Pengertian dan Kegunaan Combi Oven Bagi Bisnis Makanan Anda

kegunaan combi oven

Kegunaan combi oven dalam bisnis restoran dan hotel sangat krusial untuk membantu produktivitas serta efisiensi kerja. Keberadaannya termasuk perkembangan teknologi yang tidak bisa dihiraukan begitu saja. Apalagi combi oven ini merupakan gabungan fitur baking oven dan convection oven. 

Jelas keberadaannya banyak membantu menyelesaikan pembuatan berbagai pastry, roti, kue, dan lain sebagainya. Jadi apakah Anda sudah memahami kegunaan mesin satu ini secara menyeluruh? Kalau belum, coba perhatikan informasi di bawah ini hingga akhir.

 

Apa Itu Combi Oven?

 

Combi oven adalah peralatan dapur serbaguna yang digunakan untuk memasak berbagai jenis makanan. Combi oven mampu menggabungkan fungsi oven konveksi, oven uap, hingga oven microwave dalam satu perangkat. Hal ini tentu memungkinkan pengguna untuk memasak dengan berbagai metode hanya dalam satu perangkat saja. 

Combi oven biasanya digunakan dalam lingkungan dapur komersial, seperti restoran, hotel, dan pusat katering. Meski demikian, makin banyak juga yang sudah menggunakan mesin satu ini untuk kebutuhan rumah tangga. 

Keunggulan dari combi oven berada pada aspek waktu karena aktivitas memasak makanan jadi lebih singkat dan konsisten dibandingkan dengan oven konvensional. Bahkan ada yang mengatakan bahwa hasil makanan dari combi oven jauh lebih sehat dan lezat.

Fungsi utama combi oven sebenarnya ingin menggabungkan dua atau lebih jenis pemanasan dalam satu perangkat, seperti oven konveksi dan oven uap. Dalam oven konveksi, udara panas dipompa ke dalam ruang oven dan didistribusikan secara merata melalui kipas. Hal ini membuat panas dalam oven lebih merata ke seluruh bagian makanan. 

Sementara itu, dalam oven uap, makanan dimasak dalam udara lembap yang dipancarkan oleh generator uap. Kedua metode ini dapat ditemukan dalam combi oven untuk menghasilkan makanan yang matang dengan baik. Secara khusus combi oven sangat krusial digunakan untuk makanan yang memerlukan suhu dan kelembapan tepat demi menciptakan hasil maksimal. 

Beberapa model combi oven juga dilengkapi dengan fungsi microwave sehingga Anda dapat memasak makanan dalam waktu yang lebih cepat daripada menggunakan oven konveksi atau oven uap.

Sebagai peralatan dapur serbaguna, combi oven biasanya dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan, seperti program otomatis untuk memasak makanan tertentu, fungsi pengaturan suhu dan waktu, serta sensor kelembapan yang dapat mengoptimalkan proses memasak. 

Beberapa model combi oven bahkan dilengkapi dengan teknologi self-cleaning yang memudahkan pengguna dalam membersihkan oven setelah digunakan. 

 

Baca juga: Mengenal Macam-macam Oven untuk Memanggang

 

Apa Saja Kegunaan Combi Oven?

 

Kegunaan combi oven berada pada efisiensi dan fiturnya yang mampu digunakan sebagai oven konveksi maupun oven uap. Istilahnya Anda membeli satu barang tetapi mendapatkan 3 fungsi sekaligus. Lebih daripada itu, combi oven bisa Anda gunakan untuk 5 kebutuhan seperti berikut. 

1. Memasak dengan Kombinasi Uap dan Panas

Kombinasi uap dan panas yang dihasilkan oleh combi oven memungkinkan pengguna untuk memasak berbagai jenis makanan dengan hasil yang lebih lezat. Uap yang dihasilkan combi oven dapat membantu Anda memasak makanan dengan suhu rendah dan kelembapan tinggi. 

Hal ini membuat makanan yang sedang dimasak tetap lembut serta tidak kehilangan nutrisinya. Sedangkan dengan menggunakan panas, makanan dapat dipanggang secara sempurna untuk menghasilkan permukaan yang renyah dengan warna lebih merata.

2. Memasak dalam Waktu yang Lebih Singkat

Combi oven yang mampu menggunakan kombinasi uap dan panas akan membuat waktu memasak lebih singkat dibandingkan dengan oven konvensional biasanya. Anda jadi bisa menghemat waktu dan energi, serta membuat proses memasak lebih efisien. 

Hal ini jelas penting apalagi Anda yang bekerja di restoran dan hotel. Memastikan bahwa semua makanan tersedia sesuai waktunya dengan kualitas tinggi tentu menjadi prioritas. Memiliki mesin satu ini pastinya akan membuat Anda lebih produktif!

3. Memasak dengan Hasil yang Lebih Konsisten

Dalam combi oven, udara panas dan uap didistribusikan secara merata dalam ruang oven sehingga makanan bisa matang dengan baik untuk hasil yang lebih konsisten. 

Selain itu, beberapa model combi oven dilengkapi dengan sensor suhu dan kelembapan yang dapat mengoptimalkan proses memasak. Keberadaan kedua sensor tersebut akan membantu Anda memastikan bahwa makanan matang secara sempurna.

4. Makanan yang Bisa Dimasak Lebih Banyak

Combi oven memiliki kemampuan menggabungkan beberapa fungsi dalam satu perangkat, seperti oven konveksi, oven uap, dan oven microwave. Hal ini membuat pengguna bisa memasak dengan berbagai metode dalam satu perangkat dan menghasilkan makanan yang lebih bervariasi.

5. Memudahkan Proses Memasak

Combi oven dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan, seperti program otomatis untuk memasak makanan tertentu, pengaturan suhu dan waktu yang mudah digunakan, serta teknologi self-cleaning untuk memudahkan pengguna dalam membersihkan oven setelah digunakan. 

Tentunya Anda tidak perlu khawatir saat akan memanggang ayam ataupun pastry karena semuanya bisa diatur dalam waktu serta suhu yang pas. Ucapkan selamat tinggal pada makanan yang hangus terbakar setelah menggunakan combi oven. 

 

Baca juga: Apa Itu Oven Deck dan Bagaimana Cara Kerjanya?

 

Bagaimana Cara Menggunakan Combi Oven?

 

Cara menggunakan combi oven sejatinya serupa dengan jenis mesin oven lainnya. Anda perlu mengatur suhu, kelembapan, serta waktu pemrosesannya. Namun pasti ada fitur lain yang perlu dipelajari dengan saksama. Meski tipe combi oven juga berbeda-beda, tetapi dasar penggunaannya kira-kira akan seperti berikut ini.

1. Baca Petunjuk Penggunaan

Sebelum menggunakan combi oven, pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan terlebih dahulu. Setiap model combi oven memiliki fitur dan fungsi yang berbeda sehingga penting untuk memahami cara menggunakannya dengan benar.

2. Pilih Metode Memasak yang Sesuai

Combi oven memiliki kemampuan untuk memasak dengan berbagai metode, seperti uap, konveksi, dan microwave. Pilih metode memasak yang sesuai dengan jenis makanan yang akan dimasak. Contohnya, Anda bisa menggunakan metode uap untuk memasak sayuran atau menggunakan metode konveksi untuk memanggang daging.

3. Atur Suhu dan Waktu yang Sesuai

Setelah memilih metode memasak yang sesuai, atur suhu dan waktu yang diperlukan untuk memasak makanan. Suhu dan waktu yang dibutuhkan dapat bervariasi tergantung pada jenis makanan serta metode memasak yang digunakan.

4. Periksa Makanan Secara Teratur

Saat memasak dengan combi oven, periksa makanan secara teratur untuk memastikan bahwa makanan matang dengan baik. Pastikan juga untuk memutar makanan secara merata di dalam oven untuk memastikan kematangannya.

5. Gunakan Program Otomatis

Beberapa model combi oven dilengkapi dengan program otomatis untuk memasak makanan tertentu. Jika oven Anda memiliki fitur ini, gunakan program otomatis untuk memudahkan proses memasak.

6. Bersihkan Oven Secara Teratur

Setelah digunakan, pastikan Anda membersihkan combi oven secara teratur untuk menjaga kebersihan dan keamanannya. Beberapa model combi oven dilengkapi dengan teknologi self-cleaning yang memudahkan pengguna dalam membersihkan oven setelah digunakan.

7. Ikuti Saran dan Resep Dari Produsen

Untuk mendapatkan hasil memasak yang optimal dengan combi oven, ikuti saran dan resep dari produsen atau ahli memasak yang berpengalaman. Beberapa produsen juga menyediakan buku resep sekaligus saran penggunaan untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan combi oven.

 

Secara keseluruhan, combi oven adalah peralatan masak yang sangat berguna dan efisien dalam memasak berbagai jenis makanan. Mesin yang tercipta dari gabungan beberapa oven ini jelas membuktikan kegunaan combi oven dalam kebutuhan bisnis dan rumah tangga. 

Jika Anda tertarik memiliki combi oven berkualitas tinggi maka langsung saja kunjungi Sinar Himalaya. Ada yang berbeda dengan combi oven dari Sinar Himalaya, yaitu keberadaan fungsi tambahan untuk mengembangkan adonan ragi bernama proofer

Combi deck oven proofer dari Sinar Himalaya jelas dibuat dengan bahan terbaik untuk membantu Anda menciptakan berbagai makanan berkualitas untuk memuaskan pelanggan. Jangan ragu untuk menghubungi tim Sinar Himalaya jika Anda ingin memesan combi oven deck proofer! 

Tim Sinar Himalaya akan dengan senang hati membantu Anda dalam memilih produk yang sesuai kebutuhan. Dapatkan combi oven deck proofer Anda hari ini! 

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp