6 Cara Membuat Pizza Oven dengan Mudah dan Lezat

Ternyata, cara membuat pizza oven yang enak tidak sulit untuk diikuti, sudahkah Anda mengetahuinya? Pizza menjadi salah satu makanan asing yang cukup digemari oleh hampir sebagian besar masyarakat Indonesia. Perpaduan rasa asam dan gurih yang lezat dengan roti, keju, dan daging di atasnya memang tak bisa dilewatkan.

Ingin coba membuat pizza Anda sendiri? Tentu saja bisa. Tanpa perlu proses yang rumit, Anda bisa menciptakan bisnis pizza sendiri atau membuatnya untuk konsumsi pribadi sekalipun dengan menggunakan oven. Penasaran bagaimana cara membuat pizza oven yang lezat dan tanpa ribet? Simak informasinya dalam artikel berikut ini.

 

Kenapa Disebut Pizza? 

 

Meski cukup familier di telinga dan sudah tak asing lagi, tetapi ternyata masih banyak yang belum mengetahui mengapa disebut pizza. Asal-usul nama pizza berasal dari bahasa Italia dan pertama kali muncul dalam buku Masakan Napoletana karya pujangga Italia, Antonio Matessino pada tahun 997. Pada saat itu, pizza masih berupa adonan yang dipanggang tanpa topping seperti yang Anda kenal sekarang.

Kata pizza berasal dari kata dalam bahasa Italia Kuno, picea, yang berarti roti datar atau tipis. Istilah ini mengacu pada jenis roti datar yang telah dipanggang sejak zaman dahulu di wilayah Mediterania. Roti datar ini bisa dibuat dengan berbagai bahan seperti tepung terigu, air, dan garam.

 

Baca juga: 4 Macam-macam Oven untuk Memanggang

 

Bahan dan Alat Membuat Pizza Oven

 

Sebelum mulai mempelajari cara membuat pizza oven, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja cek apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan pizza oven:

a. Bahan

Seperti yang telah diketahui bersama, pizza memiliki bahan dasar roti yang dilengkapi dengan saus khusus, keju, dan berbagai toping lainnya. Maka dari ini, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah bahan-bahan untuk adonan. Dalam pembuatan pizza, Anda membutuhkan bahan berupa:

  • Tepung terigu protein tinggi 250 gr 
  • Susu putih bubuk 1 sdm
  • Gula pasir 1 ½ sdm
  • Garam 1 ½ sdt
  • Minyak 100 gr
  • Ragi instan 1 sdt
  • Telur Ayam 1 butir
  • Air hangat 4 sdm
  • Sosis 4 buah atau disesuaikan dengan selera
  • Bawang bombay ½ butir
  • Saus bolognese 5 dm
  • Keju sesuai selera
  • Topping lain yang diinginkan

b. Alat

Alat yang dibutuhkan dalam pembuatan pizza oven sebenarnya tidaklah sulit untuk disiapkan. Sebab Anda hanya membutuhkan loyang oven, mangkuk, sendok, garpu, parutan keju, pisau, talenan, gelas, kain lap bersih yang sudah dibasahi air, dan tentunya oven. 

Untuk menghaluskan adonan menjadi lebih tipis, akan lebih baik jika Anda menggunakan rolling pin. Namun jika tidak ada, Anda bisa menggunakan botol kaca yang dilapisi plastik atau alat lain yang dapat membantu memipihkan adonan.

 

Baca juga: Oven Toaster: Fungsi, Kelebihan dan Cara Kerjanya

 

Cara Membuat Pizza Oven dengan Mudah dan Lezat

 

Bagi Anda yang ingin menikmati pizza dengan cita rasa yang autentik, membuatnya sendiri dengan menggunakan oven adalah pilihan yang tepat. Berikut ini merupakan penjelasan cara membuat pizza oven dengan mudah dan lezat lengkap dengan langkah-langkahnya:

1. Buat Adonan Pizza

Pertama-tama, yang perlu Anda lakukan adalah membuat adonan pizza yang dibuat dengan bahan-bahan sederhana seperti tepung terigu, ragi, air, garam, gula, dan sedikit minyak. Campurkan tepung terigu dan garam dalam sebuah mangkuk besar.

Selanjutnya, tambahkan ragi yang telah dilarutkan dalam air hangat ke dalam campuran tepung tersebut. Uleni adonan hingga kalis dan elastis. Tambahkan minyak sedikit demi sedikit sambil terus mengulen adonan. 

2. Diamkan Adonan agar Mengembang

Setelah adonan pizza selesai diuleni, letakkan adonan dalam mangkuk yang telah diolesi dengan minyak. Tutup mangkuk dengan kain bersih atau plastik wrap. Tempatkan mangkuk di tempat yang hangat dan diamkan adonan selama satu jam. Selama waktu ini, ragi akan aktif dan menghasilkan gas karbondioksida yang membuat adonan mengembang.

3. Pipihkan dan Bentuk menjadi Bulat

Setelah adonan mengembang dengan baik, pindahkan adonan ke loyang yang telah ditaburi tepung terigu. Gulung adonan hingga menjadi lembaran tipis sesuai dengan ketebalan yang Anda inginkan. 

Kemudian, bentuk adonan menjadi bulat dengan menggunakan tangan, rolling pin, atau alat lain yang bisa menghaluskan dan memipihkan adonan. Jangan lupa untuk memastikan permukaan adonan merata dan tidak terlalu tebal agar hasilnya nanti lebih sempurna dan matang merata. Jika hasilnya sudah lebih sempurna, tusuk-tusuk permukaan atas adonan dengan garpu agar tidak mengembang saat dipanggang nanti

4. Berikan Topping di Atasnya

Sekarang saatnya untuk memberikan topping pada pizza Anda. Tahap pertama yang bisa dilakukan untuk memberikan topping pada pizza adalah mengoleskan saus bolognese sebagai dasarnya dan ratakan di atas permukaan adonan. Biasanya, pizza oven identik dengan topping sosis. 

Nah, sebelum ditambahkan, pastikan untuk memotong sosis terlebih dahulu menjadi bagian-bagian kecil. Selanjutnya, tambahkan keju parut, daging giling jika ada, sayuran, dan bahan topping tambahan lainnya sesuai dengan selera. Agar lebih sempurna dengan cita rasa italia, tambahkan rempah-rempah seperti oregano, basil, dan merica untuk memberikan aroma dan rasa yang lezat.

5. Masukkan ke Oven dan Panggang

Setelah topping diberikan, masukkan pizza ke dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya. Gunakan suhu tinggi, sekitar 200-250 derajat Celsius, dan panggang pizza selama sekitar  7 hingga 15 menit.

Periksa secara berkala untuk memastikan pizza tidak terlalu gosong atau tidak matang dengan sempurna. Anda dapat menggunakan loyang khusus pizza atau batu pizza yang telah dipanaskan sebelumnya untuk hasil yang lebih baik.

6. Tambahkan Saus di Atasnya

Setelah pizza matang, keluarkan dari oven dan biarkan sebentar untuk dingin. Setelah itu, Anda dapat menambahkan saus tambahan di atasnya seperti saus sambal, saus tomat, atau minyak zaitun. Tambahan saus ini akan memberikan sentuhan akhir yang lezat pada pizza Anda. Namun tentu saja ini disesuaikan kembali dengan selera Anda.

 

Setelah membaca artikel di atas, sudahkah Anda siap mencoba cara membuat pizza oven? Proses membuat pizza oven bisa menjadi petualangan memasak yang menarik, memungkinkan Anda untuk menghasilkan pizza yang terasa seperti makanan restoran berkualitas tinggi. 

Dari membuat adonan pizza yang sempurna, mengembangkan adonan hingga topping dengan berbagai bahan favorit, hingga memasak pizza dengan sempurna dalam oven, setiap langkahnya memberikan kepuasan dan kelezatan tak tertandingi. Selain itu, jika berhasil menciptakan pizza dengan rasa yang enak, hal ini bisa menjadi ide bisnis yang menarik dengan peluang berhasil yang besar. 

Namun, sebelum memulai bisnis pizza oven ini, Anda tentu perlu melengkapi beberapa perlengkapan yang lebih memadai salah satunya adalah oven pizza. Tak perlu bingung menentukan yang terbaik dan berkualitas, sebab kini Sinar Himalaya hadir untuk memenuhi kebutuhan memasak bisnis Anda. 

Oven pizza dari Sinar Himalaya dilengkapi dengan palet berputar yang berguna untuk memastikan pizza matang merata dari berbagai sisi. Bahkan beberapa jenis oven juga memungkinkan Anda membuat pizza dalam jumlah banyak.

Jadi tunggu apalagi? Kembangkan bisnis Anda menjadi lebih besar melalui peningkatan kualitas alat bakery dengan produk dari Sinar Himalaya dan raih keuntungan yang lebih besar sekarang. 

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp