Mengenal Apa itu Jointer, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Apa itu jointer? Jointer merupakan alat yang sering digunakan dalam industri woodworking. Alat ini sendiri berfungsi untuk meratakan permukaan kayu serta untuk memperbaiki tepi-tepi kayu yang tidak rata.

Industri woodworking menjadi salah satu industri yang terbilang cukup kompleks. Dalam melakukan pengolahan kayu, mulai dari pohon ditebang hingga kayu dikemas, akan dibutuhkan berbagai macam peralatan atau machinery, salah satunya adalah mesin jointer.

Pada artikel kali ini, Sinar Himalaya akan membantu Anda untuk mengetahui lebih jauh mengenai apa itu jointer, fungsi, cara menggunakannya, serta cara merawatnya. Untuk mengetahuinya, simak penjelasan artikel berikut ini sampai tuntas ya!

 

Apa Itu Jointer?

 

Apa itu jointer? Secara umum, jointer dapat diartikan sebagai sebuah alat yang dihadirkan khusus untuk membantu para pengrajin kayu dalam meratakan permukaan kayu (wood surface).

Sebagai contoh, Anda baru saja membeli sepotong kayu di toko, dan kayu tersebut terlihat sangat bagus dan sudah siap untuk dibuat menjadi perabot. Namun, saat Anda meletakkan kayu tersebut di atas permukaan yang rata, Anda melihat bahwa kayu tersebut tampak tidak rata.

Untuk menangani hal ini, Anda bisa melakukannya dengan dua cara. Jika perbedaan kerataan kayu terlihat cukup besar, maka Anda bisa memotongnya. Namun, jika perbedaan kerataan kayu tidak terlalu besar, namun terlihat jelas, maka Anda bisa menggunakan mesin jointer.

Alat jointer sendiri terlihat seperti meja biasa yang terbuat dari logam, tetapi di bagian tengah meja akan terdapat semacam pisau atau alat pemotong kayu (wood cutting tool).

Di antara kedua sisi alat pemotong akan memiliki ketinggian yang berbeda, dan ketinggian tersebut bisa Anda atur sesuai dengan keinginan. Tujuan dari kedua sisi dengan ketinggian yang berbeda sendiri adalah untuk memudahkan pengrajin dalam menentukan ketebalan kayu yang akan dipotong.

Contohnya, Anda memiliki sepotong kayu dengan tinggi 30 cm di salah satu ujungnya dan 32 cm di ujung yang lain. Untuk memotong perbedaan tersebut, Anda bisa menggunakan mesin jointer dengan menyesuaikan perbedaan ketinggian sesuai dengan perbedaan yang ada.

 

Baca Juga: Cara Meratakan Permukaan Kayu dengan Cepat

 

Fungsi Mesin Jointer Kayu

 

Pada dasarnya, fungsi utama mesin jointer adalah untuk membantu para pengguna dalam meratakan permukaan kayu. Dalam mengerjakan sebuah proyek bangunan atau kerajinan tangan yang berbahan dasar kayu, maka dibutuhkan permukaan yang rata agar kayu dapat diolah secara mudah.

Jika Anda menggunakan kayu yang melengkung sebagai bahan dasar proyek, maka kayu tersebut akan lebih susah untuk diolah. Hal ini dikarenakan antara satu permukaan kayu dengan permukaan lainnya memiliki ukuran yang tidak presisi.

Selain itu, penggunaan mesin jointer juga dapat menambah nilai estetika kayu saat proses finishing. Jika permukaan kayu sudah rata, maka kayu tersebut akan memiliki warna dan kilap yang terlihat lebih bagus jika dibandingkan dengan kayu yang permukaannya tidak rata.

 

Baca Juga: 6 Jenis Gergaji Mesin Kayu beserta Fungsinya

 

Cara Menggunakan Mesin Jointer

 

Cara menggunakan mesin jointer sebenarnya cukup mudah, hal ini juga berlaku jika Anda adalah pengguna baru atau pemula dalam menggunakan mesin jointer. Di mana, Anda hanya perlu melewati kayu melalui mesin dari permukaan yang rendah ke permukaan yang tinggi.

Tentunya, sebelum menggunakan alat ini, Anda harus sudah mengatur atau menyesuaikan dari perbedaan ketinggian yang ada. Saat melewatkan kayu pada mesin jointer, maka Anda bisa menekan kayu tersebut agar bisa terpotong oleh pisau dengan benar serta agar mendapatkan hasil yang bagus.

 

Panduan Membeli Jointer

 

Sama halnya dengan mesin woodworking lainnya atau jenis mesin yang lainnya, mesin jointer hadir dengan spesifikasi serta dengan harga yang beragam. Mulai dari harga yang terjangkau, hingga harga yang mahal bisa Anda temukan di pasaran.

Jika Anda berniat untuk membeli mesin jointer untuk keperluan Anda dalam melakukan proyek bangunan atau untuk membuat kerajinan tangan yang berbahan dasar kayu, maka Anda perlu mengetahui panduan dalam membeli mesin jointer.

Hal ini sendiri bertujuan agar Anda tidak salah dalam membeli mesin yang dapat menimbulkan Anda untuk mengeluarkan anggaran yang berlebih. Berikut ini adalah beberapa panduan dalam membeli mesin jointer yang dapat Anda ketahui.

1. Ukuran Jointer

Panduan yang pertama adalah dengan menyesuaikan kebutuhan Anda dengan ukuran mesin jointer yang tersedia. Jika Anda hanya melakukan pekerjaan ringan dengan bidang lebar kayu hingga 15 cm, maka Anda bisa menggunakan mesin jointer dengan ukuran 8 inci.

2. Meja Jointer

Dalam hal ini, Anda harus memastikan bahwa meja yang terdapat di mesin jointer memiliki bidang yang lurus dan tidak bergelombang. Adapun mesin jointer yang bisa Anda gunakan dalam melakukan proses meratakan permukaan kayu, yaitu mesin Jointer AN-612 dari Sinar Himalaya.

Dengan meja jointer yang lurus dan tidak bergelombang, mesin ini dapat memudahkan pekerjaan Anda dalam meratakan permukaan kayu, sehingga produk yang akan Anda hasilkan nantinya akan terlihat lebih indah.

3. Daya Listrik

Hal lainnya yang harus Anda perhatikan dalam membeli mesin adalah daya listrik yang dimilikinya. Mesin jointer sendiri biasanya hadir dengan dinamo kekuatan kekuatan 2 pk keatas dengan konsumsi daya sebesar 1500 watt.

Selain itu, terdapat juga mesin jointer yang menggunakan listrik 3 phase. Dalam hal ini, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan yang Anda miliki.

4. Mudah di Setting

Panduan terakhir yang dapat Anda ikuti sebelum membeli mesin jointer adalah dengan mencari mesin jointer yang mudah untuk dioperasikan dan mudah untuk di setting untuk para pengguna pemula.

 

Cara Merawat Mesin Jointer

 

Untuk dapat beroperasi dengan performa terbaik, tentunya jointer memerlukan perawatan yang harus dilakukan secara rutin. Dikarenakan hampir kesemua bagian jointer terbuat dari cast iron, maka jointer akan lebih cepat berkarat jika tidak digunakan secara rutin.

Berikut adalah langkah-langkah untuk perawatan mesin jointer:

  • Periksa bagian as roda setiap sebulan sekali, dan beri minyak pelumas atau grease untuk mengoptimalkan performa bearing.
  • Setiap seminggu sekali, bersihkan jointer secara rutin dengan vacuum cleaner agar kotoran yang menempel dapat dibersihkan.
  • Pastikan jointer terhindar dari kelembaban tinggi serta percikan air agar jointer tidak terkorosi.
  • Periksa pipa vanbelt, pastikan bahwa vanbelt selalu kencang dan lurus serta bebas dari retakan. Bila digunakan untuk pekerjaan yang berkelanjutan, sebaiknya pita vanbelt diganti setiap tahun.

Itulah informasi mengenai apa itu jointer, fungsi, cara menggunakannya, hingga panduan dalam membeli mesin jointer yang dapat Anda ketahui, serta cara merawatnya. Jika Anda sedang mencari peralatan woodworking, seperti mesin jointer, Anda bisa langsung mengunjungi website Sinar Himalaya.

Di Sinar Himalaya, Anda akan menemukan berbagai macam jenis woodworking machinery berkualitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang Anda miliki. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menghubungi tim Sinar Himalaya di sini.

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp