Selain untuk Menanak Nasi, Berikut 5 Fungsi Rice Cooker Lainnya!

Fungsi rice cooker sebagai penanak nasi tentunya memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan menanak nasi di rice cooker adalah cara termudah untuk menyiapkan nasi dalam jumlah banyak sekaligus. 

Namun, tahukah Anda jika rice cooker tidak hanya berfungsi sebagai penanak nasi? Rice cooker dapat digunakan untuk mengolah berbagai hidangan lainnya dengan lebih mudah dan nyaman sehingga akan sangat membantu Anda dalam mengisi waktu untuk aktivitas lainnya. 

Banyaknya fungsi lain dari rice cooker akan sangat bermanfaat bagi Anda yang tertarik atau sudah berbisnis di bidang kuliner. Melalui artikel ini, Sinar Himalaya mengajak Anda untuk mengenal lebih dalam mengenai apa itu rice cooker dan fungsi-fungsinya.

Sejarah Rice Cooker

 

Sebelum rice cooker listrik ditemukan, nasi dulunya di masak di atas kamado atau sebuah kompor besar yang dipasang di sudut dapur. Rice cooker kemudian baru dikembangkan pada tahun 1912-1926 di Jepang dan baru di jual untuk keperluan rumah tangga pada tahun 1955. Hadirnya rice cooker menjadikan pekerjaan rumah menjadi lebih sedikit sehingga kehidupan ibu rumah tangga di Jepang berubah drastis. 

Sebelumnya, rice cooker pertama kali dikembangkan oleh tentara Jepang pada tahun 1937 ketika wadah kayu yang dipakai untuk membuat nasi tidak dapat bertahan lama karena tidak memiliki penutup. Untuk mempersingkat waktu, alat tersebut akhirnya dilengkapi oleh penutup dan sukses menyerap uap panas yang keluar dari nasi. 

Pada tahun 1960, rice cooker nasi pertama yang dapat menjaga nasi tetap hangat setelah dimasak mulai dijual bersama dengan beberapa model yang dilengkapi dengan pengatur waktu. Perkembangan jaman kemudian membawa inovasi rice cooker semakin berkembang hingga banyak model baru yang semakin efisien dan tersebar ke seluruh dunia.

 

Prinsip Kerja Rice Cooker 

 

Fungsi kerja rice cooker sangat berkaitan erat dengan prinsip kerjanya. Secara umum, beras membutuhkan empat tahap untuk berubah menjadi nasi, yaitu: Dimasak dengan air, mendidih, menyerap air atau mengukus, dan Penghangatan. Rice cooker secara langsung akan memandu beras untuk melewati keempat tahap ini. 

Pada proses memasak nasi, air akan mendidih pada suhu 212 derajat Fahrenheit atau 100 derajat celcius. Setelah mencapai titik didih yang stabil, air tidak akan menjadi lebih panas karena masih terdapat air didalamnya. Setelah nasi menyerap semua air di dalam rice cooker, barulah suhu akan mulai naik dan beralih ke siklus pemanasan. 

Ketika nasi sudah matang sempurna, magnet otomatis akan langsung mengalirkan listrik ke mode penghangat nasi. Suhu maksimal yang tadinya digunakan untuk memasak nasi akan terputus otomatis dan suhu menjadi berkurang. Proses ini yang kemudian menjadikan nasi tetap hangat di dalam rice cooker.

 

3 Jenis Rice Cooker Beserta Fungsinya 

 

Dalam dunia kuliner dan rumah tangga, keberadaan rice cooker telah menjadi aset yang sangat penting. Tahukah Anda bahwa ternyata rice cooker memiliki berbagai jenis sesuai dengan fungsinya masing-masing. Simak penjelasan di bawah ini untuk menemukan rice cooker impian Anda. 

1. Rice Cooker Konvensional

Rice cooker konvensional adalah jenis rice cooker paling umum digunakan. Alat ini didesain dengan sederhana agar mudah digunakan karena fungsi utamanya untuk memasak nasi menjadi tekstur yang lembut. Umumnya Rice cooker konvensional dilengkapi dengan dua bagian utama, yaitu wadah nasi dan elemen pemanas di bagian bawah. 

Selain itu, rice cooker konvensional juga dapat digunakan untuk memasak hidangan lain, seperti bubur dan sup sehingga alat ini menjadi sangat serbaguna di dapur. 

2. Rice Cooker Multifungsi atau Magic Com

Rice cooker multifungsi adalah varian yang lebih canggih dari rice cooker konvensional karena dilengkapi dengan berbagai program dan fungsi tambahan. Dengan rice cooker multifungsi, Anda dapat memasak nasi putih, nasi pulen, nasi merah, dan lain-lain karena terdapat pengaturan untuk setiap jenis nasi. 

Rice cooker multifungsi juga memungkinkan Anda untuk memasak bubur, sup, kue, dan hidangan lainnya sesuai dengan pengaturan yang ada. Beberapa modelnya bahkan dilengkapi dengan sensor suhu dan tekanan yang dapat mengukur dan menyesuaikan proses masak secara otomatis. Sehingga Anda akan sangat dimudahkan untuk menciptakan hidangan yang lezat dengan usaha minim. 

 

Baca juga: Inilah Beda Magic Com dan Rice Cooker Agar Tak Salah Pilih

 

3. Magic Jar

Magic Jar merupakan jenis rice cooker yang tidak banyak digunakan atau dimiliki secara umum karena fungsinya yang tidak maksimal. Alat ini hanya digunakan untuk menghangatkan nasi saja dan tidak dapat digunakan untuk menanak nasi. Magic Jar terdiri dari dua jenis tergantung pada rentang waktu untuk menghangatkan nasi, ada yang hanya bisa pada rentang waktu tertentu dan ada yang bisa selama seharian penuh.

 

5 Fungsi Rice Cooker Selain Menanak Nasi

 

Perkembangan jaman membawa fungsi rice cooker tidak lagi hanya terbatas sebagai alat untuk menanak nasi. Saat ini, rice cooker telah berkembang menjadi alat serbaguna yang dapat digunakan untuk mengolah hidangan lain. 

1. Merebus Makanan

Fungsi rice cooker lainnya yang pertama adalah untuk merebus makanan, baik sayur maupun mie instan. Caranya cukup mudah, pertama-tama masaklah air hingga mendidih. Kemudian, masukan mie instan atau sayuran dan tutup selama beberapa menit hingga matang. 

Namun, perlu diingat bahwa panas rice cooker berasal dari listrik sehingga proses memasak mie instan maupun sayur akan memakan waktu sedikit lebih lama daripada menggunakan kompor. 

2. Menggoreng Makanan

Selain merebus makanan, rice cooker juga dapat digunakan untuk menggoreng makanan, seperti telur, tempe, dan lainnya. Untuk menggoreng makanan, Anda hanya perlu menuangkan minyak goreng ke dalam rice cooker, lalu tekan tombol ‘cook’. Setelah minyak goreng cukup panas, masukkan bahan makanan yang ingin digoreng. 

Karena cukup riskan, pastikan Anda menggunakan minyak goreng yang cukup banyak dan sodet kayu. Hal ini akan membantu anda mengurangi resiko makanan lengket di rice cooker atau alas wadah yang terkelupas. 

3. Membuat Kue

Sekalipun mungkin jarang terdengar, rice cooker juga dapat membantu Anda dalam membuat berbagai macam kue, seperti bolu, kue kering, hingga roti panggang. Hal ini dikarenakan wadah rice cooker dilapisi bahan teflon sehingga cocok untuk digunakan sebagai loyang atau cetakan kue. 

Untuk cara pembuatannya, Anda bisa membuat adonan kue terlebih dahulu di wadah lain agar tidak menggores wadah rice cooker. Setelah itu,oleskan mentega pada wadah rice cooker agar bagian bawah tidak gosong dan tuanglah adonan yang sudah jadi. Anda kemudian hanya perlu menunggu hingga matang. 

 

Baca juga: Apa Saja Kue yang Bisa Dijadikan Bisnis?

 

4. Memasak Makanan Berkuah

Tidak hanya merebus makanan, rice cooker juga dapat digunakan untuk memasak makanan berkuah, seperti bubur, sup, atau hidangan berkuah lainnya. Anda hanya perlu menambahkan bahan-bahan yang dibutuhkan, atur pengaturan suhu dan waktu yang sesuai hingga makanan tersebut jadi. 

Keunggulan dari memasak makanan berkuah di rice cooker adalah Anda bisa mengatur mode rice cooker menjadi ‘Warm’ sehingga makanan tetap hangat. 

5. Mengukus Makanan

Mungkin Anda berpikir apakah rice cooker hanya dapat digunakan untuk mengolah makanan mentah menjadi matang, tetapi nyatanya tidak. Rice cooker juga dapat digunakan untuk mengukus makanan yang sudah jadi dan mempertahankan suhu makanan. 

Beberapa rice cooker dilengkapi dengan wadah kukus yang akan sangat membantu Anda dalam mengukus berbagai makanan, seperti sayuran, ikan, atau daging. Anda juga bisa menjaga makanan tetap hangat setelah matang dengan fitur ‘Warm’ yang ada. 

Rice cooker telah menjadi perangkat serbaguna yang memudahkan proses memasak, mulai dari menanak nasi hingga mengolah makanan lainnya. Fungsi rice cooker yang canggih dan beragam membuatnya aset penting di dapur yang akan membantu Anda menciptakan makanan-makanan lezat. 

Tertarik untuk memiliki rice cooker dengan bahan dan kapasitas berkualitas tinggi? Sinar Himalaya dengan senang hati menyediakan produk rice cooker machine berkualitas yang dapat memudahkan kegiatan usaha di bidang kuliner. 

Anda dapat menemukan berbagai pilihan rice cooker dengan harga yang kompetitif dan fungsi yang berbeda. Jangan lewatkan kesempatan untuk memperoleh alat yang dapat membantu Anda menciptakan makanan lezat dengan mudah dan efisien.

Kunjungi Sinar Himalaya sekarang dan dapatkan rice cooker machine pilihan Anda.

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp