Menyantap donat yang empuk dan manis serta ditemani dengan secangkir teh di pagi hari tentu sangat menarik, bukan? Bagi Anda yang berkeinginan membuat santapan manis ini, coba perhatikan informasi berikut ini. Sebab, ada cara membuat donat empuk dan mengembang sempurna tanpa kentang yang berguna untuk Anda.

Bagaimana Cara Membuat Donat Empuk dan Mengembang Sempurna Tanpa Kentang?

 

Berikut adalah cara membuat donat empuk dan mengembang sempurna tanpa kentang yang bisa Anda coba tiru! Pastinya juga enak untuk disantap bersama keluarga tercinta!

1. Siapkan Bahan-Bahan yang Diperlukan

Cara pertama yang jelas harus Anda lakukan adalah mempersiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Untuk membuat donat empuk tanpa kentang, berikut bahan-bahan yang Anda butuhkan :

  • 500 gram tepung terigu protein tinggi
  • 200 ml air
  • 4 sendok makan gula
  • 4 sendok makan susu bubuk
  • 2 sendok makan margarin
  • 2 sendok teh ragi pengembang
  • 2 butir telur
  • Meses dengan pilihan rasa yang disukai
  • Minyak secukupnya

2. Aduk Bahan di Dalam Wadah

Setelah semua bahan untuk membuat donat telah berhasil Anda siapkan, kini saatnya memasukkan beberapa bahan tersebut ke dalam wadah. Di langkah ini, Anda bisa memasukkan ragi pengembang, gula, dan telur ke dalam satu wadah berukuran besar. Lalu, aduk semua bahan tersebut hingga larut dengan menggunakan mixer.

Jika Anda membutuhkan mixer dengan kualitas yang terjamin baik, andalkan saja pada Sinar Himalaya. Seperti produk mixer KB-7LT Mixer 7 Liter Pink Color yang mampu membantu Anda dalam membuat adonan yang tercampur secara sempurna.

Setelah bahan tadi tercampur dan larut secara sempurna, barulah Anda bisa menuangkan susu bubuk dan tepung terigu ke dalamnya. Kemudian, aduk kembali sampai merata. Lanjutkan juga dengan menuang air sembari diuleni sampai adonan setengah kalis.

3. Tutupi Adonan dengan Rapat, Tunggu Hingga Mengembang

Langkah selanjutnya, Anda dapat mengolesi adonan tadi dengan menggunakan margarin dan kembali menguleninya hingga kalis sempurna. Setelah itu baru Anda dapat menutup adonan dengan kain dan diamkan selama kurang lebih satu jam. Jangan lupa pastikan Anda menutup adonan dengan rapat ya. Hal tersebut adalah salah satu tips agar adonan dapat mengembang dengan sempurna, selain Anda harus memenuhi tahap-tahap yang sudah dijelaskan di atas tadi.

4. Cetak Adonan

Ketika adonan yang tadi Anda buat telah mengembang, kini keluarkan adonan tersebut dari wadah. Lalu pipihkan adonan dan bagi menjadi beberapa bulatan kecil. Selanjutnya Anda harus mengulang langkah nomor 3 kembali yaitu mendiamkan adonan selama 15 menit sampai mengembang kembali.

5. Goreng Adonan

Langkah terakhir, siapkan wajan dan tuangkan minyak secukupnya. Nyalakan kompor, dan panaskan minyak terlebih dahulu. Setelah itu, masukkan tiap adonan yang telah dibentuk tadi ke dalam wajan. Goreng donat, hingga berwarna kecoklatan. Tips agar hasil donat Anda terhindar dari gosong, sebaiknya Anda menggunakan api yang sedang.

 

Baca Juga: Ketahui Ciri-ciri Adonan Kalis Berikut Ini!

 

Bagaimana Cara Memperbaiki Adonan Donat yang Tidak Mengembang?

 

Membuat donat untuk pertama kalinya dan justru mengalami kesulitan dalam menghasilkan adonan donat yang mengembang? Tenang, Anda bisa melakukan beberapa tips di bawah ini ya!

1. Letakkan Adonan di Suhu Ruangan yang Hangat

Permasalahan yang bisa menjadikan adonan donat Anda menjadi tidak mengembang adalah soal suhu ruangan yang tidak sesuai. Sehingga, untuk mengatasinya, Anda dapat panaskan oven atau microwave dengan suhu 27–32 °C sehingga mirip suhu ruangan yang hangat. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan loyang dengan air mendidih yang diletakkan di rak paling bawah oven sementara adonan berada di rak tengah.

2. Tambahkan Ragi

Jika, suhu ruangan bukanlah permasalahan yang Anda temukan, mungkin adonan tidak berhasil mengembang dikarenakan soal ragi yang Anda gunakan. Coba gunakan ragi baru, lalu larutkan ragi dengan 3-4 sdm air hangat dan satu sendok makan gula. Tunggu hingga berbusa atau mengembang, hal tersebut merupakan tanda kalau ragi masih aktif. Campurkan air ragi tersebut dengan adonan. Banyaknya air bisa disesuaikan tergantung kepadatan adonan, asalkan tidak menggunakan air mendidih atau terlalu panas karena justru akan membunuh ragi.

3. Uleni Kembali

Kemungkinan lain yang menjadikan permasalahan adonan Anda tidak dapat mengembang dengan sempurna juga bisa disebabkan oleh kurangnya proses dalam menguleni. Periksa terlebih dahulu apakah adonan lengket saat disentuh. Jika memang iya, ini mungkin karena adonan kurang diuleni dengan cukup. Sehingga, cara yang dapat Anda lakukan adalah uleni kembali adonan hingga halus dan saat disentuh sudah tidak lagi menempel di tangan

.

Baca Juga: Cara Menguleni Adonan Roti dengan Mixer

 

Bagaimana Cara Menggoreng Donat Agar Tidak Berminyak?

 

Donat yang terlalu berminyak selain tidak enak untuk disantap, nyatanya juga tidak terlalu baik untuk kesehatan ya. Agar donat Anda bisa empuk dan matang sempurna tanpa adanya minyak yang berlebih, bisa coba terapkan beberapa cara di bawah ini!

1. Minyak Harus Panas dengan Baik

Minyak yang kurang panas dengan tepat merupakan salah satu penyebab yang dapat membuat donat Anda tidak mengembang dan  justru menyerap banyak minyak saat digoreng. Oleh karena itu, cara menggoreng donat yang baik dan tidak menghasilkan donat yang berminyak maka pastikan minyak sudah benar-benar panas sebelum donat dimasukkan ke dalam wajan.

2. Jangan Terlalu Sering Membolak-balik Donat

Ketika proses menggoreng donat, ada satu hal yang perlu Anda perhatikan dengan betul. Sebaiknya Anda jangan terlalu sering membolak-balikan donat selama proses menggoreng. Sebab, hal tersebut justru akan menyebabkan donat Anda menjadi menyerap minyak yang berlebihan. Jadi, cukup balik sekali saja selama proses menggoreng ya.

Anda bisa menggoreng donat dari satu sisi terlebih dahulu dan tunggu sampai coklat. Setelah itu, barulah Anda dapat  membaliknya dan tunggu hingga mendapatkan warna yang coklat juga.

 

3 Resep Donat Tanpa Kentang

 

Resep Donat Tanpa Kentang

Setelah mengetahui cara membuat donat empuk dan mengembang tanpa kentang, berikut adalah beberapa resep donat tanpa kentang yang dapat dijadikan referensi:

 

1. Resep Donat Kampung Meses

 

Bahan yang diperlukan:

  • 3 gram ragi instan
  • 130 ml air hangat
  • 3 sdm gula pasir

Bahan adonan:

  • 2 butir kuning telur
  • 250 gr tepung terigu protein
  • 1/4 sendok teh garam
  • 40 gram margarin

Bahan tambahan:

  • margarin untuk olesan
  • meses coklat

Cara pembuatan:

  1. Campurkan seluruh bahan biang sampai gula larut. Biarkan selama 10 menit hingga muncul busa.
  2. Masukkan kuning telur dan tepung terigu pada wadah dan aduk hingga merata. Setelah itu, tambahkan campuran biang dan aduk rata.
  3. Masukkan margarin ke dalam adonan, aduk hingga merata. Tutup adonan dengan kain bersih atau serbet.
  4. Biarkan adonan selama kurang lebih satu jam agar mengembang.
  5. Tekan adonan untuk mengeluarkan udara. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, yang masing-masing beratnya sekitar 50 gram.
  6. Bentuk adonan menjadi bulat dan buat lubang di tengahnya.
  7. Goreng donat dalam minyak panas menggunakan api kecil, dan cukup satu kali membalik donat. Kemudian, angkat dan tiriskan jika sudah selesai.
  8. Jika donat sudah dingin, oleskan margarin dan taburkan meses cokelat di atasnya.

 

2. Resep Donat Kepang

 

Bahan yang diperlukan:

  • 2 sendok makan gula pasir
  • 250 gram tepung terigu yang diayak
  • 1 sendok makan ragi instan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 35 gram unsalted butter
  • 180 ml susu cair

Bahan taburan:

  • Gula halus sesuai selera

Cara Membuat:

  1. Gabungkan susu, gula, garam, dan ragi dalam satu wadah. Aduk selama 5 menit.
  2. Masukkan tepung terigu ke dalam wadah, dan aduk hingga merata.
  3. Tambahkan unsalted butter. Uleni adonan tersebut hingga kalis.
  4. Pindahkan adonan ke dalam sebuah wadah, lalu tutup dengan plastik wrap. Biarkan selama 1 jam sampai mengembang dua kali lipat.
  5. Uleni adonan sebentar sampai permukaannya halus. Bagi menjadi 8 bagian, lalu tutup dengan plastik wrap dan biarkan selama 15 menit.
  6. Gilas adonan hingga memanjang, kemudian untir dan bentuk menjadi kepang. Tutup lagi adonan dengan plastik wrap dan biarkan selama 15 menit.
  7. Panaskan minyak.
  8. Goreng donat hingga berwarna kecokelatan, kemudian angkat dan tiriskan.
  9. Sajikan donat dan tambahkan taburan gula halus di atasnya.

 

3. Resep Donat tanpa Kentang dan Telur

 

Bahan yang diperlukan:

  • 150 ml air hangat
  • 250 gram tepung terigu
  • 2 sendok makan mentega/margarin
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok makan ragi instan
  • 1 sendok makan ovalet/SP

Cara pembuatan:

  1. Larutkan gula dalam air hangat. Tambahkan 2 sdm gula pasir dan 1/2 sdm ragi instan. Aduk hingga merata, kemudian tutup dan biarkan selama 10 menit.
  2. Selanjutnya, masukkan tepung terigu ke dalam sebuah wadah. Tuangkan campuran air ragi ke dalamnya, lalu uleni hingga adonan kalis selama sekitar 5 menit.
  3. Tambahkan ovalet/SP ke dalam adonan dan uleni lagi hingga bahan tersebut tercampur rata. Selanjutnya, tambahkan mentega dan uleni kembali hingga adonan kalis. Jika dirasa terlalu basah, taburkan sedikit tepung.
  4. Bentuk adonan menjadi bulatan, dan biarkan selama 1 jam agar mengembang.
  5. Setelah itu, kempiskan adonan dan bagi menjadi beberapa bulatan kecil. Diamkan lagi selama sekitar 10 menit.
  6. Panaskan minyak, dan goreng donat dengan minyak tersebut. Goreng pada api kecil hingga warnanya kecoklatan. Balik donat sekali setelah satu sisinya benar-benar berwarna kecokelatan untuk menghindari penyerapan minyak yang berlebihan. Jika sudah selesai, angkat dan tiriskan.
  7. Tambahkan gula bubuk pada donat sebelum disajikan.

 

Baca Juga: Apa Itu Danish Pastry dan Apa yang Membedakannya dengan Pastry Lainnya?

 

Demikian tadi merupakan sederet cara membuat donat empuk dan mengembang sempurna tanpa kentang yang bisa Anda coba. Apabila Anda membutuhkan alat-alat yang mendukung untuk membantu Anda dalam membuat donat ataupun jenis roti lainnya, pastikan untuk membelinya dari distributor produk berkualitas langsung seperti Sinar Himalaya. Tersedia berbagai model pada setiap jenis alat bakery yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Hubungi Sinar Himalaya sekarang juga dan konsultasikan seluruh kriteria peralatan bakery yang Anda butuhkan agar mendapatkan pilihan yang tepat dan mampu menghasilkan roti yang lembut dan enak.

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp