Frying cheese ball

Teknik menggoreng deep frying telah banyak digunakan untuk mengolah berbagai makanan. Deep frying sendiri efektif membuat beberapa makanan fast food seperti kentang goreng, sosis goreng menjadi lebih renyah dan lezat. Salah satu mesin yang sering digunakan untuk memasak makanan dengan teknik ini adalah deep fryer gas. Untuk itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara menggunakan deep fryer gas dengan tepat dan aman.

Bagaimana Cara Menggunakan Deep Fryer Gas dengan Tepat dan Aman?

Untuk menggunakan deep fryer gas dengan tepat dan aman, pertama-tama pastikan bahwa Anda membaca dan memahami instruksi penggunaan yang disertakan dengan deep fryer. Berikut ini adalah beberapa saran umum yang dapat membantu Anda menggunakan deep fryer dengan tepat dan aman:

  1. Pastikan bahwa deep fryer terletak pada permukaan yang stabil dan tinggi. Jangan meletakkannya di dekat bahan mudah terbakar seperti kain atau tirai.
  2. Pastikan bahwa tabung gas deep fryer terpasang dengan benar dan kencang. Jangan mencoba mengubah atau memodifikasi tabung gas ini sendiri.
  3. Sebelum menghidupkan deep fryer, pastikan bahwa bagian dalam wajan telah terisi dengan minyak goreng hingga tingkat yang tepat. Jangan mengisi minyak terlalu penuh, karena ini dapat meningkatkan risiko kebakaran.
  4. Saat menghidupkan deep fryer, pastikan bahwa bagian dalam wajan telah terisi dengan minyak goreng hingga tingkat yang tepat. Jangan mengisi minyak terlalu penuh, karena ini dapat meningkatkan risiko kebakaran.
  5. Saat menggunakan deep fryer, jauhkan tangan, rambut, pakaian, dan benda lainnya dari bagian depan deep fryer, karena bagian ini menjadi panas saat digunakan.
  6. Jangan meninggalkan deep fryer yang sedang digunakan tanpa pengawasan.
  7. Saat menggunakan deep fryer, jauhkan anak-anak dan binatang peliharaan dari area kerja.
  8. Saat menyimpan deep fryer setelah digunakan, pastikan bahwa deep fryer telah dingin dan minyak goreng telah dibuang dengan benar.
  9. Pastikan bahwa deep fryer dihubungkan ke sumber listrik yang tepat dan terpasang dengan benar.
  10. Jangan mencoba memodifikasi deep fryer atau mengubah bagian-bagiannya sendiri.

Baca Juga: Mengenal 3 Cara Kerja Deep Fryer

Bagaimana Tips Menggoreng Menggunakan Teknik Deep Frying?

Menggoreng menggunakan teknik deep frying tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Terlebih lagi sumber daya gas dan listrik yang digunakan berpotensi menimbulkan bahaya jika salah penggunaan. Berikut ini adalah beberapa tips menggoreng dengan teknik deep frying:

1 . Pilih Minyak Goreng yang Tepat

Beberapa jenis minyak goreng yang sering digunakan untuk deep frying adalah minyak jagung, minyak kelapa, minyak kacang tanah, dan minyak canola. Pilih minyak yang memiliki titik api tinggi dan tidak mudah teroksidasi saat dipanaskan.

2. Panaskan Minyak Hingga Suhu yang Tepat

Suhu yang tepat tergantung pada jenis makanan yang akan digoreng. Untuk makanan yang lembut seperti donat, suhu yang tepat adalah sekitar 180-190 derajat Celsius. Untuk makanan yang lebih keras seperti kentang goreng, suhu yang tepat adalah sekitar 190-200 derajat Celsius. Gunakan termometer minyak untuk memastikan suhu minyak terukur dengan tepat.

3. Bersihkan dan Keringkan Makanan 

Pastikan Anda telah membersihkan dan mengeringkan makanan yang akan digoreng dengan benar. Jika makanan terlalu basah atau terlalu lembab, minyak akan meleleh dan mengurangi suhu secara signifikan. Ini dapat mengakibatkan makanan menjadi lembek dan tidak renyah.

4. Goreng Makanan dalam Jumlah Kecil

Jangan mencoba menggoreng terlalu banyak makanan dalam satu waktu, karena ini dapat menurunkan suhu minyak dan menyebabkan makanan menjadi lembek. Goreng makanan dalam jumlah kecil agar minyak tetap panas dan makanan menjadi renyah.

5. Gunakan Tepung yang Tepat

Tepung yang terlalu kasar akan menyebabkan makanan menjadi kasar dan tidak renyah. Sebaliknya, tepung yang terlalu halus akan menyebabkan makanan terlalu lembek. Pilih tepung yang sesuai dengan jenis makanan yang akan digoreng.

6. Jangan Menggoreng Makanan Terlalu Lama

Makanan yang digoreng terlalu lama akan menjadi kering dan tidak lezat. Goreng makanan hingga kecoklatan yang tepat dan tiriskan makanan dengan benar setelah digoreng agar tidak terlalu banyak minyak yang tertinggal.

Baca Juga: Mengenal Macam-macam Oven untuk Memanggang

Apa Saja Perbedaan Deep Fryer Gas dan Listrik?

Selain deep fryer gas, terdapat jenis deep fryer listrik yang juga menjadi andalan dari beberapa orang. Sebelum memutuskan untuk menggunakan salah satunya, lebih baik untuk Anda mempertimbangkan mana yang tepat digunakan sesuai kebutuhan. Deep fryer gas dan deep fryer listrik memiliki beberapa perbedaan di bawah ini.

1. Sumber Daya dan Penggunaan

Deep fryer gas menggunakan gas sebagai sumber daya, sedangkan deep fryer listrik menggunakan listrik sebagai sumber daya. Untuk sektor bisnis, biasanya lebih cocok menggunakan deep fryer gas. Tetapi untuk kebutuhan rumahan, mungkin deep fryer listrik lebih sesuai.

2. Efisiensi

Deep fryer gas lebih efisien daripada deep fryer listrik dalam hal penggunaan energi. Namun, deep fryer listrik lebih mudah digunakan karena tidak memerlukan pengisian bahan bakar.

3. Harga

Deep fryer gas biasanya lebih mahal daripada deep fryer listrik. Hal ini tentunya dikarenakan deep fryer gas memerlukan pengisian sumber daya secara terus menerus. Jadi tidak hanya mesin deep fryer gas saja yang mahal, tetapi juga kebutuhan berkelanjutannya.

4. Keamanan

Deep fryer listrik lebih aman daripada deep fryer gas karena tidak ada risiko kebakaran atau kebocoran gas. Namun, deep fryer listrik harus dijauhi air untuk mencegah risiko kecelakaan.

Baca Juga: Mengenal 3 Cara Kerja Deep Fryer

Bagaimana Cara Memilih Mesin Deep Fryer yang Berkualitas?

Teknik menggoreng dengan teknik deep fryer sendiri juga harus didukung mesin yang berkualitas. Apabila menggunakan mesin yang kurang tepat, maka dapat memengaruhi proses penggorengan. Untuk memilih mesin deep fryer yang berkualitas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1 . Kapasitas

Pilih mesin deep fryer dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda hanya akan menggunakannya untuk memasak makanan kecil-kecilan, Anda tidak perlu memilih mesin dengan kapasitas yang terlalu besar. Sebaliknya, jika Anda akan menggunakannya untuk memasak makanan dalam jumlah besar, Anda perlu memilih mesin dengan kapasitas yang lebih besar.

2. Material

Pilih mesin deep fryer yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi seperti stainless steel atau aluminum. Material tersebut tahan lama dan mudah dibersihkan.

3. Fitur dan Merek

Pilih mesin deep fryer yang memiliki fitur-fitur yang memudahkan Anda dalam menggunakannya, seperti termometer, filter, dan pengatur suhu. Kemudian Anda juga harus memilih mesin deep fryer dari merek yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik di pasaran.

4. Harga

Jangan terlalu tergiur dengan harga yang terlalu murah. Sebagian besar mesin deep fryer yang harganya terlalu murah tidak berkualitas baik dan mudah rusak. Pilih mesin deep fryer yang harganya sesuai dengan kualitasnya.

Nah, itulah tadi informasi mengenai cara menggunakan deep fryer gas yang tepat dan aman. Tidak perlu takut dan ragu untuk mencoba teknik deep fryer guna mendapatkan hasil makanan yang lebih renyah. Apabila digunakan secara tepat dengan mesin berkualitas, maka teknik deep frying layak dicoba.

Mencari mesin deep fryer berkualitas? Tenang, Anda dapat memilih produk deep fryer gas dari Sinar Himalaya. Kami menyediakan berbagai peralatan memasak Anda dengan kualitas terbaik dengan fungsi maksimal. Tenang, setiap pembelian produk dari Sinar Himalaya mendapatkan garansi servis untuk menjamin fungsional terbaiknya. Yuk kunjungi Sinar Himalaya sekarang juga, dapatkan kebutuhan dapur Anda bersama kami.

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp