Tips Memilih Mixer

Tips Memilih Mixer 1 1 1

Dalam menjalankan usaha roti dan kue kita harus memiliki peralatan yang bisa mendukung usaha kita menjadi lebih baik. Salah satu alat yang harus dimiliki untuk usaha roti dan kue yaitu mixer. Roti dan kue sudah merupakan salah satu sumber karbohidrat yang banyak digemari masyarakat Indonesia, bahkan bisa menggantikan nasi sebagai makanan. Karena hal tersebut banyak pengusaha roti dan kue saat ini  yang mulai menjamur di berbagai daerah di Indonesia.

Namun sebelum memutuskan untuk membeli mixer ada beberapa saran dan masukan yang dapat kami berikan yaitu :

Tentukan jenis produk apa yang akan dibuat,dan seberapa banyak yang akan dibuat. Ini akan membantu dalam menentukan tipe, ukuran, dan perlengkapan mixer yang sesuai dengan kebutuhan. Jika anda akan membuat roti/kue dengan jumlah besar dan sering, maka stand mixer /planetary mixer dan spiral mixer adalah pilihan yang tepat. Namun jika anda membutuhkan mixer untuk membuat kue kering hanya sebagai hobi dengan kapasitas kecil  hand mixer/stand mixer pilihan yang cukup.

Baca Juga: 5 Cara Kerja Mixer yang Perlu Anda Ketahui

  • Mixer Harus Sesuai Dengan Kapasits Dan Fungsinya.

Mixer memiliki beberapa jenis varian dengan fungsi yang berbeda, seperti hand mixer,table mixer,planetary mixer,spiral mixer maka dengan ini harus menyesuikan keperluan anda. Kalkulasikan kapasitas mixer sesuai dengan jumlah adonan yang kita buat sehari-hari. Bila kita sudah merambah bisnis yang dalam sehari bisa membuat adonan @ 5 kg dalam 3 batch, maka tidak efisien jika kita membeli mixer dengan kapasitas hanya 2,5 kg dengan asumsi kita akan membuatnya dalam 6 batch. Tentukan kapasitas mixer 10-25% lebih besar dari kapasitas kita saat ini sehingga kebutuhan produksi dapat dipenuhi dengan maksimal.

  • Ukuran Mixer.

Seberapa luas tempat penyimpanan yang  di miliki dan seberapa banyak jenis produk yang akan di produksi. Pertimbangan ini dapat membantu menentukan pilihan mixer yang tepat sesuai dengan ketersediaan tempat.

Baca Juga: 5 Cara Mixer Adonan yang Benar dan Tepat

  • Kualitas Mesin Mixer.

Seringkali kita lupa memikirkan kualitas mesin saat mendapatkan promosi mixer dari penjual. Meski murah, kualitas mesin juga harus menjadi prioritas utama untuk menunjang usaha Anda sehingga investasi Anda membeli mixer tidak jatuh rugi.

  • Garansi Mesin, Spare Part Dan Layanan.

Garansi dan layanan mixer juga harus menjadi pertimbangan saat membeli mixer. Jika mesin mixer yang Anda beli tidak memiliki garansi atau bahkan masa garansinya telah lewat, sebaiknya tinggalkan mixer tersebut dan beralih ke mixer lainnya. Ketersediaan spare part juga harus menjadi syarat untuk membeli mixer,untuk memudahkan perawatan mixer.

  • Budget Atau Biaya

Jika sudah menentukan pilihan mixer yang sesuai ,saatnya untuk menyiapkan dana/biaya untuk membelinya. Bila memang tujuan kita membeli mixer yang bagus dengan harga lumayan dan sesuai dengan budget jangan ragu apabila ada yang menawarkan mixer harga murah. Biasanya, semakin besar ukuran, maka harga mixer semakin mahal. Satu lagi yang juga perlu dipertimbangkan adalah reputasi merek mixer. Biasanya semakin terkenal,maka harganya semakin mahal.

Baca Juga: Mengenal Mesin Planetary Mixer

  • Lakukan Review Dan Perbandingan

Setelah siap semua sudah ditentukan, mulailah mempelajari penawaran yang masuk. Bandingkan bukan saja dari segi harga namun kualitas. Untuk membandingkan juga harus sepadan. Jadi bandingkan mixer kapasitas 2 kg dengan yang sama-sama 2 kg. Cari tau info sebanyak-banyaknya, masukan dari yang sudah pernah menggunakan suatu jenis mixer akan sangat berguna dalam menentukan pilihan kita.

Apabila sudah menentukan pilihan pada mixer tertentu, hal yang harus rutin adalah melakukan perawatan untuk menjaga mixer tersebut agar tetap dalam kondisi baik.

 

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin sejak 1974 untuk kebutuhan industri roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan dukungan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp