Apa Itu Mesin Filling dan Apa Saja Jenis-Jenisnya?

Bisnis makanan melibatkan beberapa aspek dalam operasionalnya, termasuk distribusi. Untuk memberikan produk yang berkualitas dengan akses mudah, Anda perlu melakukan pengemasan produk ke dalam berbagai wadah. Nah, mesin filling adalah alat yang dapat membantu Anda untuk melakukan pengemasan tersebut. Yuk ketahui juga fungsi dan jenisnya agar Anda dapat memanfaatkan secara maksimal untuk bisnis.

 

Apa Itu Mesin Filling?

 

Mesin filling adalah sebuah mesin yang digunakan untuk mengisi produk atau bahan ke dalam kemasan. Beberapa jenis kemasan yang biasanya membutuhkan mesin ini misalnya botol, kaleng dan sachet. Proses pengisian produk ini biasanya memerlukan presisi dan kecepatan yang tinggi.

Anda barangkali telah mengetahui bahwa Mesin filling umumnya digunakan dalam industri makanan dan minuman, kosmetik, farmasi, dan industri lainnya yang membutuhkan proses pengisian yang akurat dan efisien. Kemudian guna menyesuaikan kebutuhan industri, mesin filling terdiri dari berbagai jenis seperti mesin cairan, bubuk, granul, pasta dan lain sebagainya. Masing-masing jenisnya dapat disesuaikan dengan jenis produk yang akan diisi dan spesifikasi kemasan yang digunakan.

 

Baca juga: 5 Cara Membuat Frozen Food Tahan Lama

 

Fungsi Mesin Filling

 

Semakin dibutuhkan di berbagai industri, seberapa penting mesin filling untuk menunjang kegiatan bisnis? Hal ini tentunya berkaitan dengan apa saja manfaat yang diberikan dari alat teknologi filling ini. Anda dapat menyimak informasi berikut ini yang menyajikan beberapa fungsi mesin filling yang perlu diketahui.

1 . Mengisi Produk dengan Presisi dan Kecepatan Tinggi

Fungsi utama dari mesin filling yang paling dibutuhkan adalah mampu mengisi produk dengan presisi dan kecepatan tinggi. Apa maksudnya? Pengaturan dalam mesin ini memungkinkan untuk pengisian produk dengan hasil takaran yang sama, secara berulang-berulang dalam waktu cepat. Fungsi ini tentunya membantu Anda mendapatkan hasil pengemasan yang akurat dibandingkan dengan melakukannya secara manual.

2. Meminimalisir Kesalahan Pengisian

Masih terhubung dengan fungsi utamanya, mesin ini dapat meminimalisir kesalahan pengisian produk. Apabila menggunakan cara manual, potensi human error yang mengakibatkan takaran tidak sama pun bisa saja terjadi. Dengan mesin filling, pengaturan yang tepat dan performa alat yang tinggi dapat membuat potensi kesalahan pengisian tersebut semakin minim.

3. Membuat Proses Produksi Jadi Lebih Efisien

Selanjutnya mesin ini juga berfungsi untuk membuat proses produksi menjadi lebih efisien. Bagaimana bisa? Kehadiran alat ini dapat meminimalisir keterlibatan manusia dan membuat proses produksi menjadi lebih praktis serta sesuai dengan perencanaan. Minimnya pembuangan produk akibat kegagalan pengemasan, berdampak pada efisiensi produksi.

4. Meningkatkan Efisiensi Penggunaan Bahan Baku

Berkaitan dengan proses produksi di atas, mesin filling juga dapat sekaligus meningkatkan efisiendi penggunaan bahan baku. Hal ini dikarenakan pengemasan yang tertata, presisi tepat dan minim error sehingga tidak ada peristiwa pembuangan produk. Bahan baku dapat disediakan sesuai dengan kebutuhan dan juga output, sehingga jarang memerlukan stok cadangan atau menambah penggunaan bahan baku diluar perencanaan.

5. Menekan Biaya Produksi

Yang terakhir mesin ini berfungsi dalam menekan biaya produksi. Tidak memerlukan banyak keterlibatan manusia, pengemasan dengan presisi dan kecepatan tinggi, pengoptimalan bahan baku utama memberikan dampak baik dalam hal pembiayaan. Dengan menekan biaya produksi, maka potensi peningkatan keuntungan bisnis pun semakin besar.

 

Baca juga: Mengenal Mesin Planetary Mixer, Keunggulan dan Cara Kerjanya

 

Jenis-Jenis Mesin Filling

 

Lalu, apakah satu mesin filling dapat menangani berbagai pengemasan produk? Tentu saja tidak. Anda dapat memanfaatkan beberapa jenis mesin filling di bawah ini sesuai dengan kebutuhan pengisian dan pengemasan produk bisnis.

1. Automatic Vertical Filling Machine

Jenis yang pertama adalah mesin filling sachet. Ini merupakan mesin yang bermanfaat untuk mengisi produk dalam bentuk cair , bubuk, pasta dan butiran. Untuk menggunakan jenis mesin yang satu ini, Anda dapat melakukan penakaran sesuai ukuran yang diinginkan untuk dijual.

Mesin filling sachet biasanya cocok untuk digunakan ke berbagai macam produk cair, bubuk , pasta dan butiran seperti minyak goreng, sabun cair, shampoo, kopi bubuk , saus , gula pasir dan lain sebagainya. Hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan mesin ini adalah memastikan berat pengisian produk itu presisi atau sama antara satu dengan yang lainnya.

2. Semiautomatic Filling Machine

Selanjutnya, ada jenis Semiautomatic Filling Machine yang digunakan untuk mengisi produk dengan bentuk cair dan pasta. Apa maksudnya bentuk cair dan pasta? Ini merupakan produk yang sifatnya cair, tapi teksturnya tidak pekat dan encer (viscositas rendah). Beberapa contoh produk yang masuk dalam kategori cair seperti , minyak goreng , minuman ringan , pestisida cair dll.

Jenis Semiautomatic Machine sendiri saat ini sudah banyak menyediakan berbagai jenis mutakhir yang semakin memudahkan proses pengemasan dengan cepat dan tepat.

3. Semiauto Vertical Filling Machine

Apabila produk yang Anda jual berbentuk powder ataupun granual, Semiautomatic Vertical Filling Machine merupakan jenis tepat untuk dimanfaatkan. Jenis mesin ini juga sudah dilengkapi dengan Cup / Takaran (untuk produk Granul) dan Screw Feeder / Spiral  (untuk produk bubuk) sehingga penakaran Anda menjadi lebih presisi dan minim kesalahan.

Beberapa produk yang biasanya menggunakan jenis mesin filling ini adalah bubuk kopi, granual biji-bijian, bubuk susu dan lain sebagainya. Dengan menggunakan mesin ini, Anda dapat menghemat tenaga manusia untuk operasional sekaligus melakukan pengemasan secara tepat dan cepat.

 

Nah, itulah tadi informasi lengkap mengenai apa itu mesin filling beserta fungsi dan jenisnya yang perlu Anda ketahui. Untuk menunjang kegiatan produksi di industri makanan maupun farmasi, penggunaan mesin ini menjadi solusi penerapan teknologi terbaik. 

Tentunya, Anda juga perlu memerhatikan kehadiran tenaga ahli dalam mengoperasikan mesin ini termasuk segala teknis dan kemampuan mengatasi error yang mungkin saja terjadi. Hal ini dilakukan sebagai langkah preventif agar proses produksi dapat terus berjalan secara optimal.

Butuh mesin filling berkualitas untuk bisnis Anda? Sinar Himalaya menawarkan berbagai produk filling terlengkap dengan kualitas terbaik khusus untuk Anda. Kami juga menyediakan berbagai macam produk baking, frying, food processing dan lain sebagainya. Ingin tahu informasi lebih lanjut? Yuk kunjungi Sinar Himalaya sekarang juga.

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp