4 Metode Pembuatan Cake untuk Pebisnis Pemula

Metode pembuatan cake adalah salah satu hal terpenting yang harus Anda ketahui terlebih dahulu jika Anda ingin memulai bisnis pada dunia baking. Dalam membuat kue sendiri, akan terdapat beberapa metode yang harus Anda lalui guna menghasilkan produk yang baik dan berkualitas. Untuk mengetahui apa saja metode pembuatan kue yang harus diketahui oleh para pemula, maka simak penjelasan artikel berikut ini sampai tuntas ya!

 

Peluang Bisnis Cake Saat Ini

 

Sebelum mengetahui metode pembuatan cake, Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai peluang yang dimiliki oleh bisnis cake yang ada pada saat ini. Jika dilihat melalui perkembangan dalam bisnis kuliner, bisnis cake dan bakery merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan. Hal ini dapat dilihat melalui pangsa pasar cake dan bakery yang semakin luas. 

Biasanya orang memesan kue untuk acara ulang tahun saja, kini banyak orang juga memesannya untuk berbagai acara, seperti acara tunangan, pernikahan, tasyakuran, kado untuk teman wisuda, dan lain sebagainya. 

Saat ini sendiri, sudah banyak produsen di luar sana yang menyediakan kue dengan berbagai macam ukuran, rasa, dan bentuk dengan harga yang terjangkau. Contohnya seperti Meal Box Cake atau Korean Lunch Box Cake yang beberapa tahun ini ramai di kalangan masyarakat.

Ukuran kue yang kecil dan desain menarik yang bisa di custom menjadi daya tarik tersendiri dari Meal Box Cake di kalangan para konsumen. Dengan keunggulannya tersebut, kini memiliki bisnis cake menjadi salah satu peluang yang besar bagi para produsen. 

 

Baca juga: 3 Perbedaan Bakery dan Pastry Agar Tidak Keliru

 

4 Metode Pembuatan Cake untuk Pebisnis Pemula

 

Setelah mengetahui peluang bisnis cake yang ada pada saat ini, tentu Anda akan semakin tertarik bukan untuk memulai karir Anda sebagai seorang baker? Agar Anda dapat menghasilkan produk kue yang sempurna untuk bisnis yang Anda jalani, maka Anda perlu mengetahui beberapa metode pembuatan cake untuk pebisnis pemula. Berikut diantaranya:

1. Sugar Butter Method (Creaming Method)

Sugar butter method atau creaming method merupakan salah satu metode pembuatan cake dengan cara mengocok lemak (margarin atau mentega) dengan gula hingga adonan berubah menjadi mengembang pucat menyerupai krim.  

Setelah itu, Anda bisa memasukkan telur satu per satu atau sedikit demi sedikit agar adonan yang sudah Anda miliki tidak pecah dan menggumpal. Jika sudah memasukkan telur, maka Anda bisa memasukkan bahan kue bertekstur cair seperti susu atau buttermilk serta tepung secara bergantian.

Metode ini biasanya akan digunakan ketika Anda ingin membuat kue dengan komposisi lemak dan gula yang lebih banyak dibandingkan dengan jumlah tepung yang akan Anda gunakan, contohnya seperti English Fruit Cake dan kue Lapis Legit.

2. Flour Batter Method

Selanjutnya adalah flour batter method yang dapat memungkinkan bagi Anda untuk membuat kue berkualitas baik dari resep yang ekonomis. Melalui cara ini, Anda dapat meminimalisir terjadinya adonan yang pecah, karena sejak awal sebagian tepung yang digunakan sudah dicampur dengan lemak secara sempurna.

Untuk melakukan metode ini, Anda dapat mengocok margarin atau mentega hingga mengembang. Lalu, pada wadah lain Anda bisa mengocok telur dan gula hingga mengembang dan kental kemudian ditambahkan tepung terigu. Setelah itu, Anda dapat menggabungkan kedua adonan tersebut dengan teknik aduk balik hingga adonan menyatu. Adapun contoh kue yang menggunakan metode ini, di antaranya adalah Lapis Hongkong dan Lapis Surabaya. 

 

Baca juga: Mengenal Fungsi Showcase untuk Usaha Bakery

 

3. Sponge Method

Sponge method merupakan metode pembuatan cake yang digunakan untuk membuat jenis kue berjenis sponge cake. Dalam melakukan metode ini sendiri akan dibagi menjadi dua cara. Cara pertama adalah dengan mengocok telur dan gula hingga mengembang dan kental berjejak, kemudian adonan dicampur dengan tepung dan mentega yang sudah dilelehkan sebelumnya. 

Cara kedua adalah dengan memisahkan antara putih telur dan kuning telur. Untuk putih telur, Anda harus mengocoknya hingga memiliki tekstur mengkilap dan kaku. Sedangkan untuk kuning telur akan dikocok bersamaan dengan gula hingga memiliki adonan kental berjejak dan kemudian ditambahkan tepung dan mentega cair.

Setelah itu, Anda dapat mencampurkan adonan foam yang sudah Anda bikin dari putih telur. Contoh kue yang menggunakan metode ini adalah roll cake, jenis bolu-boluan, atau kue dasar yang biasanya digunakan untuk kue ulang tahun. 

4. Foam Method

Jika Anda sering mengkonsumsi chiffon cake atau Japanese cake style seperti Ogura Cake, maka cara pembuatan kue tersebut adalah dengan menggunakan foam method atau sering disebut juga sebagai meringue.

Dalam melakukan metode ini, Anda dapat mengocok putih telur dengan mencampur sedikit bahan asam seperti cream of tartar, atau jeruk nipis. Setelah adonan sudah mulai tekstur berbusa pekat, maka Anda dapat menambahkan gula sedikit demi sedikit agar foam tidak kempes.

 

Itulah informasi mengenai metode pembuatan cake yang perlu Anda ketahui. Melalui penjelasan di atas, Anda juga dapat mengetahui bahwa peluang dalam bisnis cake merupakan salah satu pangsa pasar yang sangat menjanjikan. 

Untuk menunjang bisnis Anda, tentu Anda harus memiliki alat-alat dalam pembuatan kue yang berkualitas. Membicarakan mengenai kitchen equipment yang berkualitas, Anda bisa mempercayakannya kepada Sinar Himalaya. 

Sinar Himalaya sendiri menyediakan berbagai jenis alat-alat dalam pembuatan kue dengan kualitas dan harga yang kompetitif untuk para konsumen. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda bisa menghubungi tim Sinar Himalaya sekarang juga di sini!

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp