4 Cara Memotong Kayu dengan Tepat

Kayu merupakan salah satu bahan material yang sering digunakan dalam berbagai macam proyek konstruksi maupun dalam membuat sebuah kerajinan. Untuk mendapatkan hasil pemotongan kayu yang sempurna, tentu Anda harus mengetahui bagaimana cara memotong kayu dengan tepat.

Karena pada dasarnya, tidak semua orang bisa melakukan kegiatan memotong kayu secara baik dan benar. Jika Anda melakukan aktivitas memotong kayu tanpa keterampilan, maka Anda akan mendapatkan hasil pemotongan yang tidak sempurna, bahkan dapat menyebabkan kayu yang dipotong menjadi rusak. Sehingga, kayu tersebut menjadi tidak dapat digunakan.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan membantu Anda untuk mengetahui informasi seputar cara memotong kayu hingga alat-alat apa saja yang dapat digunakan untuk memotong kayu. Tanpa berlama-lama lagi, mari simak ulasan di bawah ini sampai tuntas ya!

Alat yang Digunakan Untuk Memotong Kayu

 

Sebelum mengetahui cara memotong kayu, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu alat apa saja yang sebenarnya bisa digunakan dalam kegiatan memotong kayu. Adapun beberapa alat yang bisa Anda gunakan dalam kegiatan pemotongan kayu, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Gergaji

Gergaji merupakan alat yang sering digunakan oleh masyarakat untuk memotong berbagai macam material, salah satunya adalah material kayu. Alat satu ini menjadi salah satu alat pertukangan yang populer di lingkup masyarakat dan kerap dimiliki oleh masyarakat yang bahkan bukan pekerja woodworking sekalipun.

Gergaji sendiri terdiri dari berbagai macam tipe dan bentuk yang beragam. Nantinya, penggunaan tipe dan bentuk Gergaji harus dapat Anda sesuaikan dengan jenis serta ukuran kayu yang ingin dipotong.

2. Kapak

Alat selanjutnya yang bisa Anda gunakan dalam memotong kayu adalah Kapak. Kapak sendiri merupakan salah satu alat tradisional yang biasanya digunakan oleh masyarakat untuk melakukan kegiatan pemotongan kayu maupun dalam membelah kayu dengan cara dihantamkan atau dipukulkan langsung ke kayu.

Namun, tidak semua orang bisa menggunakan alat satu ini, karena Kapak dinilai cukup berat untuk diayunkan dan digunakan. Maka dari itu, ketika menggunakan alat satu ini, Anda membutuhkan ketepatan dalam mengayunkannya.

3. Jigsaw

Berbeda dengan kedua alat sebelumnya yang digunakan secara manual, Jigsaw merupakan alat pemotong kayu dengan bantuan listrik. Jigsaw merupakan alat yang dapat membantu Anda dalam memotong kayu dengan lekukan-lekukan hingga memotong kayu berbentuk lingkaran.

Alat satu ini dinilai sangat cocok untuk Anda gunakan dalam memotong kayu papan yang pipih seperti triplek maupun kayu-kayu untuk furniture.

4. Circular Saw

Jika Anda membutuhkan alat yang dapat memotong kayu yang panjang dan lurus, maka Anda bisa menggunakan alat satu ini. Circular Saw merupakan alat yang dapat membantu Anda melakukan pemotongan kayu yang lurus, contohnya seperti kayu papan dan kayu balok kecil.

Dengan gerakan mata pisau yang memutar terus menerus, alat satu ini dapat membantu Anda untuk memotong kayu dengan ukuran yang panjang secara cepat.

 

Baca Juga: Jenis Gergaji Mesin Kayu beserta Fungsinya

 

Cara Memotong Kayu dengan Tepat

 

Setelah mengetahui alat apa saja yang dapat digunakan untuk memotong kayu, maka hal selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah bagaimana cara memotong kayu secara tepat agar mendapatkan hasil yang sempurna, berikut di antaranya.

1. Memahami Tipe Gergaji

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam cara memotong kayu adalah dengan memahami tipe atau jenis gergaji yang sesuai dengan tipe kayu yang akan Anda potong. Umumnya, terdapat dua tipe mata gergaji yang biasa digunakan oleh masyarakat, di antaranya adalah mata gergaji belah dan mata gergaji potong.

Perbedaan dari kedua tipe gergaji tersebut tentu terletak pada mata gergaji yang dimilikinya. Jika mata gergaji belah memiliki bentuk mata gergaji yang runcing ke bagian depan, sedangkan mata gergaji potong memiliki bentuk mata gergaji yang tegak lurus ke arah bawah.

2. Memberi Tanda

Cara memotong kayu kedua selanjutnya adalah dengan memberi tanda pada kayu yang akan dipotong. Pemberian tanda saat melakukan proses pemotongan kayu sendiri menjadi salah satu aktivitas yang tidak boleh Anda lewatkan.

Dalam hal ini, Anda harus memberikan tanda yang sesuai dengan presisi maksimal pada bagian-bagian kayu yang ingin dipotong. Untuk melakukan langkah ini, Anda bisa memanfaatkan alat bantu lainnya yang bisa menandai kayu, contohnya seperti penggaris dan pulpen.

Untuk membuat tanda sendiri, akan lebih baik jika Anda tidak membuat tanda yang terlalu besar, melainkan membuat tanda yang kecil. Jika tanda yang Anda buat kecil, maka nantinya kayu bisa dipotong kembali. Namun, jika tandanya terlalu besar, maka kerusakan yang terjadi akan sulit untuk dibenarkan kembali.

Selain itu, terdapat juga alat bantu lainnya yang dapat memudahkan Anda dalam melakukan langkah satu ini, yaitu dengan bantuan mesin SC-303 High Precision Sorting Cut-Off Machine “Push Type Economic Model” dari Sinar Himalaya.

Dengan menggunakan mesin satu ini, Anda dapat melakukan pemotongan kayu yang dapat ditandai dengan garis secara otomatis. Tak hanya itu, mesin satu ini juga dapat memudahkan Anda dalam memotong potongan kayu kecil yang tidak dapat dijangkau oleh mesin gergaji lainnya.

3. Memilih Sudut yang Tepat

Cara terakhir dalam memotong kayu yang dapat Anda lakukan adalah dengan memilih sudut yang tepat. Dalam memilih sudut sendiri bisa Anda sesuaikan dengan mata gergaji yang Anda miliki.

Jika Anda memiliki jenis mata gergaji belah, maka Anda perlu melakukan sudut pemotongan sekitar 60 derajat. Dalam sudut pemotongan ini, Anda harus mengarahkan gergaji ke bawah. Sedangkan, jika Anda memiliki jenis mata gergaji potong, maka Anda harus melakukan sudut pemotongan sekitar 45 derajat.

Cara ini menjadi salah satu cara yang sering digunakan oleh masyarakat ketika melakukan pemotongan kayu. Hal ini dikarenakan cara ini dinilai menjadi cara pemotongan kayu yang paling nyaman, bahkan para pemotong bisa melakukan kegiatan memotong kayu sambil duduk.

4. Tidak Perlu Terburu-buru

Ketika Anda memotong kayu dengan gergaji, maka jangan pernah melakukannya dengan terburu-buru. Salah satu contoh memotong kayu dengan terburu-buru adalah hanya dengan menggunakan bagian tengah mata gergaji saja. Hal tersebut dilakukan agar proses pemotongan kayu dapat berjalan lebih cepat. Padahal, langkah tersebut menimbulkan pemotong kayu menjadi lebih cepat lelah, yang mengakibatkan jumlah hasil kayu yang dipotong menjadi tidak maksimal.

 

Baca Juga: Cara Meratakan Permukaan Kayu dengan Cepat

 

Tips Memilih Gergaji dengan Tepat

 

Meskipun Anda sudah mengetahui cara memotong kayu dengan benar, namun jika gergaji yang Anda gunakan tidaklah berkualitas, maka Anda tentunya akan merasa kesulitan. Untuk itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara memilih gergaji dengan benar.

Langkah pertama, Anda harus memerhatikan panjang pisaunya. Tipe gergaji yang berkualitas baik tentunya memiliki pisau yang cukup panjang. Sehingga, Anda perlu mengetahui ukuran gergaji normal yang digunakan untuk memotong kayu.

Sebagai informasi tambahan, terdapat beberapa orang yang tidak mengetahui ukuran gergaji normal kemudian membeli gergaji yang pendek dengan alasan harga lebih rendah. Tentu saja, gergaji pendek mempersulit proses pemotongan kayu karena menghabiskan lebih banyak tenaga.

Selain memerhatikan panjangnya, Anda perlu melakukan pengecekan suara. Hal ini disebabkan beberapa jenis gergaji menimbulkan suara yang keras ketika digunakan, sehingga dapat mengganggu kenyamanan. Oleh sebab itu, disarankan untuk memilih jenis gergaji yang tidak menimbulkan suara keras.

 

Demikianlah informasi mengenai cara memotong kayu dan tips memilih gergaji yang dapat Anda ketahui. Jika Anda sedang membutuhkan alat-alat pemotongan kayu atau alat-alat lainnya dalam dunia woodworking, Anda bisa langsung mengunjungi website Sinar Himalaya.

Sinar Himalaya menyediakan berbagai macam alat-alat berkualitas yang berhubungan dengan woodworking machinery. Mulai dari jenis peralatan yang berat, hingga jenis peralatan yang ringan bisa Anda temukan di website Sinar Himalaya. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menghubungi tim Sinar Himalaya di sini.

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp