Kelebihan dan Kekurangan Kompor Gas untuk Bisnis F&B

Kompor gas merupakan salah satu jenis kompor yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Namun, penggunaan kompor gas ternyata juga memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, terutama jika Anda menggunakan jenis kompor ini pada bisnis food & beverage. Untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan kompor gas, terutama dalam bisnis F&B, maka simak penjelasan artikel berikut ini sampai tuntas ya!

 

Apa itu Kompor Gas?

 

Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan kompor gas, Anda perlu berkenalan terlebih dahulu dengan apa itu kompor gas. Pada dasarnya, kompor gas memiliki fungsi yang sama dengan jenis kompor lainnya, yaitu untuk memasak makanan. Namun, dalam strukturnya, kompor gas terdiri dari beberapa komponen, seperti katup, katup cut off, tungku, spuyer, pemantik, serta pipa saluran gas.

Saat ini sendiri, bahan bakar yang digunakan oleh kompor gas adalah glass ceramic. Sedangkan pada zaman dahulu, bahan bakar yang digunakan oleh kompor gas berasal dari kumparan kawat. Kompor gas yang saat ini dijual di pasaran juga tidak berbau, berasap, dan lebih ringkas untuk digunakan. Sesuai dengan namanya, kompor gas akan berfungsi jika disambungkan dengan bahan bakar gas yang hadir dalam bentuk cair LPG maupun lewat pipa saluran.

Cara kerja dari kompor gas sendiri sebenarnya sama seperti cara kerja dari semprotan parfum atau cat semprot. Ketika tabung gas diberikan tekanan dan tabung gas dibuka, maka aliran gas LPG akan bergerak dan masuk melalui saluran dan keluar melalui spuyer ke dalam rongga tungku.

Kompor gas sendiri terbagi menjadi dua jenis, di antaranya kompor api dengan pemantik otomatis dan tanpa pemantik. Kompor gas dengan pemantik akan terdapat beberapa mekanisme, seperti pemantik, penyemburan gas, dan penutupan gas secara cepat yang sudah terintegrasi dalam pemutar katup gas. Namun, jika Anda menggunakan kompor gas yang tidak memiliki pemantik, maka Anda dapat menyalakan kompor gas dengan bantuan korek api.

 

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Burner Kompor Gas dengan Tepat

 

Kelebihan Kompor Gas

 

Setelah berkenalan dengan cara kerja dari kompor gas, maka hal selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah kelebihan dan kekurangan kompor gas dalam memasak makanan. Adapun beberapa kelebihan dari penggunaan kompor gas, di antaranya adalah sebagai berikut. 

1. Lebih Hemat

Salah satu kelebihan dari penggunaan kompor gas adalah biaya pengeluaran yang lebih hemat. Hal ini dapat terjadi, karena tabung gas yang berisi LPG dapat habis dalam waktu yang lama. Jika Anda hanya menggunakan untuk masak sehari-hari, maka Anda bisa menghabiskan satu tabung gas LPG sekitar dua hingga tiga minggu.

2. Membuat Kegiatan Memasak Lebih Cepat

Kelebihan selanjutnya yang ditawarkan oleh kompor gas adalah dapat membantu para pengguna untuk melakukan kegiatan memasak lebih cepat. Melakukan kegiatan memasak menggunakan gas akan membuat api untuk cenderung lebih stabil pada seluruh bagian. Hal tersebutlah yang membuat masakan lebih cepat untuk matang.

Dalam dunia F&B, penggunaan kompor gas tentu akan membantu Anda untuk membuat dan menyajikan masakan yang dipesan oleh pelanggan secara cepat dan tepat waktu. Sehingga Anda dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

3. Bisa Digunakan Pada Ruangan Indoor dan Outdoor

Penggunaan kompor gas ternyata juga bisa digunakan pada ruangan indoor dan outdoor. Hal ini tentunya dapat memudahkan Anda, terutama jika Anda memiliki bisnis F&B, karena Anda bisa melakukan kegiatan memasak di indoor dan outdoor tanpa takut memiliki api yang terlalu kecil.

4. Mudah Dibersihkan

Tentunya, membersihkan dapur beserta alat-alat memasak perlu dilakukan agar masakan yang dibuat tidak terkontaminasi bakteri. Untungnya, untuk kompor gas sendiri, cara membersihkannya cukup mudah. Anda hanya perlu menggosok kompor gas hingga bersih menggunakan lap yang sudah diberikan cairan pembersih. Bagi Anda yang memiliki bisnis F&B, tentunya hal ini dapat menghemat waktu.

5. Tergolong Mudah Digunakan

Kompor gas termasuk ke dalam jenis kompor yang mudah untuk digunakan. Untuk sebagian besar kompor gas, Anda hanya perlu memutar tombol ke posisi on, kemudian atur tingkat kepanasan api yang ingin digunakan untuk memasak. Jika api dirasa terlalu panas, maka Anda hanya perlu memutar tombol ke arah atas untuk mengurangi tingkat kepanasannya.

Dalam bisnis F&B, tentunya hal ini menjadi kelebihan tersendiri. Pasalnya, jika Anda memiliki staff, tentunya akan mudah untuk memberikan latihan penggunaan kompor gas kepada staff Anda. Namun, jika Anda sendiri yang menggunakan kompor gas, maka Anda tidak akan merasa kesulitan karena penggunaannya cukup mudah.

6. Memiliki Fitur yang Lengkap

Fitur yang ditawarkan oleh kompor gas tergolong lengkap. Fitur-fitur tersebut antara lain tungku, katup, pipa saluran gas, katup cut off, pemantik, dan spuyer. Terdapat pula beberapa jenis kompor gas lainnya yang memiliki fitur tambahan.

 

Baca juga: 3 Kelebihan dan Kekurangan Kompor Gas Oven

 

Kekurangan Kompor Gas

 

Selain kelebihannya, tentu penggunaan kompor gas akan menghadirkan beberapa kekurangannya tersendiri. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari penggunaan kompor gas yang dapat Anda ketahui. 

1. Memiliki Risiko Kebocoran Tabung Gas

Salah satu kekurangan penggunaan kompor gas yang paling utama adalah akan menghadirkan risiko kebocoran dari tabung gas yang dapat mengakibatkan kebakaran karena ledakan yang terjadi pada tabung gas. 

Maka dari itu, jika Anda menggunakan kompor gas, maka Anda memiliki kehati-hatian yang lebih. Pastikan bagi Anda untuk memasang regulator untuk menyambungkan tabung gas dengan kompor secara baik dan benar. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kebocoran dari tabung gas. 

2. Harga Tabung Gas yang Tidak Stabil

Jika Anda menggunakan kompor gas, tentu Anda tidak bisa terlepas dari tabung gas yang merupakan sumber energi utama untuk menghasilkan api. Salah satu kekurangan dari penggunaan tabung gas sendiri adalah harga tabung gas yang cenderung tidak stabil. 

Terkadang, Anda akan dihadapkan dengan harga tabung gas yang sangat mahal jika dibandingkan pada biasanya. Namun, Anda juga akan dihadapkan dengan harga tabung gas yang cenderung stabil.

3. Sulit untuk Dipindahkan

Kekurangan kompor gas satu ini berlaku jika Anda menggunakan jenis kompor gas tanam. Misalnya Anda akan kesulitan untuk memindahkan kompor gas tersebut, karena kompor gas tersebut akan tetap berada pada tempatnya dan tidak bisa untuk di geser-geser. Penggunaan jenis kompor gas tanam sendiri biasanya sering Anda temukan pada apartemen maupun hotel yang menyediakan dapur kecil untuk memasak.

 

Baca juga: 4 Rekomendasi Oven Gas dengan Kualitas Terbaik

 

Kompor Listrik vs Kompor Gas, Lebih Cocok Mana untuk Bisnis F&B?

 

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan kompor gas, tentu Anda akan bertanya-tanya, manakah yang lebih cocok jika digunakan dalam bisnis food & beverage, apakah kompor gas atau kompor listrik?

Melalui penjelasan kelebihan dan kekurangan kompor gas yang sudah dijelaskan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa bisnis food & beverage akan lebih cocok menggunakan jenis kompor gas.

Hal ini dapat dilihat melalui kelebihan yang dimiliki oleh kompor gas, di mana dalam penggunaannya, kompor gas dapat membantu Anda untuk melakukan kegiatan memasak yang lebih cepat jika dibandingkan dengan kompor listrik. 

Selain itu, dalam menjalani bisnis, tentu Anda akan meminimalisir untuk memiliki biaya yang berlebihan. Sebagaimana sudah dijelaskan diatas bahwa penggunaan kompor gas dinilai memiliki nilai yang lebih hemat, walaupun harga yang dimiliki oleh tabung gas cenderung tidak stabil.

Maka dari itu, penggunaan kompor gas menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi Anda yang menjalani bisnis food & beverage, karena kompor gas memiliki biaya yang lebih rendah dan memiliki kemampuan untuk menghantarkan panas lebih cepat.

 

Jika Anda sedang mencari kompor gas yang berkualitas untuk bisnis F&B yang Anda jalani, maka Anda bisa menyerahkannya kepada Sinar Himalaya. Karena, Sinar Himalaya menyediakan berbagai macam jenis kompor dengan kapasitas besar yang cocok untuk bisnis restoran atau cafe

Untuk mendapatkan informasi lebih jauh mengenai jenis-jenis kompor gas untuk kebutuhan bisnis F&B Anda, maka Anda bisa langsung mengunjungi website Sinar Himalaya, atau menghubungi tim Sinar Himalaya di sini!

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp