Simak 2 Cara Memperbaiki Burner Kompor Gas yang Rusak Ini!!

Pasti kerap merasa bingung soal kompor yang secara tiba-tiba tidak bisa bekerja semestinya. Mengingat peralatan dapur ini terbilang sangat penting untuk keperluan rumah tangga ataupun bisnis kuliner Anda. Tidak perlu panik dan gundah, sebab ada cara memperbaiki burner kompor gas yang mengalami masalah.

Yuk ketahui semua tanda-tanda kompor gas Anda mengalami kerusakan dan bagaimana cara memperbaiki burner kompor gas agar dapat kembali berfungsi seperti sedia kala. Jangan lewatkan membaca informasi di bawah ini!

Apa Fungsi Burner Kompor Gas?

 

Sebelum membahas fungsi dari burner pada kompor, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu pengertian sekilas dari bagian penting pada kompor ini. Burner jika diartikan secara harfiah merupakan pembakar. Maka, fungsi dari burner sendiri adalah mempertemukan gas dan oksigen sehingga mampu menghasilkan api yang menyala.

Selain itu, burner memiliki bentuk yang dirancang dengan khusus. Karena hal tersebut juga menentukan tingkat efisiensi dari kompor gas. Oleh sebab itu Anda perlu lebih cermat dalam memilih kompor gas. Salah satunya dengan mempertimbangkan bagian burner atau pembakar tersebut.

Semakin efisien komponen burner dalam menyalurkan api kompor gas ke bagian permukaan alat masak, maka akan membantu juga dalam penghematan penggunaan gas. Hal ini juga memberi keuntungan dalam mendapatkan tingkat kematangan yang merata pada seluruh sajian.

 

Baca Juga: Cara Membersihkan Burner Kompor Gas dengan Tepat

 

Bagaimana Tanda-Tanda Kompor Gas Rusak?

 

Agar nantinya Anda tidak panik saat kompor mendadak rusak, kenali tanda-tandanya terlebih dulu di sini, ya. Dengan mengetahui tanda-tanda ini, tentunya Anda juga akan dapat mengatasinya.

1. Api atau Pembakaran Tidak Merata

Salah satu hal yang dapat menjadi penanda kalau kompor gas Anda mengalami kerusakan adalah api yang menyala atau proses pembakaran yang tidak merata. Anda dapat dengan mudah mengetahuinya yaitu jika api yang dihasilkan tidak lagi biru dan justru berubah menjadi merah dan kuning atau berkedip-kedip hal tersebut merupakan tanda kompor gas Anda rusak.

Sehingga, hal yang dapat Anda lakukan adalah segera bersihkan bagian tungku kompor. Hal tersebut dapat terjadi mungkin karena adanya beberapa partikel yang menyumbat tungku kompor sehingga mengakibatkan api tidak dapat keluar dengan sempurna.

2. Sering Mengeluarkan Bau Gas

Faktor lainnya yang juga dapat menjadi tanda kalau kompor gas milik Anda rusak adalah munculnya bau gas yang secara terus-menerus setiap kali kompor dinyalakan. Sebab, hal tersebut mengindikasi bahwa adanya kebocoran.

Apabila hal demikian terjadi, maka tindakan pertama yang perlu Anda lakukan adalah segera matikan kompor dan cabut regulator tabung gas. Namun, jika tetap tercium bau gas, sebaiknya Anda melakukan penggantian tabung dan perlengkapannya. Tentu saja, bau gas tersebut selain tidak baik untuk tubuh, jika tetap menyalakan kompor gas bisa saja terjadinya kemungkinan kebakaran.

 

Baca Juga: Mengenal Macam-macam Oven untuk Memanggang

 

3. Sulit Menyala Jika Ditinggal dalam Jangka Waktu Lama

Tanda kompor gas rusak berikutnya dapat ditandai dengan sulitnya kompor menyala saat sudah lama tidak digunakan. Kondisi tersebut sebenarnya kerap terjadi, jika memang Anda sering bepergian. Selain itu, permasalahan kompor gas ini nyatanya masih dapat diperbaiki dengan cara melakukan pengecekan katup pengaman pada selang regulator.

Cara lain yang juga bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya adalah dengan melepas regulator dari gas, kemudian memasangnya kembali. Namun, apabila kompor gas tetap tidak kunjung menyala, maka sudah dapat dipastikan kompor gas milik Anda mengalami kerusakan dan tidak dapat digunakan kembali.

4.  Panel Kontrol Tidak Berfungsi

Selanjutnya, yang menjadi tanda kompor gas Anda rusak jika panel control pada kompor tidak dapat berfungsi semestinya. Panel control pada kompor sendiri memiliki fungsi yang sangat berguna untuk mengatur soal seberapa besar atau kecilnya api yang akan Anda gunakan saat memasak.

Nah, saat panel control tersebut tidak lagi berfungsi maka alangkah baiknya segera mengganti kompor lama Anda dengan yang baru. Mengapa demikian? Sebab, hal tersebut nantinya juga dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

 

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Kompor Gas Oven

 

Bagaimana Cara Memperbaiki Burner Kompor Gas yang Rusak?

 

Burner merupakan bagian dari kompor gas yang menjadi tempat keluarnya api. Sehingga sudah harus dipastikan komponen kompor ini memiliki kondisi yang baik. Sebab, akan sangat mempengaruhi nyala api yang dihasilkan oleh kompor gas. 

Lalu, bagaimana jika burner pada kompor mengalami kerusakan? Apa yang harus Anda lakukan? Berikut ini cara memperbaiki burner kompor gas yang rusak. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini :

1. Pastikan Tutup Burner Tidak Salah Tempat

Penyebab umum kompor gas menolak untuk menyala adalah mungkin saja dikarenakan tutup kompor yang hilang atau longgar. Burner kompor Anda tidak akan menyala jika tutupnya tidak berada pada posisi yang benar. Oleh karena itu, selalu periksa apakah setiap tutup burner Anda telah disejajarkan dengan benar sebelum mencoba menyalakannya.

2. Bersihkan Kuningan Burner

Burner kompor mengalami kerusakan juga dapat disebabkan karena mengendapnya kotoran pada komponen. Sehingga, Anda harus membersihkan burner secara rutin untuk menjaga kinerja kompor gas. Meskipun posisi burner terbilang cukup tersembunyi, kenyataannya burner ini rentan sekali kotor. Penyebab utamanya tidak lain karena api yang terus-menerus mengenai burner sehingga menimbulkan noda hangus.

Selain itu, kebiasaan Anda dalam memasak juga dapat memengaruhi kondisi burner. Berikut alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membersihkan komponen burner :

  • Kain bersih
  • Sikat gigi bekas
  • Sabun cuci piring
  • Air hangat
  • Klip kertas
  • Spons cuci piring berbahan halus.

Setelah alat dan bahan dipersiapkan, berikut adalah langkah-langkah untuk membersihkan komponen burner:

1. Cabut Pipa Gas

Langkah pertama, tentunya cabut pipa gas yang masih menempel supaya proses pembersihan aman.

2. Angkat Burner Kompor Gas

Segera angkat burner sebelum dibersihkan. Pastikan bahwa burner tidaklah panas ketika diangkat.

3. Rendam Burner

Campurkan sabun cuci piring ke dalam wadah yang berisi air hangat, dan rendam burner selama 30 menit.

4. Gosok Burner

Ketika sudah direndam, gosoklah burner menggunakan spons halus dan sikat gigi bekas.

5. Keringkan

Jika burner sudah dirasa bersih, maka Anda bisa mengeringkan burner dengan kain lap bersih.

Begitulah cara memperbaiki burner kompor gas dengan benar. Namun, pastinya Anda juga pernah menggunakan kompor gas yang susah menyala, sehingga api yang keluar berukuran kecil. Padahal burner kompor gas tidak dalam kondisi rusak. Jika demikian, Anda perlu mengetahui cara memperbaikinya di bawah ini.

 

Cara Memperbaiki Kompor Gas yang Apinya Kecil

 

  1. Bersihkan kerak pada corong api supaya tidak terjadi sumbatan. Kerak dapat dibersihkan dengan lemon dan baking soda, atau jeruk nipis.
  2. Bersihkan pula tungku kompor gas yang tertutup kerak.
  3. Bersihkan katup gas dengan bantuan orang yang sudah profesional. Hal ini dikarenakan jika terjadi kesalahan, maka dapat memicu kebakaran.
  4. Bersihkan selang agar aliran gas dari tabung menuju tungku tidak terhambat. Mintalah juga bantuan pada orang yang sudah profesional untuk tahap ini.
  5. Bersihkan pemantik api dengan mencuci atau mengelap kompor.

Dengan membersihkan bagian-bagian tersebut, maka kompor gas yang Anda miliki kemungkinan akan beroperasi seperti sedia kala.

 

Cara Merawat Kompor Gas agar Awet

Cara Merawat Kompor Gas Agar Awet

Setelah mengetahui bagaimana cara memperbaiki burner kompor gas yang rusak, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda terapkan untuk merawat kompor gas agar proses memasak tidak terganggu:

1. Bersihkan Tungku Kompor Setelah Masak

Pastikan untuk membersihkan tungku kompor setelah memasak. Anda bisa mengelap semua bagian kompor dengan cermat dan sikat sela-selanya menggunakan sikat plastik. Jika diperlukan, Anda juga bisa membersihkannya dengan cairan pembersih untuk kompor.

2. Lap Sisa Minyak secara Berulang

Jika terdapat sisa minyak pada badan dan tungku kompor, maka Anda harus mengelapnya secara berulang. Ketika Anda mengelapnya untuk pertama kali, Anda bisa menggunakan kertas bekas. Lalu, proses pengelapan selanjutnya dapat menggunakan kain bersih.

3. Bersihkan Kompor Gas secara Berkala

Kompor gas perlu dibersihkan secara berkala agar mampu bertahan lama. Meskipun Anda jarang menggunakan kompor gas sekalipun, namun kompor tersebut tetap perlu dibersihkan. Disarankan untuk melepas masing-masing komponen supaya Anda dapat membersihkannya dengan lebih mudah.

4. Pastikan untuk Memeriksa Regulator Kompor

Untuk memastikan keamanannya, regulator kompor gas harus diperiksa secara berkala. Saat kompor hendak digunakan, pastikan bahwa regulator sudah terpasang dengan benar. Pastikan juga bahwa tekanan pada regulator terdapat di posisi low pressure, sehingga dapat meminimalkan risiko ledakan dan api kompor gas tetap berwarna biru.

 

Itulah sederet cara memperbaiki komponen burner pada kompor jika mengalami kerusakan, beserta cara merawat kompor gas yang dapat Anda terapkan. Selain itu, cara memperbaiki kompor gas yang apinya kecil juga perlu Anda ketahui agar tidak menghambat proses memasak.

Sedang membutuhkan kitchen equipment dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi? Jawaban pastinya jelas Sinar Himalaya sebagai penyedia segala kebutuhan mulai dari bakery machine, kitchen, pharmacy & food processing machine, bakeware & utensil dan masih banyak lagi. Hubungi Sinar Himalaya sekarang juga dan konsultasikan kebutuhan dapur Anda!

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp