9 Resep Makanan Kukus yang Bisa Dicoba di Rumah

Siapa yang tidak suka makanan lezat dan sehat? Meski jarang ditemui, tetapi Anda bisa mendapatkan makanan yang sehat sekaligus lezat dengan memasaknya menggunakan metode kukus. Pasalnya menjaga kesehatan tubuh melalui makan makanan bergizi sangat penting dilakukan agar Anda bisa beraktivitas dengan baik. Resep makanan kukus yang bisa Anda coba pun beragam. 

Bahkan bukan hal mustahil kalau makanan kukus tersebut diproduksi dalam jumlah besar. Tentunya semua ini hanya bisa terjadi kalau Anda memiliki mesin steamer berkualitas. 

Dalam artikel ini Anda akan diberikan informasi lengkap mengenai berbagai resep makanan kukus untuk dicoba sekaligus rekomendasi mesin steamer dengan spesifikasi berbeda dari Sinar Himalaya. Siap mempelajari apa saja resep mudah yang bisa Anda coba di rumah? Mari mulai sekarang! 

 

9 Resep Makanan Kukus yang Sederhana dan Nikmat

 

Sebenarnya ada banyak resep makanan kukus sederhana yang bisa Anda coba di rumah. Bukan hanya siomai saja, Anda justru bisa bereksplorasi banyak resep seperti beberapa contohnya berikut ini! 

1. Dim Sum Ayam

Dim sum ayam adalah hidangan kukus klasik yang tidak pernah salah. Daging ayam yang lembut dicampur dengan bumbu-bumbu yang tepat dan dibungkus dengan kulit pangsit tipis, menciptakan cita rasa luar biasa yang akan meledak di mulut. Bahkan Anda bisa mengubah protein dari ayam dengan daging apa pun yang diinginkan, contohnya seperti, udang, ikan, dan sapi.

2. Puding Mangga Kukus

Selain pembuatan lauk, metode kukus juga bisa Anda gunakan untuk membuat makanan penutup. Puding mangga kukus bisa jadi hidangan penutup yang menyegarkan dan nikmat di makan bersama-sama dengan keluarga. 

Potongan mangga matang yang lembut dicampur dengan adonan puding yang kenyal, pasti akan menciptakan kombinasi rasa manis dan asam yang sempurna. Untuk memastikan konsistensi puding yang lembut dan tekstur yang pas, tentunya Anda membutuhkan mesin steamer yang tepat. 

Lemari Steamer 2 Pintu dari Sinar Himalaya bisa jadi mesin yang cocok untuk Anda gunakan. Kapasitasnya yang besar membuat Anda bisa mengukus banyak puding untuk meningkatkan efisiensi operasional bisnis. 

Penggunaannya bahkan sangat bermanfaat ketika Anda memiliki bisnis rumahan yang terbilang ramai. Coba kunjungi Sinar Himalaya untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai spesifikasi Lemari Steamer 2 Pintu tersebut. 

3. Ikan Kukus dengan Jahe

Untuk membuat ikan kukus dengan jahe yang lezat, pertama-tama Anda perlu membersihkan dan memotong ikan sesuai selera, lalu taburkan sedikit garam di permukaannya. Siapkan beberapa irisan jahe segar dan bawang putih yang sudah diiris tipis. 

Letakkan irisan jahe dan bawang putih di atas ikan, lalu kukus ikan dalam selama sekitar 15-20 menit atau hingga ikan matang dan dagingnya berwarna putih bersih. Sambil menunggu, panaskan sedikit minyak sayur dalam wajan hingga cukup panas, dan kemudian tuangkan minyak panas itu di atas ikan yang sudah matang. 

Terakhir, beri perasan jeruk nipis dan taburi daun bawang cincang. Hidangan ikan kukus dengan jahe ini akan memberikan Anda cita rasa yang segar, lembut, dan sedikit pedas, tetapi akan membuat hidangan makan malam menjadi istimewa.

 

Baca juga: Fungsi Food Steamer Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

 

4. Kue Mangkok 

Tahukah Anda bahwa kue mangkok juga termasuk makanan tradisional yang dibuat dengan metode kukus? Untuk membuatnya, Anda perlu mencampurkan 200 gram tepung beras dengan 50 gram tepung terigu dan 150 gram gula pasir ke dalam mangkuk besar. 

Selanjutnya tambahkan 200 ml santan dan sedikit pewarna makanan (opsional) untuk memberikan warna pada adonan. Aduk semua bahan hingga rata dan berikan tekstur yang lembut. 

Siapkan cetakan kue mangkok yang telah dilapisi dengan sedikit minyak, lalu tuangkan adonan ke dalam cetakan hingga setengah penuh. Kukus kue mangkok selama sekitar 20-25 menit atau hingga kue matang. 

Pastikan untuk selalu memeriksa keadaan kue dengan menusukkan tusuk gigi. Jika tusuk gigi keluar bersih maka artinya kue sudah matang. Lalu tinggal sajikan saja kue mangkok yang sebagai camilan atau hidangan penutup yang cocok untuk semua orang.

5. Ayam Hainan Kukus

Ayam Hainan kukus bisa jadi hidangan spesial untuk selebrasi bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Daging ayam yang empuk dipadu dengan nasi aromatik dan saus yang gurih, menciptakan kombinasi rasa yang menggugah selera. 

Jika Anda tidak hanya membuatnya untuk makanan spesial di rumah, tetapi juga untuk dijual di restoran maka penggunaan mesin steamer berkapasitas besar akan sangat membantu. Anda jadi bisa mengukus lebih banyak ayam hainan untuk disajikan kepada pelanggan dalam waktu singkat. 

ZXYG-10D Gas Steamer dari Sinar Himalaya bisa jadi pilihan yang tepat karena Anda bisa mengukus ayam hainan hingga 10 tray sekaligus pada waktu yang bersamaan. Pengaturannya pun mudah untuk memastikan penggunaan yang nyaman dan efisien. 

6. Pukis

Pukis adalah camilan tradisional yang menggoda. Melalui tekstur lembut dan aroma harum kelapa, pukis merupakan pilihan sempurna untuk menemani secangkir teh atau kopi Anda. 

7. Rolade Tahu Isi Jamur

Buat Anda yang ingin membuat hidangan vegetarian, resep rolade tahu isi jamur bisa jadi menu yang nikmat. Bukan hanya sehat, membuat rolade tahu dengan jamur memberikan tekstur dan rasa yang menggugah selera makan.

8. Bola-Bola Cokelat Kukus

Bola-bola cokelat kukus adalah hidangan penutup yang memikat hati pecinta cokelat. Rasa cokelat yang kaya dengan tekstur lembut pasti akan memanjakan lidah Anda. sebagai variasi, Anda juga bisa menambahkan topping-topping kesukaan, seperti halnya keju dan selai. 

9. Kentang Isi Brokoli

Untuk membuat kentang isi brokoli, mulailah dengan merebus beberapa kentang hingga empuk dan mudah ditusuk dengan garpu. Lalu kupas dan tumbuk kentang hingga halus. Selagi menunggu rebusan kentang, Anda juga bisa mulai merebus brokoli hingga empuk, lalu potong menjadi potongan kecil. 

Tidak perlu lama-lama merebus brokoli agar nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak hilang. Cukup 4 menit dalam air mendidih, lalu rendam di air dingin untuk menghentikan proses memasak pada brokoli. 

Kemudian lanjutkan dengan mencampurkan kentang tumbuk dan brokoli potong dengan sedikit mentega, susu, garam, merica, dan keju parmesan parut sesuai selera Anda. Setelah itu, isi campuran ini ke dalam kentang yang sudah dikosongkan bagian tengahnya. Proses terakhir, Anda bisa mengukusnya selama kira-kira 5-10 menit dan selesai!

 

Baca juga: Macam-Macam Peralatan Bakery dan Fungsinya

 

Itu dia semua resep makanan kukus sederhana yang bisa dicoba di rumah, mulai dari hidangan utama hingga camilan penutup yang menggugah selera. Pastikan Anda memiliki peralatan yang dibutuhkan supaya proses pembuatan makanan lancar dari tahapan awal hingga akhirnya. 

Jangan lupa juga untuk menggunakan mesin steamer untuk memastikan hasil masakan yang sempurna. Apabila Anda mencari mesin berkapasitas besar untuk penggunaan restoran atau bisnis rumahan lainnya, Sinar Himalaya bisa dijadikan tempat yang tepat. Mesin steamer dengan kapasitas 1 tray hingga 12 tray, semuanya tersedia di Sinar Himalaya. 

Tunggu apa lagi? Segera kunjungi Sinar Himalaya dan dapatkan mesin steamer yang Anda butuhkan!

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp