Cara Menggunakan Oven Gas dengan Benar

Oven gas termasuk peralatan modern yang bisa memberikan hasil pemanggangan dengan optimal. Bagi Anda yang memiliki bisnis roti, kue, dan pastry, penting menggunakan oven gas untuk memberikan hasil panggangan yang memuaskan. Lalu, bagaimana cara menggunakan oven gas dengan benar agar hasilnya sesuai seperti yang diharapkan?

Saat menggunakan oven ini, pekerjaan Anda jadi lebih praktis lantaran cara mengoperasikan alat ini juga cukup mudah. Bagaimana caranya? Yuk langsung simak saja uraian lengkap di bawah ini. 

Cara Menggunakan Oven Gas

 

Sinar Himalaya menyediakan oven gas otomatis tanpa alat pemantik, sehingga cara menggunakan oven gas ini tentu akan lebih mudah. Namun, penting juga untuk Anda tahu bagaimana cara mengoperasikan oven gas otomatis dan pemantik sebagai bahan pertimbangan. Yuk simak selengkapnya berikut ini. 

Cara Menyalakan Oven Gas dengan Alat Pemantik

1. Matikan Oven dan Pastikan Kompor dalam Kondisi Nonaktif

Putar knop oven dan kompor ke posisi off dengan memutar ke arah kanan hingga berhenti dan titiknya menghadap ke atas. Perhatikan suara mendesis yang mungkin muncul dari oven untuk memastikan tidak ada kebocoran gas. Coba hirup udara di sekitar oven untuk memastikan tidak ada gas yang tercium.

2. Buka Semua Jendela dan Pintu Dapur

Buka semua jendela dan pintu di dapur untuk memastikan sirkulasi udara berjalan dengan lancar. Pastikan ruangan dapur memiliki ventilasi yang memadai sebelum menghidupkan oven, hal ini bertujuan untuk menghindari penumpukan gas. Langkah ini sangat penting, terutama jika Anda sebelumnya telah beberapa kali mencoba menyalakan dan mematikan oven dengan menyesuaikan knopnya.

3. Buka Pintu Oven Secara Lebar Guna Menemukan Lampu Pilot

Pastikan pintu oven terbuka sepenuhnya untuk menemukan lampu pilot sebelum mengaktifkan gas. Setelah terbuka secara lebar, Anda bisa kunci posisi pintu oven ini. Hal ini bertujuan untuk menghindari keluarnya gas secara terus-menerus saat Anda mencari lampu pilot tersebut.

4. Cari Bagian Bawah Oven untuk Menemukan Lubang Lampu Pilot

Lubang ini cenderung berukuran kecil dan sering terletak dekat pintu atau di sudut belakang oven. Beberapa oven mungkin memiliki label pilot light untuk menandai lubang tersebut. Jika rak pemanggang menghalangi akses ke lubang lampu pilot, Anda bisa periksa di belakang rak tersebut.

5. Bersihkan Area di Sekitar Lubang Lampu Pilot dengan Kain

Lakukan pembersihan di area sekitar lubang lampu pilot menggunakan kain. Sisihkan minyak dan kerak di sekitar lampu pilot, serta pastikan area ini bersih dari kotoran yang berpotensi terbakar saat lampu pilot dinyalakan. 

Gunakan semprotan pembersih yang tahan minyak jika terdapat noda yang sulit dihapus. Tindakan ini merupakan langkah pencegahan yang penting, terutama jika oven dan kompor gas jarang digunakan dan dipenuhi kotoran selama waktu tertentu.

4 Cara Menyalakan Lampu Pilot

Menyalakan lampu pilot adalah langkah krusial dalam mengoperasikan oven gas. Terdapat beberapa cara yang umum digunakan untuk melakukan tindakan ini. Setiap metode memiliki langkah-langkahnya sendiri yang harus diikuti dengan hati-hati. Berikut ini 4 cara yang umum digunakan untuk menyalakan lampu pilot pada oven gas dengan benar. 

1. Tekan dan Tahan Tombol Knop Oven

Tekan tombol knop oven dalam waktu yang cukup lama agar bisa menyala. Lalu, putar tombol ke arah kiri, mengarah ke tanda nyala atau pengaturan suhu awal. Cara pengaturannya bisa bervariasi tergantung pada jenis oven, tetapi umumnya terdapat gambar api atau angka suhu kecil di tengah atau sekitar tombol knop tersebut. 

2. Gunakan Korek Api dan Masukkan ke Dalam Lubang Lampu Pilot

Nyalakan korek api dengan tangan yang tidak sedang memegang tombol knop oven. Jika memungkinkan, gunakan korek api gas yang panjang. Perlahan-lahan dekatkan api ke lubang lampu pilot hingga api tersebut menyala. Alternatifnya, jika korek api yang tersedia pendek, Anda bisa memasukkan korek api ke dalam lubang lampu pilot atau membakar kertas yang digulung untuk membantu prosesnya.

3. Tahan Knop Oven Selama 10 Detik agar Lampu Pilot Memanas

Pastikan Anda menekan tombol knop selama 10 detik agar lampu pilot memiliki cukup waktu untuk memanas. Lampu pilot mungkin akan padam jika Anda terlalu cepat mengubah suhu oven setelah menyalakannya. Jika Anda melepaskan tombol knop dan lampu pilot padam, matikan oven dan mulai proses ini dari awal.

4. Tutup Oven Lalu Putar Temperaturnya Sesuai Keinginan Anda

Tutup pintu oven setelah lampu pilot menyala dengan baik. Lalu putar knop oven untuk mengatur suhu sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda telah berulang kali mencoba langkah-langkah ini namun lampu pilot tidak menyala, mungkin ada masalah dengan lampu pilot tersebut. Anda sebaiknya menghubungi teknisi untuk melakukan perbaikan yang diperlukan.

 

Baca Juga: Rekomendasi Oven Gas dengan Kualitas Terbaik

 

3 Cara Menggunakan Oven Gas dengan Benar

 

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, oven gas mampu memberikan hasil panggangan yang optimal. Jika tadi dijelaskan bagaimana menggunakan oven gas menggunakan pemantik, sekarang akan dijelaskan bagaimana mengoperasikan oven gas dengan benar tanpa pemantik. Jenis oven yang digunakan di sini adalah oven gas deck. Yuk langsung simak saja selengkapnya di bawah ini. 

1. Instalasi Dilakukan Teknisi

Oven gas deck hadir dalam dua jenis tenaga, yaitu gas dan listrik. Jika Anda memilih oven deck, sangat penting untuk memastikan bahwa instalasinya dilakukan oleh teknisi. Pastikan daya dan sumber gas yang digunakan sesuai dengan spesifikasi oven.

Bagi oven deck yang menggunakan gas, hanya LPG yang dapat digunakan. Instalasi harus dilakukan di area kerja dengan sirkulasi udara yang baik. Tabung gas LPG harus ditempatkan minimal 2 meter dari oven. Oleh karena itu, pastikan teknisi yang berpengalaman menangani proses instalasi ini dengan benar. 

2. Menghidupkan Oven Deck dengan Benar

Langkah pertama untuk menghidupkan oven deck adalah menekan tombol daya hingga lampu indikator suhu berwarna merah. Berikut ini langkah-langkah yang perlu diikuti untuk menyiapkan oven deck dengan benar.

  • Tetapkan suhu yang diinginkan pada pengontrol suhu.
  • Tunggu sampai lampu indikator suhu berubah menjadi hijau. Ini menandakan bahwa oven telah mulai beroperasi. 
  • Jika proses menghidupkan oven deck gagal, maka bel oven akan berbunyi dan lampu peringatan akan menyala.
  • Jika oven tidak menyala, coba kembali mengatur suhu ke 0 derajat Celcius. Kemudian, coba kembali menghidupkan oven dengan langkah yang sama.
  • Pastikan pintu oven tertutup rapat untuk memastikan oven berfungsi normal.

3. Penggunaan Panel Kontrol Oven Deck

Panel kontrol oven deck terdiri dari beberapa tombol yang mudah dioperasikan untuk mengatur fungsi pemanggangan. Berikut langkah-langkah yang benar dalam mengoperasikan panel kontrol. 

  • Anda dapat mengontrol api bagian atas atau bawah yang ingin dinyalakan dengan cara tekan tombol atas atau bawah. Lampu indikator akan menyala untuk menunjukkan apakah api atas atau bawah sedang aktif atau tidak. 
  • Atur timer atau waktu pemanggangan melalui panel kontrol oven. Saat timer berjalan, lampu titik-titik merah pada timer akan menyala.

Apabila Anda mengikuti panduan ini, Anda bisa mengoperasikan oven deck gas dengan benar dan menghasilkan pastry yang lezat. Jangan lupa untuk selalu mengutamakan faktor keamanan saat menggunakan oven gas, serta pastikan untuk mematikan pasokan listrik sebelum melakukan proses pembersihan.

 

Baca Juga: Oven Gas VS Oven Listrik? Mana yang Lebih Baik?

 

Sinar Himalaya menyediakan deck oven otomatis yang berkualitas tinggi dan lebih praktis dalam penggunaannya. Daripada Anda kesulitan menyalakan oven gas dengan alat pemantik, lebih baik menggunakan oven gas dari Sinar Himalaya. Yuk cek Sinar Himalaya sekarang juga untuk mendapatkan deck oven tersebut.

Sinar Himalaya
Sinar Himalaya
Sinar Himalaya merupakan importir mesin untuk roti dan makanan, pengemasan, farmasi, kayu, dan HoReCa serta peralatan memasak dengan layanan after sales 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp