Bread Line

breadline

Convection Oven

convection

Deck Oven

Gas Deck Oven

Divider Rounder

divider rounder

Make Up Line

Makeup Line

Moulder

moulder

Planetary Mixer

planetary mixer

Proofer

PROOFER

Rack Oven

RACK OVEEN

Sheeter

SHEETER

Spiral Mixer

SPIRAL MIXER

Slicer

BREAD SLICERR

Tunnel Oven

TUNNEL OVEN

Bagaimana Cara Perawatan Bakery Equipment yang Tepat?

Peralatan bakery yang biasanya kita gunakan terdiri dari berbagai macam bahan dan fungsi. Tentunya hal tersebut mempengaruhi cara kita memperlakukannya, mulai dari menggunakan, membersihkan hingga menyimpan. Ketiga hal tersebut sebenarnya mencakup ke dalam kategori pemeliharaan alat. Karena terdiri dari bahan dan fungsi yang berbeda, maka perlakuannya pun juga akan berbeda. Berikut beberapa cara memelihara alat bakery yang baik.

    MIXER

  • Pastikan tegangan/volt mesin mixer roti sesuai dengan tegangan listrik dirumah. Jangan sampai membeli mixer dengan voltase lebih besar dari voltase rumah anda.
  • Cabutlah kabel penghubung mesin mixer roti dengan stop kontak apabila sedang tidak digunakan.
  • Jangan terlalu lama menggunakan mesin mixer roti untuk mengaduk adonan apalagi sampai panas ini mengakibatkan terbakarnya lilitan motor. Apabila memang adonan yang di mixer membutuhkan waktu yang lama beri jeda sekitar 15 untuk memulihkan mesin mixer roti.
  • Setelah mesin mixer roti digunakan bersihkan mixer dan bagian-bagiannya dengan kain lembab dan lembut, bersihkan dengan air sabun pencuci piring agar aroma adonan hilang.
  • Jaga jangan sampai badan mesin mixer roti jatuh.
  • Simpan di tempat yang aman, jauh dari jangkauan anak-anak, tikus dan bahkan serangga yang akan merusak komponen mixer.
  • Lumasi bagian bantalan atau roda gigi dengan meneteskan minyak pelumas untuk memperlancar gerakan mesin mixer roti.

  OVEN

  • Setelah menggunakan oven bukalah pintunya untuk beberapa saat. Jangan langsung mengelap oven dalam keadaan panas karena selain berbahaya bagi kita juga akan menimbulkan masalah pada oven seperti timbulnya goresan atau menyebabkan kaca rusak.
  • Keluarkan semua rack yang ada di dalam oven.
  • Pastikan aliran listrik/gas pada oven sudah dalam kondisi terputus.
  • Sisa dari masakan kue ataupun bahan minyak mungkin akan membuat oven bau dan kotor. Semprot dengan garam dan cuka lalu panaskan oven selama beberapa menit agar masakan dan kerak yang mengering tadi mudah dibersihkan.
  • Bersihkan bagian luar oven dengan menggunakan kain/lap yang lembut untuk menghindari goresan pada bagian luar oven.
  • Hubungi pihak service apabila pemanasan dalam oven jadi lebih lambat atau lebih lama, hal ini disebabkan karena semakin kotor di system pembakarannya yang menyebabkan suhu di dalam oven cepat panas.
  • Jika oven tidak digunakan dalam waktu yang lama sebaiknya oven diberi cover agar terhindar dari debu dan kotoran lainnya.

PROOFER

Mengoperasikan sesuai standar

Menjalankan mesin sebagaimana mestinya adalah langkah awal untuk membuat mesin proofer menjadi tahan lama. Cara penggunaan mesin proofer yang paling standar adalah jangan memasukan adonan jika mesin belum berembun. Karena suhu dan kelembabannya belum sesuai dengan yang kita inginkan.Anda harus menunggu terlebih dahulu hingga mesin berembun kira-kira sekitar 15 menit setelah alat dihidupkan.

  •         Periksa penampungan air.

Penting halnya untuk menjaga tempat penampungan air agar tetap selalu dalam keadaan penuh. Hal ini dikarenakan saat mesin bekerja pemanas akan terus aktif, sehingga air semakin lama akan semakin habis akibat menguap Perlu adanya pengecekan setiap kali menggunakannya. Jika mesin pemanas terus berjalan namun air di tempat penampungan sudah habis, dikhawatirkan mesin proofer akan rusak akibat mesin menjadi overheat

  •         Sering membersihkan proofer

Saat air dipanaskan pada alat proofer, maka akan timbul uap air. Biasanya uap air ini akan menetes ke bagian bawah mesin proofer. Genangan air yang terbentuk akan menimbulkan tumbuhnya jamur dan lumut.

Oleh karena itu, Anda harus membersihkannya paling tidak seminggu sekali. Mesin yang tak kunjung dibersihkan, dikhawatirkan bisa membuat roti yang Anda buat menjadi bau seperti aroma jamur. Tentunya hal ini akan mengurangi kualitas dari produk yang Anda miliki.

Hal lain yang perlu diperhatikan bila Anda ingin membersihkan proofer ini adalah suhu mesin. Pastikan dalam keadaan dingin dan aliran listrik yang sudah terputus saat Anda akan membersihkannya. Apabila saat Anda membersihkan masih dalam keadaan panas, maka hal tersebut akan membuat tangan anda melepuh.

Sebetulnya tidak sulit untuk merawat proofer roti ini. Anda hanya perlu rajin memperhatikan kebersihan dan performa kinerja dari mesin tersebut.

Ruang Penyimpanan Seperti Apa yang Direkomendasikan untuk Menyimpan Bakery Equipment?

Peralatan bakery seperti mixer, proofer,oven dan alat lainnya merupakan alat untuk mempermudah kita untuk membuat kue maupun roti di bakery, oleh karena itu peralatan bakery harus diperhatikan kebersihan dan penempatannya agar mesin dapat berjalan normal sesuai dengan fungsinya. Berikut beberapa contoh ruang penyimpanan peralatan yang baik.

  • Tempatkan peralatan sesuai dengan fungsinya/atau sesuai dengan layout yang sudah direncanakan.
  • Jauhkan peralatan dari debu dan kotoran agar tidak mengundang datangnya hewan seperti tikus yang dapat merusak bagian mesin.
  • Tempatkan peralatan pada satu ruang yang terdapat sirkulasi udara baik untuk menghindari mesin berkarat/jamur.
  • Pastikan semua kabel yang berkaitan dengan elektrikal dalam posisi yang aman.
  • Selalu menjaga kebersihan area penyimpanan peralatan.
Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp