8 Jenis Choux Pastry yang Memanjakan Lidah

Pernahkah Anda  mengunjungi sebuah kafe dan terpukau karena kue-kuenya yang terlihat sangat lezat atau bahkan berpikir untuk memiliki bisnis yang sama? Anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk menjual beberapa  jenis choux pastry.

Choux pastry atau pâte à choux, yang dalam bahasa Prancis berarti “pasta kubis”, adalah adonan dasar pastry, dan terkenal dengan tekstur luar yang sangat renyah ketika dimakan dan bagian tengahnya yang diisi krim. Ciri khas dari choux pastry adalah hanya terbuat dari mentega, air, tepung terigu, dan telur. Ketika matang dan berongga, barulah choux pastry akan diisi dengan krim yang diinginkan dan di panggang.

Karena kebutuhan bahan dan metode pembuatannya cukup ringan, choux pastry bisa menjadi pilihan yang sesuai bagi Anda yang tertarik membuka kafe atau toko pastry. Simak artikel ini sampai akhir untuk menemukan jenis choux pastry yang memanjakan lidah dari Sinar Himalaya.

 

Jenis-jenis Choux Pastry 

 

Terkenal dengan bentuknya yang unik dan rasanya yang enak, choux pastry menjadi salah satu jenis pastry yang sering ditemukan di Indonesia. Karena itu, mengenal berbagai jenis choux pastry dan menjualnya akan sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai bisnis kafe atau toko pastry.

1. Cream Puff atau Kue Sus

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan jenis choux pastry ini karena sangat terkenal di Indonesia. Cream puff atau kue sus terkenal dengan tekstur ringan dan berongganya yang diisi dengan krim pastry, krim kocok, atau es krim.

Namun, perbedaan di antara keduanya adalah kue sus memiliki bentuk bulat kecil dengan kerak yang renyah, serta krim diisi pada bagian dalam kue. Sedangkan cream puff lebih besar dan biasanya dibelah menjadi 2 bagian, lalu diisi dengan krim sesuai pilihan.

2. Churros

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa churros tergolong sebagai choux pastry. Churros juga menjadi salah satu jenis choux pastry yang sangat terkenal di Indonesia karena sering dijumpai pada acara-acara di luar ruangan, seperti festival, pameran, dan lainnya. Ciri khas dari kue ini adalah bentuknya yang panjang, berongga di dalam, dan berkerut di permukaannya karena digoreng. Biasanya, churros dilapisi dengan gula diatasnya atau saus untuk dicelupkan.

3. Chouquettes

Chouquettes adalah salah satu jenis choux pastry yang paling sederhana karena biasanya tidak diisi dengan apapun dan hanya dihias dengan gula pada permukaannya. Ciri khas chouquettes adalah butiran gula yang memberikan rasa manis dan kerak renyah ketika menyatu dengan kue saat dipanggang. Maka, sekalipun tidak ada isi, chouquettes tetap memberikan rasa manis dan gurih yang unik.

4. Beignet

Jenis choux pastry unik lainnya adalah beignet, atau yang lebih dikenal sebagai kue goreng. Beignet umumnya dibentuk seperti persegi panjang atau segi empat dengan sudut-sudutnya yang tumpul dan kemudian digoreng dalam minyak panas.

Setelah di goreng, beignet disajikan dengan gula halus atau gula bubuk yang ditaburkan pada bagian atasnya untuk memberikan cita rasa manis. Beignet sangat cocok menjadi hidangan pembuka hari karena memberikan rasa renyah, lembut, dan manis secara bersamaan.

 

Baca juga: Cara Membuat Choux Pastry dengan Mudah

 

5. Eclairs

Eclairs merupakan jenis choux pastry yang memiliki bentuk yang sangat elegan, seperti menggabungkan churros dan cream puff. Setelah adonan selesai dan dipanggang, eclairs dibelah menjadi dua dan di antaranya diisi berbagai krim lembut.

Bagian permukaannya biasanya dilapisi dengan krim cokelat mengkilap yang memberikan kesan unik pada eclairs. Lapisan luar pastry yang renyah menciptakan kontras yang memuaskan dengan isi krim yang lembut sehingga eclairs merupakan pilihan yang tepat untuk dijual pada pagi hari.

6. Religieuse

Religieuse adalah jenis choux pastry yang terkenal sangat menawan karena penampilannya yang seperti gaun biarawati. Pastry ini menumpuk dua bola choux pastry yang besar pada bagian bawahnya dan yang kecil di bagian atas. Kedua bola tersebut dapat diisi dengan krim yang sama atau berbeda tergantung keinginan.

Selain itu, religieuse sering dihias dengan cokelat atau gula diatasnya untuk memberikan kesan yang lebih manis pada rasa dan tampilan. Pastry ini tentunya sangat cocok untuk dihidangkan pada pagi dan sore hari, terlebih di kafe yang nyaman.

7. Profiterole 

Profiterole adalah jenis choux pastry yang berasal dari Prancis dan umum ditemukan sebagai menu dessert di restoran Prancis. Profiterole seringkali diisi dengan es krim dan disajikan dengan saus cokelat sebagai topping.

8. Croquembouche

Croquembouche adalah kue yang sangat istimewa karena memiliki bentuk menyerupai piramida. Makanan khas Prancis ini terdiri dari sus kue yang disusun secara bertumpuk dan dilapisi saus karamel.

 

Baca juga: Istilah Dalam Pastry dan Bakery bagi Pemula

 

Sekalipun terlihat mudah, pembuatan choux pastry tentunya tetap perlu diperhatikan dengan baik, mengingat tekstur luar dan dalamnya tidak sama. Tekstur luar choux pastry cenderung lebih renyah, sedangkan tekstur dalam lebih lembut dengan tambahan krim.

Setiap jenis choux pastry memiliki citra rasanya sendiri, bahkan jika Anda tertarik, jenis pastry ini masih bisa dapat dieksplorasi dengan berbagai rasa dan penampilan yang berbeda, tetapi tentunya dengan bahan dan alat yang berkualitas. Semakin tertarik untuk membuat berbagai jenis choux pastry di kafe atau toko pastry impian Anda?

Sinar Himalaya ingin membantu Anda mewujudkan mimpi tersebut dengan berbagai macam oven andal, seperti: SM-705G Gas Convection Oven Series Sinmag yang memiliki kapasitas 5 wadah, SM-710G Gas Convection Oven Series Sinmag  yang memberikan kapasitas dua kali lipat dari sebelumnya untuk membantu Anda menyiapkan lebih banyak pastry, atau bahkan MB-822+SM-10F+2B Gas Baking Oven yang dapat membantu Anda memproduksi berbagai jenis pastry dalam satu tempat. Tentunya masih banyak jenis oven lainnya yang ditawarkan, karena itu jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan oven berkualitas dan ciptakan toko pastry impianmu bersama Sinar Himalaya.

CTA Banner Mesin Dan Perlengkapan

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp