Apa Itu Meat Grinder? Cek Pula Rekomendasinya

Meat grinder adalah salah satu alat yang menghadirkan banyak manfaat bagi para pengguna dalam membuat berbagai hidangan makanan yang berbahan dasar daging. Dengan menggunakan bantuan alat ini, maka Anda dapat melakukan proses pengolahan, penggilingan, hingga memotong daging secara cepat dan mudah.

Mungkin akan terdapat sebagian orang yang masih melakukan pemotongan daging secara manual tanpa mengetahui adanya alat yang dapat membantu mereka dalam melakukan proses pengolahan daging secara mudah.

Untuk itu, di artikel Sinar Himalaya kali ini, kami akan membantu Anda untuk mengetahui lebih jauh mengenai apa itu meat grinder, fungsi, hingga rekomendasi meat grinder terbaik untuk Anda. Langsung saja simak penjelasan pada artikel di bawah ini sampai tuntas ya!

 

Apa Itu Meat Grinder?

 

Pada dasarnya, meat grinder adalah sebuah alat atau mesin yang dapat digunakan untuk mengolah dan menggiling daging menjadi bentuk yang halus atau menjadi bentuk daging yang di cincang. 

Keberadaan mesin ini tentu menjadi salah satu hal yang wajib untuk Anda miliki, jika Anda ingin membuka usaha yang berkaitan dengan pengolahan daging. Karena dengan menggunakan mesin ini, Anda dapat menghemat waktu yang banyak saat melakukan proses pengolahan hingga penggilingan daging. 

Meat grinder sendiri terdiri dari beberapa jenis, di antaranya adalah jenis mesin penggiling manual, otomatis, diesel, listrik, dan lain sebagainya. Pada mesin ini, Anda dapat melakukan pengolahan pada beberapa jenis daging, mulai dari daging kambing, sapi, hingga ayam. Bahkan, mesin ini juga dapat membantu Anda dalam melakukan proses penggilingan pada bahan makanan lainnya, salah satunya adalah kacang-kacangan.

 

Baca juga: 6 Cara Menyimpan Daging Sapi di Freezer yang Tepat

 

Fungsi Mesin Meat Grinder (Penggiling Daging)

 

Meat grinder atau penggiling daging tentu dihadirkan dengan beberapa fungsi yang dapat memudahkan para pengguna dalam melakukan proses pengolahan daging. Adapun beberapa fungsi dan kegunaan dari meat grinder yang dapat Anda ketahui, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Mempermudah Pengguna dalam Proses Penggilingan Daging

Fungsi pertama dari meat grinder tentu dapat mempermudah Anda sebagai pengguna dalam melakukan proses penggilingan daging. Dengan memanfaatkan bantuan dari alat ini, maka Anda dapat membuat seluruh proses pengolahan daging terasa menjadi lebih mudah dan cepat.

Di mana jika Anda menggunakan alat ini, Anda hanya perlu memasukkan daging ke dalam mesin dan nantinya secara otomatis mesin tersebut akan bekerja untuk mendapatkan hasil penggilingan yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

2. Dapat Menggiling Daging dengan Sempurna

Selain itu, dengan menggunakan bantuan meat grinder, Anda dapat menghasilkan gilingan daging halus secara sempurna. Penggunaan mesin penggilingan daging akan sangat membantu Anda dalam menghasilkan gilingan daging yang jauh lebih bagus jika dibandingkan dengan melakukan penggilingan daging dengan memakai peralatan yang konvensional.

Tak hanya mendapatkan hasil penggilingan yang sempurna, daging gilingan Anda juga akan selesai dalam waktu yang lebih cepat, sehingga dapat membantu Anda dalam melakukan proses pengolahan daging menjadi lebih cepat pula.  

3. Dapat Melakukan Proses Penggilingan Daging Menjadi Lebih Higienis

Jika Anda adalah pemilik restoran atau toko daging, tentu tingkat higienis menjadi hal utama yang diperhatikan oleh para calon pembeli. Dengan menggunakan mesin meat grinder, maka Anda akan mendapatkan hasil akhir yang lebih higienis jika dibandingkan melakukannya dengan cara yang manual.

 

Baca juga: 6 Cara Membuat Adonan Bakso dengan Blender

 

Rekomendasi Meat Grinder Terbaik

 

Setelah berkenalan dengan mesin meat grinder hingga mengetahui apa saja kegunaan dari mesin satu ini, tentu Anda akan semakin yakin untuk membeli alat penggiling daging agar dapat menghemat waktu Anda dalam melakukan proses pengolahan daging.

Untuk membantu Anda dalam menemukan mesin meat grinder terbaik, berikut adalah beberapa rekomendasi dari alat penggiling daging untuk Anda.

1. MG-10LG Meat Grinder

MG-10LG Meat Grinder merupakan salah satu alat penggiling daging dengan kapasitas hingga 10L. Alat penggiling daging satu ini akan sangat cocok digunakan jika Anda adalah pelaku usaha kuliner. 

Tidak hanya berguna untuk menggiling berbagai jenis daging, mesin ini juga dapat Anda gunakan untuk menggiling bawang, cabai, kacang-kacangan, hingga bahan makanan lainnya.

MG-10LG Meat Grinder dihadirkan dengan wadah yang tebal serta memiliki 4 mata pisau yang tajam, sehingga mampu membantu Anda dalam mempercepat proses pengolahan dan penggilingan daging menjadi lebih cepat.

2. MG-3LG Meat Grinder

MG-3LG Meat Grinder sebenarnya memiliki fitur yang sama dengan tipe di atas, namun yang membedakan alat penggiling MG-3LG Meat Grinder dengan MG-10LG Meat Grinder adalah kapasitas wadah yang dimilikinya. 

Di mana, pada model ini hanya memiliki kapasitas hingga 3L yang sangat cocok untuk digunakan dalam keperluan masak sehari-hari. Selain itu, meat grinder satu ini juga sudah dilengkapi dengan 4 mata pisau yang tajam sehingga dapat memudahkan Anda dalam melakukan proses memasak.

3. TC-12 Electric Meat Grinder

Berbeda dengan kedua jenis mesin meat grinder di atas, TC-12 Electric Meat Grinder merupakan mesin penggiling daging yang bertenaga listrik dan sudah banyak digunakan pada industri bisnis makanan. 

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh mesin penggiling daging satu ini adalah kecepatannya dalam melakukan proses penggilingan daging, sehingga mampu memudahkan para pengguna dalam proses memasak. 

Selain itu, TC-12 Electric Meat Grinder memiliki bahan bodi yang terbuat dari stainless steel, yang tentunya anti karat sehingga Anda tetap bisa menjaga hasil gilingan daging untuk tetap higienis. 

Demikianlah informasi mengenai pengertian dari meat grinder adalah yang dapat Anda ketahui. Jika Anda sedang membutuhkan mesin penggiling daging dan ingin membeli meat machine dari rekomendasi yang sudah dijelaskan di atas, maka Anda bisa langsung saja mengunjungi website Sinar Himalaya.

Segera upgrade bisnis Anda dengan menggunakan mesin meat grinder terbaik dari Sinar Himalaya sekarang juga!

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp