4 Rekomendasi Oven Gas dengan Kualitas Terbaik

Oven gas biasanya digunakan untuk membuat roti dan kue dan jumlah yang besar. Sebab itu, oven gas lebih sering digunakan para pengusaha bakery. Apakah Anda hendak membuka usaha bakery juga? Terdapat beberapa rekomendasi oven gas yang dapat menunjang kebutuhan usaha Anda. Mari simak beberapa rekomendasi oven gas dengan kualitas terbaik dari Sinar Himalaya di bawah ini.

Apa Itu Oven Gas?

Oven gas merupakan jenis oven yang menggunakan gas sebagai sumber panas. Terdapat dua jenis oven gas, yaitu yang menyatu dengan kompor dan yang berdiri sendiri. Oven gas yang menyatu dengan kompor paling banyak ditemukan di dapur perumahan, lantaran digunakan untuk kebutuhan memasak sehari-hari.

Sementara itu, oven gas yang berdiri sendiri atau yang tidak tergabung dengan kompor biasanya digunakan untuk industri baking makanan atau kue, dapur restoran, toko roti, dan sebagainya.

Ukuran oven gas yang biasa digunakan untuk memanggang roti berukuran lebih besar dibandingkan oven gas yang menyatu dengan kompor. Maka dari itu, oven gas lebih efisien dan hemat waktu dalam memproduksi kue dan roti harian dalam jumlah banyak.

Apa Kelebihan dari Oven Gas?

Selain memiliki kapasitas yang besar, terdapat beberapa kelebihan lain dari oven gas, baik itu yang menyatu dengan kompor maupun yang berdiri sendiri. Apa saja kelebihannya? Mari simak uraian di bawah ini.

1. Kapasitas Besar

Oven gas dapat digunakan untuk memanggang dalam jumlah yang banyak. Tipe oven seperti ini cocok digunakan untuk usaha bakery yang memproduksi roti dan kue harian dalam jumlah yang banyak. Pada jenis gas deck oven, terdapat tiga deck yang dapat digunakan untuk memanggang roti dalam kapasitas besar.

2. Memiliki Pengaturan Suhu Otomatis

Hampir semua oven gas memiliki pengaturan suhu otomatis. Begitu juga dengan suhu termometer dan penunjuk suhunya. Pengaturan suhu otomatis dapat membantu Anda memperkirakan kematangan kue dan roti yang sedang dipanggang.

3. Hemat Gas

Oven gas memiliki fitur valve yang dapat mengatur gas saat oven digunakan. Pengaturan gas ini akan membuat gas yang digunakan tidak boros dan lebih hemat, meskipun suhu oven sedang dalam pengaturan yang tinggi.

4. Lebih Awet dan Tahan Lama

Beberapa fitur oven gas terbuat dari stainless steel yang awet dan tahan lama. Tidak mudah keropos dan juga berkarat. Selain itu, dinding oven gas dilengkapi dengan peredam panas, sehingga tidak memancarkan panas yang berlebihan saat digunakan.

Baca Juga: Oven Gas VS Oven Listrik? Mana yang Lebih Baik?

Apa Tips untuk Memilih Oven Gas Terbaik?

Oven gas yang hendak Anda gunakan dapat disesuaikan dengan kebutuhan, terutama jika Anda hendak membuka usaha bakery. Mulai dari ukuran, material, sistem pengapian, harga, hingga produsennya. Kalau begitu, simak tips memilih rekomendasi oven gas di bawah ini.

1. Sesuaikan Ukurannya

Oven gas memiliki berbagai ukuran yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk usaha skala kecil, Anda dapat memilih oven gas dengan ukuran yang lebih kecil terlebih dahulu, supaya lebih hemat dan efisien. Sebaliknya, jika usaha bakery Anda berskala besar, Anda dapat menyesuaikan ukuran oven gas dengan jumlah produksi harian.

2. Pertimbangkan Material oven gas

Dalam usaha bakery, oven gas termasuk salah satu alat yang digunakan dalam jangka panjang. Selain dirawat dengan baik, pertimbangkan material pembuat oven gas tersebut supaya benar-benar bisa digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Anda dapat memilih oven gas yang terbuat dari material aluminium dan stainless steel, lantaran terbukti memiliki sifat anti karat, tidak mudah keropos, awet, dan tahan lama.

3. Periksa Sistem Perapiannya

Supaya roti dan kue yang dipanggang mendapat suhu yang merata, maka Anda perlu memeriksa sistem perapian dari oven gas yang hendak dibeli. Pilih oven gas yang memiliki sistem perapian atas dan bawah, supaya kematangan roti dan kue yang dipanggang benar-benar merata.

4. Cek Harga dan Kelengkapan Fiturnya

Harga oven gas yang hendak dibeli dapat disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Namun, perhatikan juga kelengkapan fiturnya. Mulai dari regulator, penunjuk suhu, selang, hingga rak. Beberapa produsen memberikan kelengkapan piring panggangan ayam juga sebagai salah satu kelengkapannya.

Baca Juga: Mengenal Fungsi Showcase untuk Usaha Bakery

5. Cek Garansi

Garansi menjadi salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan membeli oven gas. Pemberian waktu garansi oven gas bervariasi, ada yang dua tahun servis dan satu tahun penggantian sparepart. Namun, umumnya periode garansi berkisar antara satu sampai tiga tahun.

6. Cek Ketersediaan Sparepart

Saat memilih oven gas, pastikan produsen menyediakan penjualan sparepart, sehingga dapat memudahkan Anda ketika ada perlengkapan yang perlu diganti. Selain itu, penting memilih produsen yang menyediakan pelayanan after sales, seperti konsultasi penggunaan produk dan penggantian berbagai kelengkapan lainnya.

Apa Kriteria Oven Gas yang Bagus?

Perangkat memasak oven ini dibutuhkan untuk tujuan yang spesifik seperti memanggang suatu makanan. Proses memanggang ini tentunya membutuhkan kualitas oven gas yang bagus sehingga dapat menghasilkan rasa yang terbaik dan sempurna. Lantas, apa saja kriteria oven gas yang bagus?

1. Pilih dari Merek yang Sudah Terpercaya

Mengetahui merek yang terpercaya dapat diketahui dengan cara mencoba oven gas tersebut untuk mengetahui kualitasnya. Butuh beberapa poin penting untuk menentukan oven gas yang bagus di pasaran, sehingga ada bentuk tepat dalam memilih sebuah merek oven dengan lebih akurat.

Tiap penggunaan oven untuk keperluan memasak ataupun memanggang perlu beberapa keunggulan tersendiri, sehingga harus disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan. Dari satu merek ternama yang banyak dibeli juga menghadirkan beberapa varian dengan kebutuhan Anda. Merek ternama yang baik biasanya mengusung berbagai potensi lain termasuk kepada berbagai semua ulasan positifnya.

2. Memilih Oven Gas ataupun Listrik

Menentukan kualitas oven bisa Anda lihat dari versi oven tersebut, baik oven gas maupun oven listrik. Dengan dua varian tersebut maka produk pemanggang makanan ini membutuhkan beberapa ketentuan. Ketentuan tersebut dapat dilihat dari bagaimana oven gas membutuhkan beberapa perangkat tambahan, sedangkan dari oven listrik sendiri dinilai lebih mudah dan efisien.

Kini kedua jenis tersebut baik gas maupun listrik sama-sama memiliki potensi yang besar dalam mencapai tingkat kematangan sempurna pada semua proses pemanggangan bahan masakan. Anda perlu mencoba melihat bagaimana tingkat kualitas sebuah merek oven khusus untuk keperluan usaha kue maupun keperluan lainnya.

3. Bahan Material Pembuat Oven

Pembuatan oven memerlukan beberapa poin termasuk bahan material yang membuat ketahanan hingga keawetan oven dalam menahan panas semakin baik. Jenis oven gas biasanya terbuat dari bahan aluminium, ataupun stainless steel seperti beberapa produk oven terbaik. Dari kedua bahan tersebut memiliki sifat anti karat, tahan lama, dan kuat. Sayangnya, bahan alumunium ini tidak tahan terhadap benturan sehingga bisa saja mengalami perubahan bentuk.

4. Sistem Pengapian Setiap Oven

Sistem pengapian akan lebih maksimal jika menilai dari kriteria oven yang membutuhkan beberapa rancangan tepat. Oven perlu dibeli sesuai kebutuhan Anda sehingga dapat mendukung dengan semestinya. Tak heran jika sekarang pemilihan bahan terbaik pembuatan oven ini justru membuat potensi-potensi penggunaannya semakin maju.

Teknik memilih oven akan semakin mudah ditentukan, bukan hanya sekadar dari merek saja tetapi juga dari segi penggunaannya. Hal ini memudahkan Anda dalam menjalankan dunia bisnis yang seperti ini. Banyaknya potensi baru dan tepat biasanya menggunakan produk oven lebih baik terutama pada sistem pengapiannya.

5. Perhatikan dari Aspek Garansi

Modal terbaik yang saat ini diperlukan adalah aspek garansi. Bahkan sekarang jenis oven paling umum di pasaran memiliki fitur garansi yang memberi rasa nyaman bagi pembeli. Garansi ini membutuhkan beberapa persyaratan. Untuk itulah Anda perlu tahu bagaimana sistem klaim dari semua garansi di beberapa peluang garansi setiap produk oven.

6. Pemilihan Ukuran Pada Pemilihan Oven Gas

Beberapa produk oven dari merek ternama mampu memperlihatkan standar penggunaan ukuran lebih tepat. Anda bisa mencermati apa saja peluang besar dalam mendapatkan oven terbaik dalam penggunaannya yang banyak variasi. Kebutuhan produk oven selalu bisa mendorong beberapa penggunaan menjadi lebih tepat. Penggunaan ukuran oven juga memperlihatkan banyak standar baru untuk bisa memperlihatkan kualitas dari satu produk oven terbaik saat ini.

Seiring berjalannya waktu, produk oven semakin dibutuhkan dengan mengusung beberapa keunggulan. Dari sinilah Anda perlu mencoba meriset setiap oven terbaik sebagai langkah tepat untuk mendapatkan media terbaik dalam memproses pemanggangan. Selain itu Anda bisa mendapatkan produk memasak lainnya untuk dibeli dengan harga terjangkau.

Rekomendasi Oven Gas dari Sinar Himalaya?

Sinar Himalaya merupakan salah satu distributor perlengkapan bakery industri ternama di Indonesia dengan kualitas terbaik di kelasnya. Menyediakan berbagai keperluan untuk industri baking, seperti mixer, chiller, dan oven gas. Terdapat beberapa rekomendasi oven gas yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Convection Oven

Convection oven atau dikenal juga dengan oven konveksi dilengkapi dengan kipas angin di dalamnya. Fungsi kipas angin ini untuk mendistribusikan panas secara merata pada seluruh makanan. Dalam kata lain, oven konveksi memiliki sirkulasi udara di sekitar makanan supaya mendapatkan kematangan secara maksimal.

2. Gas Deck Oven

Istilah deck dalam jenis oven ini yaitu menunjukkan jumlah tingkatan oven. Selain deck, terdapat fitur tray yang artinya jumlah jumlah loyang. Sinar Himalaya menyediakan berbagai tingkatan deck dan tray. Mulai dari satu deck hingga tiga deck dengan kapasitas sembilan tray. Anda dapat memilih deck dan tray pada oven gas yang disesuaikan dengan jumlah produksi roti harian Anda.

3. Rotary Rack Oven

Jenis oven gas yang satu ini memiliki sistem pembakaran yang dikenal dengan sebutan exchanger. Burner akan membakar pipa exchanger hingga cukup panas. Kemudian suhu panas tersebut ditransfer ke dalam oven oleh kipas berkekuatan 4 hp. Kipas ini mampu mendistribusikan panas dengan merata yang didukung perputaran rak oven.

Rotary memiliki kapasitas 32 tray dengan ukuran 460 x 760 mm untuk setiap pemakaian. Produk yang dihasilkan cenderung crispy dan kering seperti pizza, kue kering, dan bolu.

Baca Juga: Apa Saja Kue yang Bisa Dijadikan Bisnis

4. Gas Deck Oven yang Dilengkapi Mesin Proofer

Mesin proofer berfungsi sebagai tempat untuk mengembangkan adonan roti sebelum dipanggang. Proofer membantu adonan mengembang dengan lebih baik karena suhu dan kelembapannya yang terkontrol.

Proofer pada gas deck oven ini memiliki ruang cukup luas untuk mengakomodasi produksi roti dalam jumlah besar. Proofer ini dapat menampung sekitar 15 trays adonan roti. Pada gas deck oven, proofer terletak di bagian bawah oven.

Itu dia rekomendasi oven gas dengan kualitas terbaik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan usaha bakery Anda. Untuk mendapatkan informasi mengenai spesifikasi oven gas secara lebih lengkap, Anda dapat mengunjungi website Sinar Himalaya di sini.

Anda juga dapat melakukan konsultasi untuk mendapatkan rekomendasi oven gas terbaik untuk solusi usaha bakery Anda. Hubungi Sinar Himalaya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp