yaitu basah dan kering. Tetapi, Anda juga perlu menggunakan adonan pelapis supaya adonan tepung Anda lebih menempel. Tidak perlu ribet, hanya perlu dua bahan saja untuk membuat adonan pelapis.

Anda cukup mencampurkan buttermilk dan putih telur saja. Pastikan kedua bahan tersebut tercampur sempurna sehingga mampu menjadi lapisan pertama yang tepat dalam proses pembuatan fried chicken Anda.

2. Cara Membuat Adonan Tepung Basah

Jika sudah, selanjutnya Anda perlu membuat adonan tepung basah. Bukan hanya tepung terigu saja, adonan tepung basah perlu mencampur jenis tepung lain agar renyahnya fried chicken dapat tahan lama. Ini dia beberapa tips membuat adonan tepung basah untuk fried chicken.

  • Siapkan tepung terigu, tepung beras, garam dan bumbu halus secukupnya.
  • Pertama, campurkan terlebih dahulu tepung terigu dan tepung beras.
  • Lalu masukkan campuran garam dan bumbu halus. Bumbu halus ini dapat Anda buat dengan menghaluskan bawang putih, ketumbar dan sedikit bawang bombay.
  • Pastikan semua bahan adonan tepung basah tercampur rata dan halus tanpa gelembung.

3. Cara Membuat Adonan Tepung Kering

Adonan tepung kering menjadi adonan terakhir yang dibutuhkan untuk membuat fried chicken. Adonan ini akan menjadi lapisan terluar yang memberikan kesan renyah dan menggoda. Lalu, bagaimana ya cara membuat adonan tepung kering fried chicken super renyah? Ini dia beberapa caranya.

  • Siapkan tepung terigu dengan kandungan protein sedang, sedikit tepung maizena, garam dan racikan bumbu bubuk.
  • Racikan bumbu bubuk dapat dibuat dengan campuran kaldu ayam, ketumbar bubuk dan merica bubuk.
  • Jika sudah siap, campur rata semua bahan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Adonan Nastar yang Pecah Ketika Dibuat

Bagaimana Tips Membuat Fried Chicken Yang Renyah Dan Juicy?

Anda ingin membuat fried chicken terasa lebih renyah tetapi juicy? Bukan hanya adonan tepung, tetapi cara pengolahan ayam dan cara menggorengnya juga perlu tips khusus. Yuk simak beberapa tips membuat fried chicken yang renyah dan juicy di bawah ini.

1. Marinasi Ayam Terlebih Dahulu

Jika Anda sudah memotong dan mencuci bersih ayam, jangan langsung diolah! Marinasi ayam terlebih dahulu. Cara paling mudah adalah marinasi ayam menggunakan air garam. Tetapi untuk rasa yang lebih lezat, tambahkan campuran bumbu dan rempah. Anda dapat memarinasi ayam selama semalaman di kulkas atau 30 menit di suhu ruang. Proses marinasi ini akan membuat bumbu meresap dan ayam jadi lebih empuk.

Baca Juga: Ketahui Ciri-ciri Adonan Kalis Berikut Ini!

2. Buat Campuran Bumbu Dan Rempah

Campuran bumbu dan rempah tidak hanya berguna untuk proses marinasi, tetapi Anda juga dapat menambahkannya dalam adonan tepung. Beberapa campuran bumbu dan rempah ini dapat dibuat dengan bawang putih, bawang bombay, kaldu, merica, ketumbar dan lain sebagainya sesuai selera Anda. Jika sudah dalam bentuk bumbu halus, Anda dapat menambahkannya ke larutan marinasi dan adonan tepung basah. Untuk campuran tepung kering, pastikan bumbu dalam bentuk bubuk.

3. Gunakan Putih Telur Dan Tepung Maizena

Putih telur digunakan untuk membuat adonan tepung fried chicken Anda jadi lebih menempel. Jangan gunakan bagian kuning telur karena justru membuat adonan tepung menjadi terlalu lembut dan tidak menempel sempurna. Sedangkan tepung maizena sendiri berfungsi menjadi campuran adonan tepung kering yang membuat fried chicken lebih renyah.

4. Gunakan Adonan Tepung Basah Dan Kering

Dalam membuat fried chicken yang renyah dan juicy, tidak cukup menggunakan satu adonan tepung saja. Anda perlu menggunakan adonan tepung basah dan sering serta adonan pelapis. Penggunaan tiga macam adonan ini juga dapat membuat fried chicken Anda renyah lebih lama.

Baca Juga: 5 Cara Mixer Adonan yang Benar dan Tepat

5. Perhatikan Panas Minyak Saat Menggoreng

Tips terakhir yang perlu diperhatikan adalah panas minyak saat ingin menggoreng. Pastikan minyak tidak terlalu panas sehingga fried chicken tidak mudah gosong. Tetapi, minyak juga jangan terlalu dingin karena fried chicken bisa saja tidak matang sempurna dan adonan tepung larut dalam minyak. Dengan panas minyak yang pas, fried chicken akan matang sempurna dengan warna keemasan menggoda.

Nah, itulah tadi cara membuat adonan tepung fried chicken serta tips supaya lebih renyah dan juicy yang dapat Anda coba. Tidak perlu repot-repot membeli, fried chicken buatan sendiri pasti tidak akan kalah lezat. Sekarang, membuat fried chicken renyah dan juicy jadi lebih mudah.

Untuk memaksimalkan proses memasak, pastikan menggunakan peralatan dapur dengan kualitas terbaik. Kalau ingin memasak fried chicken dengan metode deep frying, maka Anda dapat menggunakan gas fryer machine atau electric fryer machine sebagai solusi Anda. Ingin fried chicken selalu hangat dan tepung tetap crispy? Mesin warming showcase dapat membantu Anda menjaga makanan tetap hangat dan crispy. Kunjungi Sinar Himalaya sekarang juga, dapatkan informasi peralatan dapur terbaik dengan fungsi optimal untuk Anda.

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp