Apa Saja Kitchen Equipment yang Dibutuhkan untuk Restoran/Kafe?

setiap restoran tentunya membutuhkan peralatan dapur yang berbeda-beda. Jadi sesuaikanlah dengan kebutuhan restoran Anda masing-masing. 

Berikut beberapa peralatan dapur restoran /café untuk memasak yang wajib Anda miliki:  

  1. Oven Peralatan dapur serbaguna ini dapat digunakan untuk baking, roasting, braising, dan masih banyak lagi. Itulah kenapa oven sangat penting untuk restoran Anda.   
  2. Kompor Anda dapat memilih kompor gas atau listrik, tergantung pada selera dan kebutuhan dapur restoran Anda. 
  3. Deep Fryer Selain berfungsi untuk menggoreng French Fries atau Ayam, Anda bisa menggunakan deep fryer untuk menggoreng berbagai jenis makanan lainnya.  
  4. Grill Pemanggang akan memberikan sensasi smokey yang sempurna untuk berbagai resep makanan di restoran Anda.  
  5. Griddles Griddles sangat mirip dengan Grill, bedanya pemanggang yang satu ini dilengkapi dengan lempengan metal yang datar dan dapat digunakan untuk berbagai metode memasak yang berbeda. 
  6. Holding Equipment Holding Cabinet berfungsi untuk menyimpan makanan Anda di suhu tertentu. Ini sangat ideal untuk menyimpan menu sampai makanan tersebut siap dihidangkan ke pelanggan. Peralatan dapur ini juga bisa dipakai untuk proofing roti sebelum dipanggang. 
  7. Salamander atau Broiler Peralatan dapur ini sempurna untuk membakar roti atau melelehkan keju.  Salamander bahkan dilengkapi dengan suhu tinggi yang cocok untuk memanggang ikan salmon atau memasak makanan lainnya.  
  8. Toaster Jika restoran Anda menawarkan menu untuk sarapan, maka Toaster menjadi peralatan dapur yang tepat untuk memanggang roti atau bagel Anda.  
  9. Coffee Brewer Kopi merupakan minuman yang paling populer dan berinvestasi untuk membeli coffee brewer adalah pilihan yang tepat, meskipun jenis restoran Anda bukan coffee shop atau cafe.
  10. Microwave Microwave adalah peralatan dapur yang akan memudahkan Anda untuk memanaskan saus, mencairkan makanan beku, atau memanaskan makanan kembali yang sudah dibikin.  

Lemari pendingin

Terdapat banyak jenis lemari pendingin yang bisa kita pilih untuk restoran/cafe. Peralatan dapur ini sebaiknya dipilih berdasarkan konsep dan kebutuhan restoran Anda. Beberapa jenis lemari pendingin yang bisa Anda pilih: 

  1.   Lemari Es Beberapa jenis lemari es yang bisa dipilih, antara lain walk-in coolers, reach-in fridges, pass-through atau prep fridges. Anda mungkin membutuhkan lemari es yang terdiri atas kombinasi dari beberapa jenis lemari es. 
  2.       2. Freezer Sama seperti lemari es, freezer juga tersedia dalam berbagai ukuran dan style yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.  
  3.   3. Ice Machine Mesin pembuat ice juga tidak kalah penting untuk menyajikan minuman di restoran Anda. Anda mungkin akan butuh banyak es untuk membuat Smoothies atau Cocktail. 
  4. Beverage Dispensers Beberapa jenis restoran, seperti restoran cepat saji akan membutuhkan peralatan dapur bernama beverage dispensers. Saat memilih dispenser, sebaiknya pikirkanlah terlebih dahulu minuman ringan atau jenis soda apakah yang akan Anda sajikan di restoran.
Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp