Cara Meratakan Permukaan Kayu dengan Cepat

Kayu merupakan salah satu bahan material yang sering digunakan dalam berbagai proyek konstruksi dan kerajinan tangan. Umumnya, tidak semua kayu memiliki permukaan yang halus dan rata. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara meratakan permukaan kayu secara cepat dan tepat.

Jika Anda menggunakan kayu dengan permukaan yang kasar, bergerigi, dan tidak rata, maka Anda dapat mengurangi penampilan estetika dan akan kesulitan saat melakukan proses finishing.  

Pada artikel Sinar Himalaya kali ini, kami akan membantu Anda untuk mengetahui bagaimana cara meratakan permukaan kayu hingga mendapatkan hasil yang halus dan bagus. Tanpa berlama-lagi, mari kita simak penjelasan di bawah ini hingga tuntas.

 

Cara Meratakan Permukaan Kayu dengan Cepat dan Tepat

 

Sebelum menggunakan kayu pada berbagai proyek konstruksi atau kerajinan tangan, Anda perlu menghaluskan permukaannya terlebih dahulu. Meratakan permukaan kayu sendiri dapat memberikan banyak manfaat, di antaranya seperti menambah nilai estetika, memudahkan pengrajin dalam proses finishing, serta untuk mencegah luka dan cedera saat proses pengerjaan.

Salah satu cara meratakan kayu yang sudah ada dari zaman dahulu adalah dengan menggunakan amplas. Amplas sendiri merupakan sebuah kertas atau kain yang digunakan untuk membuat permukaan kayu menjadi lebih halus.

Pada dasarnya, kertas amplas akan terdiri dari beberapa macam jenis. Namun, untuk mendapatkan hasil yang sempurna, Anda bisa menggunakan jenis amplas alumunium oxide yang memiliki warna coklat keabu-abuan.

Selain itu, kertas amplas juga terdiri dari beberapa macam ukuran yang membedakan tingkat kekasaran pada permukaannya. Adapun untuk keperluan penghalusan kayu, Anda bisa menggunakan ukuran kertas amplas yang dimulai dari angka 80 hingga 220.

Cara kerja dari kertas amplas sendiri terbilang cukup sederhana, di mana untuk mendapatkan hasil yang rata dan halus, Anda hanya perlu mengamplas kayu searah dengan serat kayu. Jika tidak, maka akan terdapat goresan yang muncul ke arah yang berlawanan dan akan terlihat sangat jelas bahkan setelah kayu di cat atau di pernis.

Selain itu, Anda juga harus mengamplas pada ujung kayu yang sudah dipotong. Pada bagian tersebut, biasanya akan memiliki ukuran lubang yang sangat besar, sehingga harus dihaluskan menggunakan amplas. 

 

Baca juga: Mengenal Mesin Planetary Mixer, Keunggulan dan Cara Kerjanya

 

Beberapa Alat untuk Meratakan dan Menghaluskan Permukaan Kayu

 

Setelah mengetahui cara meratakan permukaan kayu, maka Anda juga harus mengetahui beberapa alat yang bisa Anda gunakan dalam meratakan dan menghaluskan permukaan kayu, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. GT-400BD DOUBLE SURFACE PLANER WITH DIGITAL

Image 6

Mesin pertama yang dapat Anda gunakan dalam meratakan dan menghaluskan permukaan kayu adalah GT-400BD DOUBLE SURFACE PLANER WITH DIGITAL. Mesin satu ini dapat memudahkan Anda dalam melakukan penyerutan pada permukaan kayu. Dengan menggunakan alat satu ini, Anda dapat menghasilkan permukaan kayu yang terlihat lebih rata dan halus, sehingga akan memungkinkan bagi Anda untuk menghasilkan produk dengan kualitas yang tinggi.

Selain itu, alat satu ini juga dapat memudahkan Anda dalam mengatur ketebalan kayu yang sesuai dengan kebutuhan serta keinginan yang Anda miliki. 

 

2. DA-2560-10 24” TWO HEAD WIDE BELT SANDER WITH DIGITAL

Image 7

Mesin selanjutnya yang dapat Anda gunakan dalam meratakan permukaan kayu adalah DA-2560-10 24” TWO HEAD WIDE BELT SANDER WITH DIGITAL. Mesin satu ini sendiri berfungsi sebagai alat untuk melakukan proses pengamplasan kayu. 

Dengan menggunakan mesin satu ini, maka Anda dapat melakukan proses pengamplasan secara mudah dan otomatis, sehingga Anda tidak perlu lagi untuk mengeluarkan waktu dan tenaga yang banyak dalam melakukan proses pengamplasan kayu.

Selain itu, mesin satu ini juga dapat membantu Anda dalam menghaluskan permukaan kayu serta dalam menghilangkan cacat atau kotoran yang menempel pada permukaan kayu. Sehingga kayu yang akan dihasilkan nantinya memiliki tampilan yang cantik serta dapat membantu kayu itu sendiri untuk terlindung dari kerusakan yang diakibatkan oleh jamur yang tumbuh di permukaan kayu. 

 

Baca juga: Mengenal Meat Slicer dan Cara Menggunakannya

 

3. AN-612 6’*12″ JOINTER

Image 8

Terakhir, terdapat mesin AN-612 6’*12″ JOINTER yang dapat membantu Anda dalam meratakan permukaan kayu secara mudah dan efisien. Dalam industri woodworking sendiri, kerataan terhadap kayu memiliki pengaruh yang kuat terhadap kualitas dari produk yang akan Anda hasilkan nantinya.

Maka dari itu, Anda harus menggunakan mesin yang dapat meratakan dsekaligus menghaluskan permukaan kayu secara mudah dan efisien. Dengan menggunakan mesin jointer satu ini, maka Anda akan dapat menghasilkan berbagai macam produk kayu yang terlihat lebih rapi dan indah. 

 

Itulah informasi mengenai cara meratakan permukaan kayu yang dapat Anda ketahui. Melalui penjelasan di atas, tentu Anda sudah dapat mengetahui bagaimana cara yang efektif dalam membuat permukaan kayu lebih rata sekaligus halus.

Selain itu, Anda juga sudah dapat mengetahui beberapa alat yang dapat Anda gunakan dalam melakukan proses meratakan dan menghaluskan permukaan kayu. Jika Anda sedang mencari woodworking machinery yang berkualitas untuk bisnis yang Anda miliki, maka Anda bisa langsung menyerahkannya kepada Sinar Himalaya.

Karena Sinar Himalaya menyediakan berbagai macam alat-alat berkualitas yang dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis menjadi lebih besar. Segera tingkatkan kualitas pada peralatan bisnis Anda bersama Sinar Himalaya sekarang juga!

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp