6 Cara Membersihkan Burner Kompor Gas dengan Tepat

Kompor gas telah menjadi pilihan mayoritas orang untuk beraktivitas di dapur karena proses penggunaan dan perawatannya relatif mudah. Nah, salah satunya adalah dengan membersihkan kompor gas beserta komponennya secara berkala. Namun tidak cukup membersihkan permukaan kompor saja, Anda juga perlu mengetahui cara membersihkan burner kompor gas dengan tepat.

Apabila aktivitas membersihkan burner kompor gas dilakukan secara asal, bisa saja memengaruhi pengapian kompor. Jika api tidak bekerja sesuai kebutuhan, tentunya akan menghambat kegiatan memasak Anda.

Tidak hanya itu, burner yang tidak dibersihkan atau dipasang dengan baik dapat berpotensi menimbulkan bahaya kebocoran gas. Yuk ketahui lebih lanjut mengenai burner kompor gas dan cara membersihkannya dengan tepat di bawah ini.

 

Apa Itu Burner Kompor Gas?

 

Burner kompor gas adalah bagian dari kompor gas yang bertanggung jawab untuk membakar gas. Burner ini terdiri dari tabung yang terbuat dari logam yang dilalui oleh gas, dan di ujungnya terdapat api yang dihasilkan oleh pembakaran gas.

Fungsi dari burner kompor gas adalah digunakan untuk memasak dengan menggunakan gas sebagai sumber panas. Burner kompor gas biasanya terletak di atas meja atau countertop, dan terdapat beberapa tombol atau kontrol yang digunakan untuk mengatur tingkat panas yang diinginkan.

 

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Kompor Gas Oven

 

Bagaimana Cara Membersihkan Burner Kompor Gas dengan Tepat?

 

Sebagai salah satu komponen penting dalam kompor gas, Anda perlu berhati-hati ketika ingin membersihkan burner kompor gas. Jangan asal membersihkan dan membuat burner menjadi tidak berfungsi dengan baik. Berikut ini merupakan beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk membersihkan burner kompor gas dengan tepat.

1. Matikan Gas dan Biarkan Burner Dingin

Langkah pertama sebelum membersihkan kompor gas adalah pastikan Anda menutup regulator pada tabung gas dan lepaskan selang pada kompor. Jika sebelumnya kompor baru saja digunakan, maka pastikan burner telah dingin sebelum membersihkannya. Akan ada risiko terkena api kompor atau panas yang tinggi apabila Anda langsung membersihkan kompor gas dalam kondisi masih panas.

Jadi, pastikan burner telah benar-benar dingin sebelum mulai membersihkannya. Selain itu, burner yang masih panas juga dapat menyebabkan bahan pembersih yang digunakan tidak bekerja dengan optimal, sehingga membersihkan burner akan menjadi lebih sulit.

2. Lepaskan Burner dari Kompor dan Cuci Bersih

Berikutnya adalah bilas dengan air bersih burner yang telah dingin dan jika diperlukan gunakanlah sabun cuci yang mampu menghilangkan noda membandel. Gunakan sikat gigi untuk membersihkan bagian-bagian yang terkotor. Pastikan Anda membersihkan burner kompor gas secara teliti, berikut dengan geriginya yang mungkin kotor terkena percikan kuah masakan.

 

Baca Juga: Mengenal Macam-macam Oven untuk Memanggang

 

3 . Gunakan Alat dan Bahan Khusus

Jika burner masih terlihat kotor, Anda dapat menggunakan sikat khusus untuk membersihkan burner gas. Selain itu, coba bersihkan dengan bahan-bahan alami seperti baking soda atau cuka. Penggunaan bahan pembersih tambahan ini dapat mengoptimalkan kebersihan burner kompor gas.

4. Keringkan Burner

Setelah membersihkan burner, keringkan dengan baik. Jangan membiarkan burner basah terlalu lama. Bahan pembuatan burner sendiri rawan terkena korosi karatan, sehingga Anda harus memastikan burner kering sebelum memasangnya ke kompor.

5. Pasang Burner ke Kompor dengan Benar

Pasang kembali burner ke kompor dan pastikan semuanya terpasang dengan benar. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memastikan burner terpasang dengan benar. Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memasang burner kompor gas.

  • Burner terletak dengan tepat di atas lubang kompor, tidak goyah atau tergeser ke samping.
  • Burner terpasang dengan kencang, tidak mudah terlepas atau bergeser ketika digunakan.
  • Tidak ada bahan yang menghalangi aliran gas ke burner, seperti debu atau kotoran.
  • Tidak ada bahan yang menghalangi pengapian burner, seperti debu atau kotoran.
  • Burner terpasang dengan sesuai dengan instruksi pemasangan yang disarankan oleh produsen.
  • Burner memiliki ukuran yang sesuai dengan kompor dan tekanan gas yang disarankan oleh produsen, sehingga tidak terlalu panas atau terlalu dingin saat digunakan.

 

Baca Juga: Mengenal Fungsi Showcase untuk Usaha Bakery

 

6. Pastikan Burner Berfungsi dengan Baik

Nyalakan gas dan periksa apakah burner berfungsi dengan baik. Apakah nyala api telah sempurna kemudian burner terlalu panas atau terlalu dingin. Jika terlalu panas atau terlalu dingin, itu bisa menandakan adanya masalah dengan regulator tekanan gas atau dengan ukuran burner.

 

Tips Merawat Burner Kompor Gas

 

Merawat burner kompor gas tentunya perlu dilakukan agar kompor gas dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut adalah tips merawat burner kompor gas yang perlu Anda ketahui:

1. Bersihkan Burner secara Rutin

Bersihkan burner ketika selesai digunakan atau setidaknya seminggu sekali. Hal ini dilakukan untuk menghindari timbulnya noda dan kerak yang membandel. Selain itu, membersihkan burner secara rutin juga akan menghilangkan kuman yang bersarang.

2. Gunakan Sikat yang Lembut ketika Membersihkan

Penggunaan sikat lembut tentunya bertujuan untuk menghindari timbulnya goresan pada permukaan burner.

3. Jangan Gunakan Bahan Kimia yang Keras

Jangan gunakan pembersih atau pemutih berbasis asam yang berpeluang merusak material burner. Gunakanlah cairan pembersih yang lembut dan aman digunakan, seperti baking soda atau sabun cuci piring.

4. Jangan Biarkan Noda dan Kerak Menumpuk

Noda dan kerak yang menumpuk pada burner tentunya akan sangat sulit dibersihkan. Namun, jika noda dan kerak sudah terlanjur menumpuk, maka Anda dapat menggunakan cairan pembersih khusus yang aman untuk jenis material burner.

5. Pastikan Selang Gas Selalu dalam Kondisi Baik

Periksa kondisi selang gas secara rutin agar tidak terjadi kerusakan maupun kebocoran pada selang. Gantilah selang gas dengan yang baru apabila sudah rusak atau aus untuk menghindari kecelakaan ketika memasak.

Itulah tadi beberapa cara membersihkan burner kompor gas yang dapat Anda coba, serta tips untuk merawat burner. Ingatlah selalu untuk berhati-hati saat membersihkan burner gas dan pastikan Anda mengikuti instruksi penggunaan yang tercantum dalam buku petunjuk produk. Jika Anda merasa tidak yakin atau tidak nyaman saat membersihkan burner gas, sebaiknya segera hubungi profesional. Hindari melakukan tindakan sembarangan terhadap komponen kompor gas Anda, guna meminimalisir terjadinya bahaya dan mengoptimalkan kenyamanan penggunaan.

Anda sedang membutuhkan kompor gas yang membuat aktivitas memasak jadi lebih nyaman dan cepat? Menggunakan gas style burner dari Sinar Himalaya dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Peralatan dapur yang berkualitas dapat memengaruhi hasil masakan serta keamanan saat memasak. Yuk kunjungi Sinar Himalaya sekarang juga, dapatkan peralatan memasak terlengkap dengan kualitas terbaik khusus untuk Anda.

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp