6 Jenis Gergaji Mesin Kayu beserta Fungsinya

Gergaji mesin kayu merupakan salah satu alat yang berguna untuk memotong kayu, besi, hingga pipa. Alat ini sendiri terdiri dari beberapa jenis dengan fungsi dan manfaat yang berbeda-beda. Perbedaan terhadap jenis gergaji mesin kayu sendiri didasari dengan bahan yang akan dipotong.

Perlu Anda ketahui, bahwa di antara sekian banyak merek dan jenis gergaji mesin kayu, tidak semua tipe akan cocok digunakan pada kebutuhan yang Anda miliki. Artikel ini akan membahas pengertian gergaji mesin kayu, beserta jenis-jenisnya yang dapat Anda gunakan.

 

Apa Itu Gergaji Mesin Kayu?

 

Sebelum membahas tentang jenis-jenis mesin kayu, terlebih dahulu mari pahami terlebih dahulu tentang definisi gergaji mesin kayu. Jadi, gergaji mesin kayu adalah mesin atau alat listrik yang didesain khusus untuk menebang pohon atau memotong kayu dengan cepat, efisien, dan akurat. Alat ini sangat umum digunakan dalam beragam proyek kayu, mulai dari pemotongan papan, pembuatan cetakan, dan mengukir kayu dengan detail halus.

Terdapat beberapa komponen utama gergaji mesin kayu yang perlu diketahui, seperti meja kerja (worktable), pisau gergaji (blade), serta motor penggerak pisau gergaji. Pisau gergaji juga memiliki bentuk yang beragam, tergantung pada jenis gergaji mesin kayu yang digunakan. Terdapat beberapa gergaji mesin kayu yang pisau gergajinya berjenis pita (band saw), bergerigi (chainsaw), atau pisau berputar (circular saw).

Pada artikel kali ini, kami akan membantu Anda untuk mengetahui apa saja jenis-jenis dari gergaji mesin kayu hingga dalam menentukan gergaji mesin mana yang cocok untuk kebutuhan Anda sesuai dengan fungsi dan manfaatnya. Mari kita simak bersama pada artikel berikut ini!

 

Baca juga: Mengenal Meat Slicer dan Cara Menggunakannya

 

Berikut Jenis Gergaji Mesin Kayu beserta Fungsinya Masing-Masing

 

Dalam dunia pertukangan, keberadaan gergaji mesin kayu menjadi salah satu alat yang penting. Gergaji mesin kayu sendiri merupakan alat gergaji yang bekerja secara otomatis menggunakan mesin. Jika dibandingkan dengan jenis gergaji biasa, jenis gergaji mesin ini jelas akan lebih praktis untuk digunakan.

Saat memilih jenis gergaji mesin kayu pada proyek yang akan Anda jalani, pastikan bahwa Anda sudah mengetahui apa saja fungsi serta fitur yang dimiliki pada beberapa tipe-tipe dari gergaji mesin kayu yang ada di bawah ini:

 

1. CS-18 AUTOMATIC CUT OFF SAW C/W 3 IN & OUT FEED

Image

Jenis gergaji mesin kayu pertama yang dapat Anda ketahui adalah jenis CS-18 AUTOMATIC CUT OFF SAW C/W 3 IN & OUT FEED. Mesin satu ini sendiri merupakan mesin gergaji pemotong otomatis yang dapat Anda gunakan untuk melakukan proses pemotongan kayu sesuai dengan ukuran yang Anda butuhkan dengan kecepatan yang tinggi. 

Dengan menggunakan mesin satu ini, Anda dapat melakukan proses pemotongan kayu lebih cepat jika dibandingkan dengan melakukan proses pemotongan kayu secara manual. Penggunaan dari mesin satu ini sendiri cukup mudah, di mana Anda hanya perlu menyesuaikan ukuran kayu yang akan di potong pada Digital Control Panel. Lalu, mesin akan bekerja secara otomatis dengan memotong kayu sesuai dengan ukuran yang sudah Anda atur. 

 

2. RS-365C STRAIGHT LINE RIP SAW 10HP

Image 1

Selanjutnya adalah mesin RS-365C STRAIGHT LINE RIP SAW 10HP yang dapat Anda gunakan untuk melakukan proses pemotongan kayu secara otomatis. Mesin gergaji kayu satu ini memiliki garis lurus yang dapat Anda gunakan dalam melakukan proses pemotongan kayu dengan tingkat maksimal ketebalan hingga 100mm.

Dengan garis lurus yang terdapat di mesin satu ini, tentu Anda akan sangat dimudahkan dalam menghasilkan kayu dengan potongan yang rapi dan lurus. Sehingga Anda dapat memaksimalkan nilai jual dari produk yang Anda buat nantinya. 

 

Baca juga: Apa Itu Mesin Filling dan Apa Saja Jenis-Jenisnya?

 

3. GRS-320HAH (125HP+3HP+1/4HP) MULTIPLE RIP SAW

Image 2

Multi Rip Saw merupakan gergaji mesin kayu yang dapat digunakan untuk memotong kayu menjadi beberapa bagian. Gergaji mesin kayu satu ini juga dapat membantu Anda dalam menghasilkan ukuran yang sama besar. 

Dengan menggunakan jenis gergaji mesin kayu satu ini, maka akan dapat memungkinkan bagi Anda untuk memotong kayu menjadi beberapa bagian dengan ukuran yang sama tanpa perlu melakukan pengukuran secara manual.

 

4. SK-305HA GANG RIP SAW WITH TABLE HARD CHROM, MOTOR 50HP

Image 3

Jika Anda membutuhkan gergaji mesin kayu yang dapat digunakan untuk memotong kayu yang keras dan kuat, maka Anda bisa menggunakan jenis gergaji mesin kayu Gang Rip Saw.

Gang Rip Saw sendiri merupakan sebuah alat atau mesin yang berfungsi untuk memotong kayu dengan kriteria yang keras dan kuat. 

 

5. BS-777 RADIAL ARM SAW

Image 4

Jika Anda membutuhkan jenis gergaji mesin kayu yang dapat digunakan dalam proses pemotongan kayu dalam posisi miring maupun tegak, maka Anda bisa menggunakan mesin dengan jenis BS-777 RADIAL ARM SAW.

Mesin satu ini dapat membantu Anda dalam melakukan proses pemotongan kayu, baik dalam posisi tegak maupun miring. Selain  itu, mesin satu ini juga sudah dilengkapi dengan Radial Arm Saw yang dapat membantu Anda dalam membuat lurus tepi pada papan.

 

6. TC-12 12″ TILT ARBOR SAW

Image 5

TC-12 12″ TILT ARBOR SAW merupakan mesin yang dapat Anda gunakan untuk memotong dan membelah kayu sesuai dengan kebutuhan yang Anda miliki. Tidak hanya itu, mesin Tilt Arbor Saw satu ini juga dapat membantu Anda dalam membelah kayu dengan tingkat kemiringan tertentu. Jika Anda memiliki usaha mebel maupun perdagangan kayu, maka mesin satu ini cocok untuk Anda.

Demikianlah informasi mengenai jenis gergaji mesin kayu yang dapat Anda ketahui. Jika Anda sedang membutuhkan alat gergaji untuk memotong kayu, besi, atau pipa, maka Anda bisa langsung mengunjungi website Sinar Himalaya untuk mendapatkan informasi secara lengkap mengenai mesin-mesin gergaji kayu yang sudah disebutkan di atas.

Selain itu, terdapat juga berbagai woodworking machinery berkualitas lainnya yang bisa Anda temui di website Sinar Himalaya. Segera dapatkan jenis gergaji mesin kayu yang sesuai dengan kebutuhan Anda hanya di Sinar Himalaya sekarang juga!

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp